How To Beauty | BEAUTY | 11 months ago
Hal-hal Yang Bisa Diceritakan Bibir Anda Tentang Kesehatan Anda
Gejala beberapa masalah kesehatan yang mendasar dapat dengan mudah ditunjukkan melalui bibir Anda. 
06 December 2017 17:35
Text by Astri Suciati

Bibir Anda jelas mengekspresikan emosi dan merupakan salah satu bidang wajah Anda yang menarik perhatian. Menjaganya tetap sehat adalah penting untuk terlihat baik. Sementara warna lipstik Anda dapat memiliki pengaruh yang besar pada penampilan Anda, bibir telanjang Anda mungkin memiliki kisah lain untuk diceritakan.

Gejala beberapa masalah kesehatan yang mendasar dapat dengan mudah ditunjukkan melalui bibir Anda.

 

Bibir pecah-pecah

Bibir pecah-pecah biasanya disebabkan bila ada sedikit kelembaban di udara, seperti di musim dingin, atau karena sering terpapar sinar matahari. Namun, bibir pecah-pecah juga bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami dehidrasi. Cobalah minum banyak air jika bibir Anda sangat kering.

 

Perih di sekitar bibir

Bibir yang perih saat disentuh di sekitar tepiannya umumnya menunjukkan alergi terhadap sesuatu yang topikal, seperti pasta gigi atau beberapa produk kosmetik. Namun jika bibir Anda terlalu perih dan merah Anda mungkin memiliki alergi parah, kemungkinan besar karena menelan sesuatu yang Anda sensitif terhadapnya.

 

Luka melepuh

Luka melepuh ini adalah berupa lecet kecil yang muncul di sekitar mulut di pinggiran bibir. Luka ini disebabkan oleh virus Herpes Simplex, dan begitu Anda memilikinya, luka ini bisa muncul kapan saja jika terkena pemicunya. Stres, demam, menstruasi dan paparan sinar matahari adalah beberapa pemicu yang sangat umum untuk luka melepuh ini.

 

Tepian bibir yang retak

Tepian bibir yang retak bisa menjadi tanda bahwa Anda menderita infeksi jamur. Saat Anda tertidur Anda cenderung meneteskan air liur di sekitar tepian bibir Anda, ini menyebabkan akumulasi bakteri dan menyebabkan infeksi. Anda bisa mencoba mengubah posisi tidur Anda menjadi lebih tegak untuk menghindari keluarnya air liur.

 

Pembengkakan pada bibir

Pembengkakan pada bibir bisa menjadi pertanda sensitivitas makanan atau alergi. Bibir adalah tempat pertama dimana gejala reaksi alergi terhadap makanan terlihat. Jika Anda mengalami kesulitan bernapas, mengalami gatal-gatal di seluruh tubuh Anda, segera dapatkan pertolongan medis karena alergi makanan yang parah dapat mengancam nyawa.

 

Bibir yang berubah warna

Perubahan warna bibir bisa berarti bibir Anda semakin gelap, atau lebih terang warnanya dari warna biasanya. Perubahan warna bibir dapat menunjukkan sejumlah alasan mendasar seperti perubahan hormonal, minum teh atau kopi berlebihan, merokok atau mengonsumsi makanan kaya zat besi. Beberapa penyakit seperti anemia bisa menyebabkan bibir menjadi lebih gelap, dengan semburat ungu.

 

Bibir yang terbakar

Percaya atau tidak, bibir yang terbakar sebenarnya bisa menjadi pertanda depresi, kecuali tentu saja jika Anda telah menggosok bibir Anda dengan kasar atau habis mengonsumsi makanan yang sangat pedas. Sebuah studi menunjukkan korelasi antara sindrom mulut terbakar dengan depresi dan kecemasan.