Health Advice | HEALTH | 1 year ago
Hal Yang Penting Soal Aroma Terapi Di Dalam Mobil
MERASA TEGANG DI AKTIVITAS PAGI HARI ANDA? KURSI BELAKANG MOBIL PENUH DENGAN KERINGAT ANAK ANDA? RITA SANUSI MENEMUKAN SEBUAH TEMUAN BAGAIMAN CARA BERPERGIAN DENGAN MOBIL ANDA, DENGAN BANTUAN AROMA TERAPI.
20 October 2017 18:26
Text by Webmaster

Bagi kebanyakan orang Indonesia, sebagian besar waktu dalam 1 minggu mereka dihabiskan dalam perjalanan, namun diantara pergi ke tempat Anda bekerja, supermarket dan tempat latihan sepakbola anak Anda, mengendarain mobil menjadi sebuah hal yang cukup berat. Akan tetapi, dengan bantuan beberapa tetes minyak esensial bisa mengubah mobil Anda menjadi sesuatu yang menenangkan dan hal ini pun mempengaruhi pada perjalanan Anda yang nantinya membuat Anda berubah pikiran, bahwa mengendarai mobil bukan hanya merupakan tentang tujuannya saja, tetapi kenikmatan dalam perjalanannya juga.

Anda mungkin berpikir bahwa aroma terapi adalah sesuatu yang biasanya digunakan di dalam rumah ataupun di ruangan spa Anda, namun, dengan sedikit modifikasi dan tambahanan, hal ini bisa juga digunakan untuk memperbaiki perasaan Anda dikala sedang dalam perjalanan dengan mobil Anda dan akan membuat perjalanan Anda menjadi lebih menyenangkan, lebih menyehatkan, dan tentu saja lebih aman.

Walaupun aroma terapi ini tidak bisa menghindari ban pecah ataupun menghilangkan kemacetan pada hari Senin, sekitar pukul 8.55am, beberapa penelitian menunjukan bahwa aroma ini bisa membantu meringankan keletihan pada perjalanan Anda dan juga menghilangkan stress yang hinggap pada kepala Anda. Bahkan, aroma tersebut pun bisa menciptakan ketenangan dikala Anda dalam perjalanan dengan mobil pribadi Anda.


ILMU TENTANG AROMA TERAPI

Beberapa review penelitian di UK tentang aroma dan juga efeknya pada perjalanan menemukan bahwa memiliki aroma yang cocok dengan Anda di dalam mobil bisa membuat pengendaranya lebih sadat akan bahaya, membuat pengendara tetap fokus pada perjalanan dan lebih memiliki rasa toleransi pada sesame pengguna jalan raya.

Berpacu pada sebuah penelitian di US, tentang keuntungan aroma terapi dalam berkendara  adalah aroma peppermint dan cinnamon (kayu manis), dan hal ini diketahui bisa mengurangi gangguan pada mata dan juga memperbaiki konsentrasi dalam berkendara, dan juga lemon dan kopi, yang diketahui bisa memperbaiki dan memperjernih pemikiran dan juga konsentrasi dari pengendara mobil tersebut.

Penelitian tersebut pun mengatakan bahwa memiliki aroma yang tidak cocok di dalam mobil bisa mengakibatkan pengendara mengemudi dengan kecepatan tinggi, tertidur, mengendara dengan tidak konsentrasi dan bahkan bisa menyebabkan kecelakaan serius, dan aroma yang diketahui bisa berbahaya untuk pengendara mobil adalah chamomile dan lavender, yang diketahui bisa membuat pengendara menjadi terlalu relax dalam berkendara. Selain itu, aroma lainnya adalah aroma yang berbau makanan cepat saji dan juga bebauan roti segar, yang diketahui bisa mengganggu penglihatan, dan bau rumput yang baru saja dipotong, hutan pinus ataupun bunga, yang diketahui bisa membuat pengendara bernostalgia dan bermimpi di siang hari.

Seorang psikologis, Conrad Kingman mengatakan: “Bebauan bekerja mengelilingi bagian logical di otak kita, lalu pada sistem limbic dan juga sistem emosional pada manusia. Inilah sebabnya bau yang dihasilkan dari parfum bisa membuat para Pria menjadi seseorang yang banyak bicara, bau roti bisa menghancurkan para pelaku program diet dan bau bedak bayi bisa mempengaruhi sang anak menjadi lebih murung dari sebelumnya.


MULAILAH!

Dengan menggunakan minyak aroma terapi di dalam mobil bisa menjadi sangat menyenangkan dan bermanfaat, namun hal ini membutuhkan pendekatan lebih lanjut. Ingatlah aturan dasarnya: Hindari minyak yang baunya bisa membuat Anda merasa ngantuk atau menjadi terlalu terstimulasi dan tentu saja Anda tidak diperbolehkan menggunakan kompor minyak di dalam mobil Anda.

Salah satu cara termudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan meneteskan minyak favorit Anda ke sarung tangan lalu Anda bisa menghirupnya kapanpun Anda mau. Apakah Anda ingin penumpang di mobil Anda menikmati aroma terapi juga? Teteskan beberapa minyak pada tisu mobil Anda, lalu letakan di dashboard mobil Anda, dimana nantinya panas yang hinggap di tisu tersebut akan menguap dan menyebar ke seluruh ruangan mobil (namun Anda pun harus berhati-hati karena beberapa minyak yang menguap bisa merusak bahan plastic); hal ini pun bekerja dengan baik apabila Anda meneteskannya di karpet mobil atau menyimpannya di stop kontak listrik mobil Anda.

Minyak esensial bisa mempengaruhi manusia dengan cara yang berbeda-beda, jadi cobalah untuk mencobanya terlebih dahulu di rumah dan gunakan hanya dengan sekali tetes saja.

“Beberapa orang mungkin berpikir bahwa menggunakan banyak minyak akan membuat kondisi ruangan menjadi lebih baik, namun kebalikannya,” ujar seorang ahli aroma terapi, Helena Trump. “Dengan kondisi yang ada di mobil Anda, satu atau dua tetes minyak seharusnya sudah cukup Anda gunakan. Namun cobalah untuk menggunakan satu tetes dulu dan lihat reaksi dari para penumpang mobil Anda. Perhatikan reaksi dari penumpang Anda, setelah itu baru Anda bisa mengubah metode penetesan minyak dan Anda pun harus mencocokannya dengan ventilasi yang digunakan oleh penumpang mobil Anda.


PILIHLAH MINYAK AROMA TERAPI UNTUK MENCOCOKKANNYA DENGAN MOOD ANDA

  • Emosi dalam perjalanan
  • Minyak aroma terapi Mandari bisa menenangkan orang dewasa, tetapi minyak ini akan lebih bekerja pada anak-anak. Jadi, aroma ini bisa menjadi sangat baik apabila Anda memiliki penumpang anak-anak di mobil Anda. Seorang ahli aroma terapi, Penny Price menyarankan “setetes mandarin dan setetes rosewood bisa menjadi minyak yang sangat menenangkan”.
  • Berpacu pada penelitian di US, pada tahun 2014, mengendarai mobil bisa membuat Anda menjadi stress, sama seperti melakukan olahraga skydiving. Terselamatkanlah, karena aroma terapi ternyata bisa membantu hal ini.

Minyak yang berbau menenangkan juga baik apabila Anda dalam kondisi stress, namun Anda tetap harus menghindari bebauan yang bisa membuat Anda ngantuk seperti vetiver dan chamomile.

Untuk mengurangi rasa stress, rencanakanlah perjalanan mobil Anda dengan baik dan pastikan kondisi Anda sedang fit untuk mengendarai (tidak terlalu malam) dan pastikan mobil Anda pun dalam kondisi baik.

Selain itu, pastikan juga Anda memiliki musik yang benar dan cocok untuk sebuah perjalanan jauh – music klasik, seperti baroque yang sudah diketahui kualitasnya dalam menenagkan dan meningkatkan konsentrasi.


MABUK PERJALANAN

Pernahkah Anda merasa mual dalam perjalanan? Jahe terkenal akan khasiatnya sebagai minyak anti mual dan bisa membantu meredakan mabuk perjalanan Anda. Namun, aroma ini tidak disukai oleh beberapa orang. “Aroma jeruk pun bagus untuk meredakan mabuk perjalanan,” ujar Trump. Selain itu, peppermint pun memiliki khasiat sebagai aroma anti mual dalam perjalanan.


HILANG KONSENTRASI PADA OTAK

Peppermint sebenatnya tidak terlalu cocok apabila Anda memiliki anak-anak sebagai penumpang di mobil Anda, karena aromanya yang terlalu kuat, ujar Price. Lalu, Price menyarankan untuk menggunakan aroma serai atau basil (kemangi) untuk meningkatkan konsentrasi apabila ada anak-anak sebagai penumpang Anda. “Basil diketahui bisa mengstimulasi otak, sedangkan serai bisa membuat sang anak lebih semangat dan juga menyegarkan.”

Gunakan minyak peppermint dengan cara lain, seperti memastikan mobil Anda memiliki ventilasi yang cukup dan tidak terlalu hangat, ajak penumpang untuk terus berbicara dengan Anda, meminum banyak air dan juga beristirahat dengan cukup agar Anda bisa menhirup udara segar. Istirahat merupakan hal yang paling penting dalam permasalahan ini.

“Peppermint bagus untuk meningkatkan kewaspadaan otak, tetapi bukanlah aroma yang mujarab untuk keletihan dalam berkendara,” ujar Trump. “Jika Anda lelah, tentu Anda harus beristirahat.”


TIPS MEMBUAT MOBIL TETAP SEGAR LAINNYA


    1. Bau tidak sedap bisa tercipta dalam sebuah mobil yang tertutup. Untuk tetap membuat pernafasan Anda segar, Price menyarankan untuk menggunakan kombinasi aroma serai dan eucalyptus, dimana kombinasi tersebut bisa membuat pengendara tetap waspada. Anda pun bisa menggunakan kombinasi ini apabila ada salah satu penumpang Anda yang sedang sakit, atau untuk tetap menjaga udara dalam mobil Anda segar disaat penuh oleh keringat di hari yang panas.
    2. Dalam keadaan cuaca yang panas, cobalah segarkan mobil Anda dengan ide cerdas dari Tump: Isi sprayer jenis tanaman di mobil Anda, lalu teteskan minyak favorit Anda, kocok dan semprotkan ke setiap penjuru mobil Anda – namun berhati-hatilah agar tidak menyemprotkannya ke mata Anda dan penumpang Anda.
    3. Sementara aroma terapi memiliki banyak sekali manfaat, aroma terapi pun bisa digunakan untuk mendapatkan kesenangan di dalam perjalanan Anda. Jika Anda memiliki juga aroma terapi yang digunakan di rumah, atau baru saja mendapatkan aroma terapi baru yang Anda suka, cobalah untuk menggunakannya di dalam mobil Anda. Hal ini pun bisa bermanfaat bagi Anda.

 

PERINGATAN

Sebelum Anda menggunakan minyak aroma terapi, sebaiknya Anda mengecek terlebih dahulu apakah penumpang Anda ada yang memiliki penyakit epilepsy atau hamil. Selain itu, Anda pun harus menghindari penggunaan minyak berbau kuat seperti eucalyptus dan rosemary apabila ada anak-anak di dalam mobil Anda. Ini hanyalah panduan secara umum dan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa minyak ini memiliki khasiat berbeda-beda pada setiap orangnya, jadi cobalah terlebih dahulu di rumah Anda, barulah setelah itu Anda bisa mencobanya di dalam mobil dengan penumpang Anda.


PANDUAN CEPAT PERIHAL MINYAK AROMA TERAPI DI DALAM MOBIL

  • Minyak untuk menyegarkan Basil, lada hitam, cedarwood, eucalyptus (minyak kayu putih), jeruk, serai, peppermint, rosemary, rosewood.
  • Minyak untuk mabuk perjalanan Jahe, jeruk, peppermint
  • Minyak untuk menyegarkan udara Eucalyptus (minyak kayu putih), peppermint, teh
  • Minyak untuk menenangkan Bergamot, geranium, rosewood dan mandarin
  • Minyak untuk meningkatkan konsentrasi Cinnamon, lemon dan peppermint
  • Minyak untuk membuat pengendara nyaman Cinnamon, berganmot, geranium, nilam dan petitgrain
  • Minyak untuk meningkatkan waspada Camomile, melati, lavender, marjoram dan akar wangi.