How To Lose Weight | WEIGHT LOSS | 1 year ago
Ingin Kurus? Hentikan Ini Dahulu
SEBUAH PENELITIAN MENGUNGKAPKAN BAHWA MAKAN SAMBIL BERJALAN BISA MENAMBAH BERAT BADAN.
24 October 2017 17:29
Text by Webmaster

Banyak dari kita yang terbiasa makan sambil berjalan. Seringnya saat Kamu mengejar ketepatan waktu dan harus terburu-buru, Kamu hampir tidak punya waktu untuk sekedar duduk dan menikmati makan dengan tenang- mungkin jarang sekali terjadi.

Makan di jalan mungkin satu-satunya cara agar Kamu bisa mengisi perut, tapi hal ini juga bisa membuatmu sulit mengelola pola hidup yang sehat dan menurunkan berat badan.


APA HASIL PENELITIAN?

Dalam sebuah penelitian baru yang diterbitkan oleh Journal of Health Psychology, para peneliti menemukan bahwa orang yang makan sambil berjalan cenderung makan lebih banyak di hari berikutnya sehingga berat badan pun bertambah dan munculah obesitas. Dalam penelitian tersebut,ada 60 wanita, ada yang sedang diet dan ada juga yang tidak sedang diet, dijadikan sebagai uji coba.

Mereka semua makan sereal bar dengan tiga kondisi yang berbeda – sambil menonton TV, sambil berjalan di koridor dan sambil ngbrol dengan teman. Mereka kemudian mengisi kuesioner dan dites kembali dengan diberikan beberapa pilihan cemilan yang terdiri dari coklat, stik wortel, anggur dan keripik.

Menariknya, hasil menunjukkan bahwa mereka yang makan sambil berjalan makan cemilan lebih banyak dalam tes tersebut, bahkan ada yang makan coklat lima kali lebih banyak daripada yang lainnya. Jumlah cemilan yang dimakan juga lebih banyak daripada mereka yang makan sambil nonton tv atau ngobrol, padahal makan dalam kondisi tersebut biasanya sering dikaitkan dengan kecenderungan makan sesukanya.

Jadi makan sambil berjalan bisa memicu keinginan makan lebih banyak di hari berikutnya, mungkin karena karena berjalan merupakan suatu bentuk gangguan cukup besar yang menghambat kemampuan tubuh untuk merasa kenyang setelah makan, hal ini dikemukakan oleh Profesor Jane Ogden, penulis utama penelitian tersebut. Ini bisa juga disebabkan karena berjalan bahkan walaupun hanya sekedar di sekitar koridor bisa dipertimbangkan sebagai suatu bentuk olahraga sehingga membuat tubuh ingin makan lebih banyak setelahnya.

Selanjutnya dia pun mengungkapkan bahwa meskipun berjalan memiliki pengaruh yang cukup besar, gangguan lain seperti makan di meja kerja juga bisa menambah berat badan. Saat Kita tidak sepenuhnya konsentrasi dengan makanan yang dimakan, Kita cenderung makan semaunya sehingga Kita pun tidak sadar makanan apa yang baru saja dimakan.


SIMAK TIPS BERIKUT

Dengan jadwal yang cukup padat, makan dan duduk dengan tenang seringkali sulit dilakukan. Jadi supaya Kamu bisa lebih sehat, coba tips berikut ini:

  • Rencanakan. Siapkan sarapan, makan siang dan cemilan yang sehat malam sebelumnya sehingga paginya Kamu tinggal makan tanpa harus terburu-buru dan tidak perlu sambil berjalan.
  • Kenali pilihanmu. Kalau Kamu nggak punya waktu menyiapkan makan siang, kenali beberapa pilihan makanan di daerah sekitarmu. Hindari makanan siap saji dan pilihlah yang lebih sehat.
  • Kendalikan kalori. Meskipun kalori bukan satu-satunya penyebab naiknya berat badan, tapi menyeimbangkan kalori dengan makanan lain yang bisa membantu mengurangi asupannya bisa membantu mengontrol berat badan. Itulah kenapa hindari makan sambil berjalan karena Kamu akan cenderung kesulitan untuk memilih makanan apa yang baik untuk dimakan. Kamu juga bisa gunakan aplikasi untuk merencanakn makanan dan cemilan yang dimakan serta olahraga yang bisa dilakukan.