Mum's Fitness | MOMS | 1 year ago
Cara Mengajari Anak Makan Sehat
`berikut adalah beberapa cara menyenangkan untuk mengajari mereka kebiasaan yang sehat.
20 September 2017 17:43
Text by Astri Suciati

Apakah buah hatimu tahu makanan mana yang paling sehat di kantin sekolah? Berdasarkan penelitian baru, 50 persen orangtua beranggapan bahwa anak-anak mereka tidak mengetahuinya.

Dr. Linda Suwanto, ketua petugas medis di Medibank, mengatakan bahwa penting bagi orangtua untuk berbicara dengan buah hati agar mereka tahu cara membiasakan hidup sehat.


Luangkan Waktu Makan Bersama Keluarga

Menurut Dr. Linda, satu dari lima anak sekolah dasar tidak biasa makan malam bersama keluarga di rumah. Padahal makan bersama merupakan saat yang tepat untuk berbicara dengan anak mengenai makanan apa yang sedang dimakan serta mendorong mereka untuk mencoba beberapa makanan baru. Selain itu mereka pun juga bisa mengetahui makanan apa yang disukai oleh anggota keluarga lainnya.


Ajak Anak Ke Dapur

Membiarkan anak membantumu memasak di dapur merupakan cara yang menarik untuk mengajari mereka mengenai makanan yang sehat. Terlebih lagi jika makanan tersebut akan disajikan untuk menyambut tamu, maka anak akan semakin bersemangat untuk membantumu memasak ketika mereka mendapat pujian dari para tamu yang mencicipi makanan tersebut. Bahkan hal-hal sederhana seperti mengambil bahan makanan dari kulkas atau membersihkan serta mengupas sayuran saja bisa membuat mereka ikut serta dalam menyiapkan dan membuat masakan di rumah.


Biarkan Tangan Mereka Kotor

Ajak anak membantumu menanam buah dan sayur di kebun, atau Kamu juga bisa menanam tanaman di pot dan letakkan di jendela yang terkena sinar matahari kalau halaman rumah kurang luas. Anak-anak akan merasa senang dan bangga saat mereka makan makanan yang mereka juga ikut membantu menanam, memetik dan memasaknya.