Nutrition Tips | NUTRITION | 11 months ago
Delapan Jenis Buah Rendah Gula
Semua buah mengandung gula, meski beberapa jenis memiliki kandungan yang lebih tinggi dibanding yang lain. Orang yang ingin mengendalikan asupan gula mereka akan sering menghindari atau mengurangi konsumsi minuman bersoda, coklat, atau permen tapi mungkin tidak memikirkan buah.
20 November 2017 16:01
Text by Astri Suciati

Tentu saja, buah adalah cara yang sehat untuk memenuhi keinginan makan makanan manis dan menambahkan nutrisi ke dalam makanan. Namun beberapa jenis buah, seperti pisang dan mangga, memiliki jumlah gula lebih tinggi daripada banyak buah lainnya.

Pada artikel ini, kita membahas buah rendah gula terbaik untuk siapapun yang ingin mengurangi asupan gula harian mereka tanpa mengurangi selera dan nutrisi.

 

Delapan jenis buah rendah gula

Buah rendah gula masih bisa memberi serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan seseorang.

Buah rendah gula meliputi:

Stroberi

Stroberi, seperti buah beri lainnya, banyak mengandung serat tinggi dan mengandung sedikit gula.

Hanya ada sekitar 8 gram gula dalam delapan buah stroberi berukuran sedang. Mereka juga merupakan sumber vitamin C yang baik.

 

Persik atau peach

Meski rasanya manis, satu buah peach berukuran sedang hanya mengandung sekitar 13 gram gula.

 

Blackberry

Seperti stroberi, buah ini juga mengandung antara 4 dan 5 gram gula, 5,3 gram serat, dan 1,39 gram protein per 100 gram.

Mereka juga merupakan sumber antioksidan yang baik.

Menarik untuk dicatat bahwa blueberry mengandung sekitar dua kali lipat jumlah gula dibandingkan blackberry.

 

Lemon dan jeruk nipis

Tak banyak orang yang mau mengonsumsi lemon atau jeruk nipis untuk dimakan sebagai camilan. Namun, dengan tidak lebih dari 2 gram gula per buah dan kadar vitamin C yang tinggi, buah ini adalah tambahan yang bagus untuk diet seseorang.

Anda bisa memeras lemon atau jeruk nipis ke dalam sparkling water untuk menggantikan minuman manis berkarbonasi, atau bahkan memeras jus lemon di atas salad sebagai pengganti salad dressing.

 

Melon

Camilan musim panas yang populer. Sepotong melon mengandung sekitar 11 gram gula yang dapat dicerna.

Melon juga mengandung potassium atau kalium, vitamin C, dan zat besi.

 

Jeruk

Satu buah jeruk berukuran sedang memiliki sekitar 14 gram gula yang mudah dicerna dan juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik.

Jus jeruk dan semua jus buah lainnya yang dibeli dari supermarket mungkin mengandung gula tambahan. Jika seseorang ingin membatasi asupan gula mereka, biasanya lebih baik memakan buah itu sendiri daripada meminum jusnya.

 

Grapefruit

Buah rendah gula ini adalah makanan favorit untuk sarapan.

Setengah grapefruit berukuran sedang mengandung sekitar 11 gram gula. Jika seseorang merasa grapefruit terlalu asam, mereka dapat membubuhkan sedikit madu atau menaburkan Stevia di atasnya.

 

Alpukat

Alpukat hampir bebas gula. Mereka juga merupakan sumber lemak dan serat yang sehat.

 

Memasukkan buah rendah gula ke dalam makanan Anda

Terlepas dari kandungan gulanya, buah harus menjadi bagian dari rencana diet yang seimbang dan menyehatkan.

Manfaat meningkatkan asupan buah setiap hari meliputi:

  • menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat
  • mendapatkan vitamin, mineral, dan serat penting
  • mengurangi risiko kanker dan penyakit lainnya

 

Faktanya, American Cancer Society merekomendasikan agar seseorang mengonsumsi sekitar 2 ½ cangkir buah dan sayuran setiap hari.

Seseorang dapat memasukkan buah rendah gula ke dalam makanan mereka setiap kali makan:

Sarapan

Orang yang biasanya makan sereal harus yakin memilih sereal tanpa gula tambahan. Coba tambahkan irisan buah beri atau buah peach di atasnya. Sebagai alternatif, mengonsumsi beberapa buah beri dengan yogurt plain rendah lemak juga merupakan pilihan yang menyehatkan.

Alih-alih minum jus buah, yang memiliki kadar gula tinggi, perasan jus dari setengah buah lemon atau jeruk nipis ke dalam sparkling water bisa menjadi alternatif yang menyegarkan.

 

Makan siang dan makan malam

Bahkan salad yang gurih bisa dimasukkan unsur buah rendah gula. Coba gunakan jus lemon atau jeruk nipis sebagai dressing, atau irisan alpukat di atasnya. Irisan jeruk dan buah beri juga bisa membuat topping salad yang lezat.

Buah utuh menjadi alternatif yang sangat baik untuk makanan penutup olahan. Buah rendah gula bisa dimakan dengan yogurt plain atau dibuat menjadi salad buah dengan menambahkan sedikit madu bila perlu.

 

Makanan ringan

Buah rendah gula bisa menjadi alternatif makanan ringan yang enak. Seseorang dapat membuat waktu ngemil buah jadi lebih mudah dengan memotong buah yang lebih besar, seperti melon, menjadi potongan seukuran gigitan dan menyimpannya di lemari es.

 

Kesimpulan

Kebanyakan orang dapat menambahkan lebih banyak buah ke makanan mereka, bahkan jika mereka ingin mengurangi asupan gula mereka. Seseorang dapat memilih buah yang lebih enak dan menyehatkan dengan cara:

  • menargetkan untuk makan minimal 2 ½ cangkir buah atau sayuran setiap hari
  • menyiapkan buah rendah gula terlebih dahulu sebagai makanan ringan, untuk menghindari konsumsi alternatif makanan olahan
  • makan buah utuh daripada minum jus buah

Orang yang mengidap diabetes dapat berbicara dengan dokter atau ahli diet mengenai jumlah buah yang harus mereka makan.

Semua buah mengandung gula, tapi juga mengandung nutrisi, serat, dan mineral yang sehat, yang membuatnya menjadi alternatif makanan ringan yang lebih baik daripada makanan yang mengandung gula olahan.