How To Beauty | BEAUTY | 9 months ago
Efek Samping Pelurusan Rambut Permanen
Seperti perawatan rambut lainnya, yang satu ini juga disertai dengan efek sampingnya sendiri. Dan, ada beberapa efek samping yang harus diperhatikan setiap wanita sebelum melakukan pelurusan rambut permanen.
17 January 2018 14:05
Text by Astri Suciati

Rambut lurus selalu menjadi tren. Dan, bisa dikatakan bahwa tren ini akan selalu ada, karena masih banyak wanita yang melakukan prosedur mahal ini untuk membuat rambut mereka terlihat lurus.

Ada wanita yang menggunakan pelurus rambut secara teratur untuk memastikan rambut mereka terlihat halus dan licin. Di sisi lain, ada juga yang melakukan pelurusan rambut permanen. Prosedur ini dilakukan di salon kecantikan dengan bantuan produk pelurus komersial dan perangkat styling panas.

Pelurusan rambut permanen biasanya dilakukan dalam 2-3 sesi. Karena produk dan perangkat yang digunakan, perawatan pelurusan rambut ini pastinya bisa membuat bolong dompet seseorang.

Namun ribuan wanita menjalani perawatan ini, karena mereka menganggapnya sebagai investasi sekali seumur hidup. Tapi ketika sampai pada perawatan pelurusan rambut permanen, ada lebih dari sekadar apa yang tampak di mata.

Seperti perawatan lainnya, yang satu ini juga disertai dengan efek sampingnya sendiri. Dan, ada beberapa efek samping yang harus diperhatikan setiap wanita sebelum melakukan pelurusan rambut permanen.

Jika Anda bertanya-tanya apa itu, maka kami telah memusatkan perhatian pada beberapa efek samping yang paling umum dari pelurusan rambut permanen.

Styling rambut Anda penting untuk membuatnya tampak cantik dan memikat. Namun, memastikan bahwa rambut Anda tetap sehat dan bebas dari kerusakan sama pentingnya.

 

Rambut rontok

Efek samping yang paling umum dari pelurusan rambut permanen adalah kerontokan rambut yang berlebihan. Hal ini terjadi karena akar rambut yang lemah. Dan bahan kimia yang keras serta teknik pemanasan yang digunakan saat sesi pelurusan rambut bisa melemahkan akar rambut Anda dan menyebabkan rambut rontok yang parah.

 

Kering yang berlebihan

Proses pelurusan rambut bisa membuat rambut Anda terlihat terlalu kering dan mengalami dehidrasi. Hal ini juga bisa diakibatkan oleh panas yang berkepanjangan dan penggunaan bahan kimia berbahaya untuk meluruskan helaian rambut.

 

Alergi

Ini adalah efek samping lain dari pelurusan rambut. Produk yang digunakan untuk mengubah tekstur helaian rambut Anda biasanya dikemas dengan bahan kimia keras. Dan bahan kimia ini bisa menyebabkan alergi yang tidak menyenangkan. Itulah sebabnya, penting untuk memilih produk berkualitas tinggi untuk keperluan pelurusan rambut.

 

Helaian rambut yang terbakar

Panas yang berkepanjangan bisa membakar helaian rambut Anda dan membuatnya terasa sangat kasar. Ini adalah efek samping lain dari pelurusan rambut permanen yang banyak dikeluhkan oleh wanita.

 

Rambut rapuh

Bahan kimia dan panas yang digunakan dalam proses pelurusan rambut bisa membuat rambut Anda terlihat rapuh. Dan rambut rapuh terlihat tak sedap dipandang dan tidak sehat. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda bisa memasukkan serum rambut ke dalam rutinitas kecantikan Anda untuk memberi rambut dan kulit kepala Anda dorongan hidrasi yang besar.

 

Kusam

Efek samping lain dari pelurusan rambut adalah kusam. Prosedur kecantikan ini bisa membuat rambut Anda kehilangan kilau dan minyak alaminya, sehingga membuatnya terlihat kusam dan tak bernyawa. Namun, perawatan dengan minyak secara teratur bisa membantu rambut kembali bersinar dan cantik alami.

 

Kurangnya pertumbuhan

Beberapa ahli perawatan rambut percaya bahwa melakukan pelurusan rambut permanen dapat memberi dampak negatif pada pertumbuhan rambut Anda. Ini bisa jadi karena kerusakan folikel rambut yang disebabkan oleh bahan kimia dan panas yang digunakan dalam prosesnya.

 

Kerusakan kutikula

Efek samping lain yang perlu disadari oleh setiap wanita yang melakukan pelurusan rambut permanen adalah bahwa prosedur kecantikan ini dapat menyebabkan kerusakan yang tak dapat diubah pada kutikula Anda. Kerusakan semacam ini dapat menyebabkan berbagai kondisi yang tidak sedap dipandang dan membuat rambut Anda tampak kusam dan tidak sehat.