How To Lose Weight | WEIGHT LOSS | 10 months ago
Cara Menurunkan Berat Badan Saat Liburan
Beberapa tips bermanfaat untuk menurunkan berat badan pada waktu liburan.
15 December 2017 17:45
Text by Astri Suciati

Anda telah bekerja keras untuk bisa memiliki tubuh yang ideal dan bugar dan ingin melanjutkan gaya hidup sehat yang Anda jalani, tapi kemudian musim liburan panjang kali ini membuat Anda khawatir. Yah, jangan memaksakan diri Anda terlalu keras untuk kehilangan berat badan sedikit lagi dan merusak kesenangan di waktu liburan Anda. Kehilangan berat badan saat berlibur terdengar seperti tugas yang sulit, tapi bisa dicapai. Liburan adalah waktu untuk bersantai dan beristirahat dari kehidupan kota yang semrawut.

Berpikir tentang penurunan berat badan di tengah liburan penghilang stres terasa asing bagi beberapa orang. Jangan main-main dan mempertaruhkan kesehatan demi tubuh yang indah, tapi mulailah dengan membuat rencana dan melakukan sedikit riset untuk tetap berada di jalur dengan menjalani gaya hidup sehat untuk menurunkan berat badan.

Berikut adalah beberapa tips bermanfaat untuk menurunkan berat badan pada waktu liburan.

 

Saat di perjalanan menuju tempat tujuan Anda

Jangan tertarik dengan makanan di pesawat yang menggoda dalam bentuk pizza, steak yang disiram dengan saus kental, kue cokelat atau keripik kentang berkalori tinggi. Makanan yang diperkaya karbohidrat bertepung akan merusak rencana Anda menurunkan berat badan. Akan lebih bagus lagi jika Anda membawa makanan sendiri saat Anda terbang atau bepergian.



 

Pilihan makanan

Anda harus menghindari olahan makanan dengan berbagai pemrosesan yang tersedia dalam jumlah banyak di tempat tujuan liburan. Hati-hati dengan kualitas makanan. Hindari makanan tinggi lemak dan sodium beserta makanan rendah serat. Susun makanan Anda dengan banyak makanan bergizi atau makanan seperti buah, sayuran, daging tanpa lemak, susu skim, produk susu rendah lemak, gandum utuh, kacang-kacangan dan biji-bijian. Anda dapat juga membawa beberapa makanan siap makan. Perkirakan kebutuhan kalori Anda dan lanjutkan sesuai dengan itu.



 

Kegiatan petualangan / olahraga

Anda dapat terlibat dalam olahraga atau kegiatan petualangan di lokasi liburan. Berjalan menyusuri jalur pantai atau mendaki bukit. Keterlibatan fisik akan menjadi alternatif bagi aturan latihan Anda. Berlari, bersepeda, berenang dan mendayung adalah kegiatan lain yang dapat Anda lakukan untuk memacu penurunan berat badan.


 

 

Mulailah hari Anda dengan latihan sedang

Terlepas dari jam berapa Anda bangun, lakukan beberapa latihan dasar seperti push-up, pushdown dan squat untuk memulai hari Anda. Peregangan di awal pagi bersamaan dengan latihan sedang akan menyasar seluruh tubuh. Ini juga akan menjaga metabolisme Anda tetap berfungsi, meningkatkan kapasitas aerobik yang sejalan dan meningkatkan penurunan berat badan.