How To Lose Weight | WEIGHT LOSS | 1 year ago
Dapatkah Media Sosial Membantu Anda Menurunkan Berat Badan?
MENGGUNAKAN FACEBOOK ATAU TWITTER DAPAT MEMBANTU ANDA MENURUNKAN BERAT BADAN.
19 October 2017 12:46
Text by Webmaster

Ingin menurunkan berat badan? Anda tak perlu lagi pergi mencari tim pendukung penurunan berat badan setempat. Anda cukup online. Kemunculan situs-situs sosial seperti Facebook dan Twitter membuat Anda bisa menemukan dukungan diet dan kesehatan di dunia maya.

Kita menghabiskan 3,6 jam perhari untuk online, messaging, updating, dan tweeting. Ada sekitar 50 juta pesan dikicaukan di Twitter setiap harinya. Twitter, situs bergaya pesan singkat yang memungkinkan Anda untuk memberitahu followers atau pengikut Anda tentang pikiran atau tindakan dalam 25 kata atau kurang, dapat membantu Anda memanfaatkan jaringan untuk mendukung penurunan berat badan.

Para peneliti dari Universitas Brown di Amerika menemukan pelaku diet yang menerima saran mingguan dari terapis online mengalami penurunan berat badan tiga kali lebih besar dalam enam bulan dibanding yang tidak menerima saran. Selain itu, sebuah laporan di Journal of The American Medical Association pada studi menurunkan berat badan terbesar sampai saat ini menemukan kombinasi kontak personal dan dukungan berbasis web sangat penting untuk mengatur berat badan jangka panjang.

“Twitter telah sukses sebagai alat untuk menurunkan berat badan karena ia bersifat personal dan mudah diakses,” menurut pelatih pribadi Amelia Burton. Dia melatih kliennya lewat Twitter dan memotivasi ratusan orang dengan sarannya.


PENDUKUNG ONLINE

“Fenomena yang kita lihat dengan munculnya Facebook, eBay dan Twitter adalah kemampuan individu untuk menciptakan merek mereka sendiri melalui pesan dan foto yang mereka pasang,” kata Simon Bell, ahli pemasaran dan sosial media di University of Melbourne.

Bells mengungkapkan bahwa dengan menganggap diri sendiri sebagai merek, kita membuat reputasi yang harus kita pertahankan. “Jika Anda berkicau tentang diet Anda, maka Anda memiliki tanggung jawab untuk mempertahankan tingkat integritasnya,” katanya. “Kita tidak hanya bertanggungjawab pada lima orang teman atau anggota keluarga, kita juga bertanggungjawab pada ratusan pendukung virtual kita.” Faktanya, Twitter merupakan diari makanan online yang bisa dilihat dan dikomentari orang lain.

“Memiliki diari makanan membantu Anda untuk mengingatkan apa yang Anda makan dan makanan apa yang terlewat,” menurut Tara Diversi, juru bicara Dietitians Association of Australia. Menurut penelitian di Amerika, memiliki diari makanan dapat menggandakan penurunan berat badan seseorang. Diari makanan virtual adalah inspirasi bagi Alex Ressi dalam mendirikan situsnya, Tweet What You Eat. Ressi membangun situsnya sebagai bagian dari usahanya untuk menghilangkan tiga kilogram berat badannya. Dia ingin membuat diari makanan yang mudah digunakan yang membuatnya tetap bertanggungjawab pada keluarga dan teman-temannya. “Dukungan yang saya dapat melalui online membuat saya konsisten menjalani program saya. Ini seperti memiliki tim pelatih pribadi untuk memberi saran setiap hati,” menurut Ressi.

Situsnya sekarang memiliki 35.000 penguna terdaftar and rata-rata telah menurunkan berat badan 4,5 kilogram, meskipun ada yang turun hingga 31 kilogram. “Para pengguna sangat jujur tentang apa yang mereka makan,” kata Ressi. “Jika mereka makan sesuatu yang seharusnya tidak, mereka mendapat dorongan untuk melupakannya dan tetap makan makanan sehat. Ini seperti memiliki tim pendukung penurunan berat badan setempat, tapi anggotanya berasal dari seluruh dunia.”

Sebuah studi BBC menemukan bahwa jaringan online dapat membantu orang menurunkan berat badan dalam waktu jangka panjang. Sebuah penelitian yang diterbitkan di British Medical Journal menemukan bahwa orang yang mengikuti program penurunan berat badan secara online kehilangan berat badan lebih banyak dari yang tidak menggunakan internet untuk program dietnya.

Setelah enam bulan, 45% dari yang mengikuti program online telah menjaga berat badannya, sementara yang tidak mengikuti program online malah bertambah berat badannya. Jadi, apakah jaringan sosial online merupakan rahasia yang hilang ketika membicarakan masalah obesitas? Atau apakah ini merupakan versi keanggotaan gym abad 21 yang tidak pernah dipakai?

“Menjadi bagiannya merupakan rahasia,” tutur Bell. “Keindahan situs seperti Facebook dan Twitter adalah kemampuannya untuk menciptakan istilah “swift trust”, di mana kita cepat percaya dengan menjadi teman atau mengikuti orang lain. Jika Anda memiliki pengikut, adalah kewajiban Anda untuk tidak membuat mereka kecewa.” Sebuah situs bisa menjadi motivasi bagi Anda untuk menurunkan berat badan. Tentunya setelah Anda mengurangi cemilan Anda.