Training Tips | FITNESS | 2 weeks ago
Filosofi Yoga Campur Sari Ala Dionisius Henry
Guru yoga yang satu ini punya nama yang unik untuk kelas yoga yang dipandunya, yaitu Yoga Campur Sari. Apakah ada hubungannya dengan genre musik kontemporer tersebut? 
29 July 2019 08:25
Text by Astri Suciati

Ada beragam aliran yoga di dunia ini dengan ciri khasnya masing-masing, dan semakin berkembangnya olahraga yoga, maka gerakan dalam yoga pun tak lagi monoton, karena bisa digabungkan dengan berbagai gerakan yang terinspirasi dari olahraga lainnya. Hal ini untuk memaksimalkan manfaat kebugaran serta terapi yang dihasilkan.

Adalah Dionisius Henry, seorang praktisi yoga dan fasilitator yang dikenal dengan spesialisasi yoga untuk terapi, misalnya pada kasus scoliosis atau masalah nyeri punggung yang rentan dialami masyarakat perkotaan yang identik dengan gaya hidup kurang aktif alias tak banyak bergerak. Menariknya, Henry menamakan kelas yoganya dengan Yoga Campur Sari. Namun jangan membayangkan kelas yoga ini diiringi lagu-lagu Didi Kempot. Terus apa dong? 

Penulis buku Yin Yoga: Connect with Our Qi yang punya kegemaran olahraga, membaca, menulis, dan menggambar ini menuturkan serba-serbi yoga yang diajarkannya termasuk apa itu Yoga Campur Sari dalam petikan berikut ini. 


Sejak kapan dan bagaimana awalnya bisa menjadi instruktur dan kenapa memilih yoga? 

Saya mengawali dengan mengikuti modul Les Mills Body Balance pada tahun 2010 karena ketertarikan pada dunia olahraga, lebih khusus lagi olah tubuh yang banyak gerakan Yoganya. Pada tahun 2011 saya mengikuti pelatihan Personal Trainer dan Yoga dari AFAS. Tahun 2012 saya mengikuti modul TRX dan Trigger Point Therapy. 

Saya mulai menjadi private Personal Trainer dan mengajar Yoga sejak 2011. Karena ketertarikan saya pada olahraga yang lebih bersifat fungsional dan memberikan efek terapi maka tahun 2013 saya memutuskan menekuni Yoga secara serius dengan mengambil 200 hour Yoga Teacher Training di One Song Yoga, tahun 2014 mengambil 300 hour Yoga Teacher Training di One Song Yoga. Disamping itu juga mengambil 100 hour Yin Yoga Teacher Training dengan Sebastian Pucelle, 50 jam Yin Mindfulness dengan Chris Su, Sparsa Therapy Technique Course dengan Fank Andreas. 


Kenapa pakai nama campur sari? Apakah menggunakan jenis musik ini dalam latihannya?  

Saya memilih nama Campur Sari karena ingin mengangkat Yoga dengan nilai-nilai budaya Indonesia. Hehehe… Saya tidak menggunakan musik Campur Sari. Campur Sari merupakan sebuah filosofi Bhinneka Tunggal Ika. Berbagai macam aliran Yoga dengan cirinya masing-masing tapi mempunyai esensi yang satu. Dan setiap orang unik maka tidak ada satu aliran Yoga pun yang paling cocok untuk semua orang. 


Jenis yoga apa yang menjadi spesialisasi Anda dan bisa dijelaskan apa itu? 

Spesialisasi di Yoga Campur Sari adalah Trigger Point Functional Integration Technique (TP FIT) Active Therapy System. TP FIT mempunyai prinsip dasar tubuh kita mempunyai kemampuan untuk menerapi dirinya sendiri asal kita tahu tekniknya. Jadi di sini saya hanyalah fasilitator bukan seorang therapist. Materi di Yoga Campur Sari merupakan gabungan dari pose Yoga, gerakan dinamis bela diri, Qigong, Functional Training, dan teknik Trigger Point self therapy menggunakan alat bantu bola kayu. Dibagi menjadi modul Yang Yoga, Yin Yoga, Wellness Qigong dan Trigger Point self therapy dengan bola kayu. 


Apa manfaat menjadi seorang yogi yang Anda rasakan selama ini? 

Wah saya rasa gelar yogi terlalu hebat buat saya. Saya lebih suka disebut praktisi. Manfaat yang saya rasakan selama ini banyak sekali, paling pertama adalah lebih segar dan berenergi. Berbeda sekali dengan ketika saya aktif menekuni olahraga sebelumnya, dimana saya merasa sehat tapi letih sehabis berlatih. Di Yoga dengan TP FIT ini saya merasa segar dan berenergi setiap sehabis berlatih. Disamping itu juga kebahagiaan bisa membantu sesama melalui TP FIT ini. 



Program kelas berbagi Scoliosis Care


Tantangan apa saja yang pernah Anda alami sebagai guru yoga? 

Tantangan klasik profesi seperti saya ini saya rasa. Saya pernah dipandang sebelah mata oleh Ibu saya sendiri, kakak saya sendiri. Menempuh macet kehujanan untuk mengajar dengan bayaran yang tidak seberapa. Didatangi orang-orang yang hanya ingin mencari gratisan diterapi keluhan yang dialaminya. Dibohongi penyelenggara acara di luar kota, diberikan akomodasi yang tidak layak. Sebagai orang yang berkecimpung di dunia yang mengutamakan kreativitas tentunya juga pernah mengalami penyusup-penyusup yang ingin memata-matai dan “mencuri” ilmu. 


Seberapa penting meditasi dalam praktik yoga dan idealnya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bermeditasi agar memperoleh manfaatnya? 

Soal meditasi menurut saya adalah hal yang sangat personal. Saya tidak bisa men-generalisir idealnya untuk tiap orang. Bahkan mungkin tiap orang mempunyai kecocokan dengan teknik meditasi tertentu yang berbeda-beda. 


Lebih suka mengajar di grup kecil, besar atau one-on-one dan apa kelebihan serta kekurangan masing-masing? 

Secara pribadi saya lebih suka mengajar di grup kecil dan one on one. Apalagi teknik TP FIT ini mengutamakan fokus pada diri tiap peserta yang berbeda-beda. Yang mungkin satu pose yang sama akan berbeda di badan tiap pesertanya.


Yoga juga bisa digunakan untuk membantu pemyembuhan cedera. Tapi sejauh mana cedera yang bisa diatasi dengan terapi yoga? 

Yoga pada umumnya memang bisa membantu penyembuhan cedera. Kalau Yoga Campur Sari dengan TP FIT Active Therapy System memang fokus membantu penyembuhan cedera, mengatasi keluhan-keluhan ketidaknyamanan di badan.




Menurut Anda keterampilan penting apa yang harus dimiliki seorang instruktur yoga? 

Keterampilan paling penting menurut saya adalah kesadaran terhadap tubuhnya sendiri dan kebiasaan berlatih (self practice). 


Apa pilihan Anda untuk makanan paling oke berikut ini?

Sarapan: buah

Makan siang: nasi dengan lauk pauk lengkap

Makan malam: buah atau sayuran

Camilan: roti atau kue dengan kopi hitam tanpa gula


Selain yoga, olahraga apa lagi yang Anda lakukan untuk menjaga kebugaran dan berapa kali rutinitas ini dilakukan (termasuk dengan yoga)? 

Selain Yoga saya senang sekali jogging di Car Free Day kalau hari Minggu. Kalau Yoga saya lakukan setiap pagi 6 kali seminggu, berlatih Wellness Qigong di sore hari 5 kali seminggu.


Untuk orang-orang yang baru mulai menjalani gaya hidup sehat dan menggabungkan unsur kebugaran, apa saran Anda untuk mereka? 

Saran saya, carilah informasi dari sumber yang tepat. Dan kenalilah tubuh kita masing-masing, tidak usah ikut-ikutan karena tubuh kita masing-masing unik. 

---

Henry saat ini mengajar privat, workshop, training di rumah dan grup privat di sebuah perusahaan, Transgasindo. Selain aktif mengajar yoga, Sarjana Ekonomi Unika Atma Jaya ini juga menjalankan bisnis salah satu brand MLM asal Amerika. Tertarik ingin tahu lebih lanjut tentang Yoga Campur Sari? Intip saja aktivitas Henry di akun Instagramnya @mbh_yogacampursari.