Nutrition Tips | NUTRITION | 1 year ago
Diet Terbaik Bagi Tubuh Dan Pikiran Anda
PENELITIAN BARU TELAH MENUNJUKKAN SEBUAH TEMUAN TENTANG DIET MEDITERRANEAN BAHWA DIET INI DAPAT MEMPERLAMBAT PENURUNAN KEMAMPUAN KOGNITIF.
03 November 2017 15:52
Text by Webmaster

Diet Mediterranean baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan pikiran Anda, dan juga mungkin dapat menghindarkan Anda terkena Azhelimer, menurut penelitian yang diterbitkan di jurnal Frontiers in Nutrition.

Makanan pokok dalam diet Mediterranean (MedDiet) adalah dedaunan hijau, buah-buahan dan sayuran segar, sereal, kacang-kacangan, biji-bijian, dan polong. Diet ini mengurangi konsumsi susu, daging merah yang sedikit, dan menggunakan minyak zaitun sebagai sumber lemak. Peneliti dari Melbourne’s University, yang menganalisa data dari tahun 2000-2015, menemukan bahwa konsentrasi, bahasa, dan ingatan terpengaruh secara positif oleh MedDiet.

Ingatan, khususnya, mendapat manfaat terbesar, bukti ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada pengenalan, ingatan jangka panjang, fungsi pelaksana, dan gagasan visual.

Peneliti utama, Roy Hardman, mengatakan bahwa hal yang paling mengejutkan adalah efek positif ditemukan pada semua orang di dunia – tidak hanya orang-orang yang tinggal di daerah Mediterranean.

JADI, MENGAPA MEDDIET BERKAITAN DENGAN MEMPERLAMBAT ANGKA PENURUNAN KEMAMPUAN KOGNITIF?

Hardman mengatakan bahwa diet ini memberi kesempatan untuk merubah, secara biologis, banyak faktor resiko.

“Termasuk mengurangi reaksi peradangan, meningkatkan mikronutrisi, memperbaiki ketidakseimbangan vitamin dan mineral, mengganti lemak dengan minyak zaitun sebagai sumber utama dari lemak makanan, memelihara berat badan dan mengurangi obesitas, meningkatkan polifenol dalam darah, meningkatkan sel metabolisme, dan mungkin merubah mikrobiota usus, meskipun belum dilakukan penelitian lebih lanjut.” Manfaat terhadap kemampuan kognitif tidak hanya untuk orang tua.

Dua penelitian yang dilakukan oleh peneliti-peneliti dari Amerika menganalisa orang dewasa yang umurnya lebih muda dan keduanya menemukan peningkatan kognitif.

Penelitian ini menambahkan diet yang baik adalah merupakan alat yang paling penting untuk memelihara kualitas hidup, kata Hardman, yang menyarankan orang untuk melakukan MedDiet.

“Saya menjalani diet ini dan tidak memakan daging merah, ayam, atau babi. Saya makan ikan dua sampai tiga kali dalam seminnggu,” katanya.