How To Lose Weight | WEIGHT LOSS | 1 year ago
Hubungan Antara Minum Air Putih Dengan Menurunkan Berat Badan
Minum banyak air putih bisa menjadi solusi untuk menurunkan berat badan.
03 October 2017 15:56
Text by Webmaster

Jika ditanya berapa banyak air yang harus diminum setiap hari, Kamu mungkin akan menjawab delapan gelas sehari.

Saat menurunkan berat badan, ada yang mengatakan bahwa banyak minum itu lebih baik. Jadi benarkah banyak minum bisa menurunkan berat badan? Cek ilmu ilmiahnya berikut ini.

Ada banyak penelitian yang meneliti hubungan antara minum banyak air dan menurunkan berat badan. Sebuah penelitian yang dilakukan di Virginia Tech pada tahun 2010 melaporkan bahwa orang-orang obesites yang sedang diet rendah kalori dan minum dua gelas air sebelum makan mengalami penurunan berat badan yang cukup signifikan daripada mereka yang tidak minum air.

Baru-baru ini penemuan tersebut juga dibuktikan oleh Universitas Birmingham yang menemukan bahwa orang yang diet disertai dengan minum sebanyak 470ml air sebelum makan mengalami penurunan berat badan yang lebih banyak daripada mereka yang tidak minum banyak air.

Meskipun penelitian-penelitian tersebut dihubungkan dengan penurunan berat badan yang cukup besar, mekanisme minum air di waktu-waktu tertentu untuk mendukung penurunan berat badan juga perlu diperhatikan. Satu penjelasan yang tepat adalah adanya beberapa manfaat termogenik terkait dengan konsumsi air.

Dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism pada tahun 2003 dilaporkan bahwa minum air sebanyak 500ml bisa meningkatkan metabolisme sebanyak 30 persen atau mengurangi berat badan sebanyak 100kJ. Ini terjadi karena tubuh bekerja lebih keras untuk meningkatkan temperatur air minum hingga 37°C. meskipun efek psikologisnya kecil, hal ini tetap perlu dipertimbangkan.

Beberapa peneliti berseilisih mengenai klaim mengenai air yang dapat membantu menurunkan berat badan. Mereka berpendapat bahwa air hanya diperlukan dalam penurunan berat badan, namun tidak menyebabkan penurunannya. Inti dari rumitnya penelitian tersebut adalah minum banyak air dapat mempengaruhi kebiasaan yang kondusif untuk mengontrol berat badan, yang tentu saja hal ini sangat berkaitan karena siapapun yang ingin menurunkan atau mengontrol berat badan perlu terhindari dari dehidrasi.

Jadi kalau Kamu tidak terbiasa minum banyak air putih, inilah beberapa alasan kenapa Kamu harus meminumnya paling tidak 1 hingga 1 setengah liter dalam sehari ditambah dengan 500ml air lagi setiap jam saat Kamu melakukan olahraga yang cukup intens.


Dehidrasi membuat kita lebih banyak makan

Keinginan Kita untuk minum dan tetap terhidrasi tergolong lebih kecil dibandingkan rasa lapar yang membuat Kita segera mengambil makanan saat itu juga. Faktanya statisik menyimpulkan bahwa 70 hingga 75 persen dari kita mengalamai dehidrasi dalam berbagai keadaan. Jadi saat nanti Kamu mulai merasa lapar, minumlah air dan tunggu 30 hingga 60 menit baru kemudian makan atau tunggu sampai Kamu benar-benar merasa lapar. Ingat warna urin yang bening mengindikasikan kalau Kamu sudah cukup terhidrasi.


Menghalangimu minum air lain yang menambah berat badan

Saat Kamu minum beberapa liter air dalam sehari, kecil kemungkinannya untuk minum jenis minum berkalori lainnya seperti soda, kopi susu, jus dan teh berperisa yang cenderung menggantikan air putih saat Kita sedang haus. Pada dasarnya dengan minum banyak air Kita bisa mengontrol asupan kalori dan hasilnya berat badan pun lebih terjaga.


Menjaga perut tetap sehat

Apakah Kamu sering merasa lelah, kembuh atau tersendat? Untuk memelihara kesehatan sistem pencernaan, minum air yang cukup air serta mengkonsumsi serat dan berolahraga perlu dikombinsikan agar sampah di dalam perut tetap bergerak melalui saluran pencernaan secara efisien. Salad dan sayuran yang mengandung air dapat membantu terjadinya proses tersebut, tapi Kamu tidak bisa menghilangkan dehidrasi hanya dengan mencegah perut kembung.


Kamu bisa membakar lebih banyak kalori

Sudah terbukti kalau minum air dingin, khususnya air es akan membantu membakar lebih banyak kalori hingga 40 kilojule dalam sehari untuk setiap dua liter air yang Kamu minum. Kadar air tersebut sama dengan cemilan yang bisa Kamu makan dalam sehari.


Membantu menjaga diet dan gaya hidup secara psikologis

Hal sederhana seperti membawa botol air saat bepergian atau memulai hari dengan minum segelas air dan lemon dapat membantu Kita lebih fokus dalam menjalankan diet dan memilih makanan dan minuman yang baik untuk dimakan. Apalagi air itu gratis, bukan? Kenapa Kamu tidak coba minum lebih banyak lagi? Mungkin bisa membantumu.