Health Advice | HEALTH | 1 year ago
Hal-Hal Sederhana Untuk Meningkatkan Kesehatan
BEBERAPA POLA HIDUP MUDAH BERIKUT INI AKAN MENINGKATKAN VITALITASMU SECARA DRASTIS.
30 October 2017 14:34
Text by Webmaster

Ada saat dimana Kita ingin memperbaiki kesehatan Kita, tapi rasanya sulit membayangkan kalau Kita harus melakukan beberapa perubahan besar secara keseluruhan. Ini dia panduan untuk melakukan beberapa perubahan kecil yang bisa memberikan manfaat untuk meningkatkan kualitas makanan, olahraga dan tidurmu.


TIDUR

Minum teh mint: kopi mungkin minuman paling tepat untuk memulai harimu, tapi terlalu banyak minum kopi bisa menimbulkan stimulasi berlebihan pada sistem saraf, dimana hal ini bisa mempengaruhi tidurmu dan menguras nutrisi di dalam tubuh. Coba minum teh pepermin di sore hari untuk mengembalikan energimu serta membantu pencernaan.

Matikan Lampu: penelitian membuktikan bahwa terlalu banyak terpapar cahaya di malam hari dapat mengganggu kualitas tidur, jadi coba matikan ponsel, komputer dan TV paling tidak 30 menit sebelum tidur. Selain itu hindari juga menggunakan jam alarm yang ada cahayanya.

Buat Kebiasaan: menurut Dokter Maree Barnes, seorang spesialis tidur dari The Austin Hospital di Melbourne, memiliki sebuah kebiasaan yang bisa membuat Kamu rileks sebelum tidur bisa cukup membantu. Tidak terlalu penting kebiasaan apa yang Kamu lakukan, selama kebiasaan tersebut berulang setiap malamnya. Dengan menciptakan suatu kebiasaan, tubuh akan mengirim sinyal ke otak bahwa sebentar lagi Kamu akan tidur dan beristirahat. Kamu juga bisa menghabiskan waktu dengan suami atau istri sebelum tidur atau tuangkan beberapa tetes minyak lavender, neroli, chamomile, parfum atau jeruk manis diatas bantal. Selain itu Kamu juga bisa coba mandi sebelum tidur.

 

MAKANAN

Rencanakan Makananmu: salah satu hal paling mudah dan efektif untuk melancarkan dietmu adalah dengan perencanaan yang matang. Luangkan waktumu setiap weekend untuk menyiapkan beberapa makanan sehat dan letakkan di kulkas, lemari makanan, meja kerja dan tasmu. Pertama tulis dulu apa saja makanannya dan buat daftar belanjaan kemudian Kamu bisa mulai rencanamu.

Membuat Cemilan Sendiri: cemilan manis memang menyenangkan tapi tentunya tidak akan sesehat secangkir teh yang Kamu buat sendiri di rumah. Kamu juga bisa makan buah beri dicampur dengan yogurt, madu dan kacang kalau memang Kamu ingin makan yang manis. Protein yang terkandung dalam cemilan tersebut dapat membantu menstabilkan gula darah dan Kamu pun bisa merasa kenyang. Hal ini bisa membantumu menurunkan berat badan, berbeda dengan cemilan yang mengandung gula.

Pikirkan Beberapa Perubahan Sederhana: ada beberapa alternatif pilihan untuk mengganti makanan yang biasa Kita konsumsi dengan rasa yang sama enaknya tapi lebih sehat. Coba pertimbangkan beberapa pilihannya: ganti crouton dengan kenari- sama renyahnya tapi lebih rendah lemak: ganti saus celup dengan edamame yang rendah garam (kacang kedelai yang direbus): ganti nasi dengan biji gandum; ganti gula dengan sirup maple dan ganti daging sapi dengan daging kalkun.

Ganti Cemilan Manis dengan Teh Chai: makan es krim di malam hari tidak terlalu baik untuk kesehatan. Kandungan gula yang tinggi bisa meningkatkan gula darah dan hasilnya Kamu bisa merasa kurang segar paginya saat bangun tidur. Makanlah yang manis saat acara-acara tertentu saja dan ganti dengan teh chai yang bebas kafein.


OLAHRAGA

Lakukan lebih banyak aktivitas tak terduga: menyuruh orang lain merawat kebunmu, mengantarmu ke stasiun atau mencucikan mobilmu memang memberimu lebih banyak waktu luang, yang tentunya sangat berharga. Tapi melakukan hal-hal tersebut sendiri sesering mungkin bisa meningkatkan jumlah aktivitas yang Kamu lakukan dan bisa menambah kegiatan olahragamu, yang tentunya akan lebih berharga. Perasaan dan penampilanmu bisa terlihat lebih baik, tanpa harus menggunakan likra.

Lakukan Squats 90 Kali dalam Seminggu: kalau Kamu pernah melihat balita bermain, Kamu pasti akan menyadari kalau mereka cenderung tidak membungkuk saat mengambil sesuatu, tapi mereka biasanya squat. Kita mungkin sudah lupa bagaimana cara melakukannya, tapi semakin banyak Kita berlatih, maka akan semakin baik pula Kita melakukannya. Lakukan tiga set squats yang terdiri dari 10 squats dalam sehari, tiga kali dalam seminggu, dan Kamu bisa lihat hasilnya.

Menurut Damien Kelly, pelatih pribadi dari body+soul, squats merupakan gerakan olahraga utama yang bisa Kamu lakukan. Squats mempengaruhi otot terbesar dalam tubuh dan sangat efektif untuk menghilangkan lemak serta menyelaraskan otot pada pantat dan kaki.

Coba lakukan squats saat Kamu sedang menelpon, bermain dengan anak atau menunggu air mendidih. Tips dari Kelly untuk melakukan squat yang baik adalah: perhatikan postur tubuh dengan seksama (jangan membungkuk dan tetap lurus dengan tulang belakangmu), pastikan tumit berpijak diatas lantai, lutut tidak boleh terlalu maju ke depan serta pandangan yang lurus.