Health Advice | HEALTH | 1 year ago
Cara Menakjubkan Yang Dapat Mencegah Kanker
Beberapa cara menakjubkan yang dapat membantumu mencegah penyakit kanker.
20 September 2017 18:23
Text by Webmaster

Lebih dari 230,000 orang Indonesia meninggal karena kanker tahun ini dan satu dari tiga wanita didiagnosa terkena penyakit kanker sebelum umurnya beranjak 85 tahun. Tapi ada statistic lain: sekitar setengah dari kasus tersebut bisa dicegah. Riwayat keluarga yang mengidap penyakit kanker bisa meningkatkan resiko, tapi pertimbangkan juga tinggimu, jumlah anakmu dan berapa lama Kamu mengkonsumsi pil kontrasepsi semuanya mempengaruhi kemungkinan perkembangan kanker. Mereka yang melakukan seks bebas dengan beberapa orang yang berbeda pun juga beresiko.


Berhenti Merokok

Penggunaan tembakau sangat berpengaruh terhadap perkembangan kanker. Kebanyakan kanker merupakan perpaduan antara faktor lingkungan dan faktor genetika. Jadi sangat penting untuk tidak memperburuk faktor genetika dengan menghindari faktor lingkungan. Ada tiga faktor lingkungan utama yang perlu diperhatikan, yaitu tembakau, obesitas dan paparan sinar matahari. Merokok merupakan penyebab dari 90 persen kanker paru-paru yang lebih banyak membunuh wanita dibandingkan kanker payudara.


Aktivitas Fisik

Olahraga dapat menurunkan resiko kanker payudara pada saat pre-menopause pada wanita. Resiko kanker payudara pada wanita yang menopause pada usia 55 adalah 40 persen lebih tinggi daripada wanita yang menopause pada umur 45 karena mereka terekspos hormone yang berhubungan dengan menstruasi lebih lama.

Tentunya Kita tidak bisa mencegah hal ini karena efek dari perbedaan 10 tahun menopause sama dengan besarnya resiko kanker payudara pada mereka yang memiliki riwayat keluarga penyakit tersebut. Itulah yang diungkapkan oleh ahil kanker Australia, Profesior Graham Colditz.

Semakin dini Kamu mulai menstruasi, maka semakin besar resikonya untuk terkena kanker payudara, lagi-lagi karena lamanya terpapar oestrogen. Tapi selalu ada cara untuk mengurangi resiko tersebut. Perempuan yang aktif secara fisik sejak mereka mulai menstruasi memiliki penurunan resiko kanker payudara sebesar 25 persen pada saat pre-menopaus.

Menurut Profesor Colditz, aktivitas tersebut bukan berarti olahraga ekstrim, tapi merupakan aktivitas yang menyenangkan dan cukup untuk mengurangi resiko kanker payudara hingga seperempatnya. Aktif secara fisik dapat menurunkan resiko kanker secara signifikan bahkan bisa mencapai penurunan hingga 50 persen dengan durasi satu setengah jam dari aktivitas tersebut. Dalam kasus kanker usus, perlindungannya bisa jadi lebih tinggi jika aktivitasnya lebih ditingkatkan.


Kurangi Makan Daging Merah

Makan daging merah setiap hari bisa meningkatkan resiko kanker usus sebanyak 5 hingga 10 persen. Mereka yang obesitas resiko yang meningkat bisa mencapai 10 hingga 20 persen.