Training Tips | FITNESS | 11 months ago
Ingin Tetap Bugar? Mulailah Berlari Mundur!
Jogging mundur memiliki beberapa manfaat kesehatan, dan bekerja pada postur tubuh Anda juga.
14 December 2017 17:25
Text by Astri Suciati



Beberapa penelitian yang dilakukan di University of Oregon dan Stellenbosch University, Afrika Selatan mengklaim bahwa jogging dengan berlari mundur sebenarnya adalah cara yang lebih baik untuk tetap bugar. Jogging mundur meningkatkan kebugaran tubuh secara keseluruhan, mendukung kemampuan kognitif, koordinasi yang lebih baik dan juga mempercepat kebugaran kardiovaskular.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti memantau perkembangan fisik sekelompok wanita yang berlari jogging mundur selama tiga kali seminggu selama enam minggu. Mereka menemukan bahwa wanita yang berlari mundur telah kehilangan 2,5% lemak tubuh mereka dan konsumsi oksigen mereka juga turun. Keuntungan lain dari jogging mundur selain tetap bugar yaitu termasuk meningkatkan kekuatan jari kaki karena kaki depan digunakan untuk mendorong diri sendiri. Lari mundur juga lebih efisien karena 1 putaran jogging mundur setara dengan 6 putaran jogging normal. Jogging mundur juga melindungi lutut dan sendi terhadap cedera.

Jogging mundur agar tetap bugar bukanlah fenomena baru. Ini telah dipraktekkan selama puluhan tahun oleh atlet profesional untuk mengatasi cedera. Studi baru ini juga telah memperkuat fakta bahwa olahraga dan kebugaran terkait secara langsung dan bahwa orang-orang yang aktif secara fisik sudah pasti tetap bugar.