Nutrition Tips | NUTRITION | 1 year ago
Cara Mengatur Tekanan Darah
ANDA TIDAK BISA MENGATUR GENETIK, NAMUN ANDA BISA MELAKUKAN SESUATU DENGAN LINGKUNGAN ANDA.
23 October 2017 18:42
Text by Webmaster

Sebagian besar dari anatomi tubuh kita bisa digambarkan menjadi seperti pipa. Pembuluh darah dalam tubuh kita merupakan bagian dalam dari sebuah pipa yang terbilang cukup rumit dan membutuhkan aliran untuk tekanan darah yang sehat, fungsi dari jantung dan juga kesehatan tubuh.

Sekitar 20 juta orang Indonesia memiliki masalah dengan “pipa” mereka, yang mengakibatkan tekanan darah tinggi. Hal ini bisa berkembang menjadi penyakit jantung, stroke dan juga serangan jantung.

Terdapat pula komponen genetic, namun seperti yang dikemukakan oleh salah satu peneliti, “Gen Anda memicu seperti pistol: keadaan lingkungan Anda memicu pelatuknya”. Tetapi ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu permasalahan ini.


MENGKONSUMSI MAKANAN HIJAU DAN COKELAT

Magnesium membantu tubuh Anda untuk menjaga pembuluh darah tetap relax dan terbuka sehingga darah bisa mengalir secara bebas. Pemilihan makanan yang baik seperti sayuran berwarna hijau gelap, biji-bijian, pepitas dan kakao.


MEMINUM JUS BEETROOT

Banyak para peneliti yang mengkonfirmasi keefektivan dari jus beetroot dalam membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh. Anda perlu meminum jus tersebut sekitar 500ml (2 gelas) setiap harinya.


KONSULTASIKAN TENTANG ASAM AMINO TUBUH ANDA

Asam amino diketahui bisa membantu tubuh kita untuk memproduksi oksida nitrat, zat yang bisa menjaga pembulu darah agar tetap relax dan terbuka. Suplementasi pun bisa membantu.


COBALAH EKSTRAK DAUN ZAITUN

Daun zaitu mengandung oleacein dan oleuropein yang bisa membantu menurunkan tekanan darah dan membantu mencegah akan adanya plak pada pembuluh darah. Efek dari daun zaitun ini adalah ketergantungan dosis, jadi cobalah untuk menanyakan solusinya pada ahli kesehatan.


PERTAHANKAN BERAT BADAN SEHAT ANDA

Memiliki berat badan berlebihan membuat kerja dari jantung Anda menjadi lebih berat dari seharunya, memaksa tekanan darah Anda meninggi. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, bicarakan hal ini pada ahlinya untuk membantu Anda memulainya.

 

APA SEBENARNYA TEKANAN DARAH?

Setiap waktu jantung kita berdetak, jantung tersebut memompa darah melalui pembuluh-pembuluh dengan menggunakan oksigen dan nutrisi dan membuang hasilnya.

Terdapat dua jenis “tekanan” pada tubuh:

Tekanan sistolik: Disaat jantung berkontraksi

Tekanan Diastolik: Disaat jantung relax dan terisi oleh darah (diantara detakan jantung).

Disaat tekanan darah kita diambil, akan ada dua nomor dalam hal tersebut. Hal pertama adalah tekanan sistolik; lalu yang kedua adalah tekanan diastolic. Jumlah yang Anda inginkan adalah dibawah 120/80. Sedikit lebih tinggi atau lebih rendah bukanlah akhir dari dunia, namun jika jumlah tersebut merangkak menuju 140/90, jumlah tersebut termasuk dalam kategori tekanan darah tinggi atau hipertensi.