Wellbeing | WELLBEING | 11 months ago
Inilah Bagaimana Warna Mempengaruhi Mood Kita
Mari kita gali efek warna terhadap suasana hati dan persepsi Anda.
07 December 2017 23:26
Text by Astri Suciati


Dunia ini penuh warna, begitu juga Anda. Hidup Anda penuh dengan warna dan Anda menyukai sebagian besar warna-warna ini namun Anda mungkin tidak pernah menyadari efek warna terhadap diri Anda. Atau mungkin Anda menyadarinya, setelah hampir semua warna yang Anda lihat di sekitar Anda membuat Anda merasakan sesuatu. Mengapa pula mereka mewarnai setiap rumah sakit dengan warna hijau dan putih, atau setiap taksi dengan warna hitam dan kuning? Bagaimanapun, efek warna, entah itu warna yang pekat atau bening, dapat mempengaruhi pikiran bawah sadar Anda tanpa Anda menyadarinya.

Mari kita gali efek warna terhadap suasana hati dan persepsi Anda.

 

Biru

Biru dianggap sebagai warna yang menenangkan karena bisa mempengaruhi kita secara mental. Warna biru yang kuat merangsang pikiran yang jernih dan lebih ringan. Sedangkan warna biru lembut akan menenangkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi. Ini bisa sangat membantu jika tempat kerja Anda dicat biru.

 

Merah

Warna merah adalah warna yang indah dengan pengaruh yang kuat terhadap diri kita. Ini adalah salah satu warna paling menarik yang menarik perhatian Anda lebih cepat daripada kebanyakan warna lainnya. Warna ini bisa memberi efek positif pada Anda, merangsang perasaan yang menimbulkan keberanian dan kekuatan. Namun, itu juga bisa merangsang agresi dan ketegangan.

 

Kuning

Warna kuning cukup kuat secara psikologis. Itu bisa mengangkat semangat dan harga diri kita, mendukung kepercayaan diri dan optimisme. Namun, terlalu banyak warna kuning atau nuansa warna kuning yang aneh juga bisa memicu pikiran negatif dan kecemasan.

 

Hijau

Warna hijau mengesankan mata sedemikian rupa sehingga tidak memerlukan penyesuaian apapun dan karena itu, terasa menenangkan. Berada di tengah spektrum, hijau adalah warna keseimbangan - konsep yang lebih penting daripada yang disadari banyak orang. Bila dunia di sekitar kita mengandung banyak warna hijau, itu menunjukkan adanya air, dan sedikit bahaya kelaparan. Jadi kita diyakinkan oleh warna hijau, pada tingkat primitif. Secara negatif, warna ini bisa mengindikasikan stagnasi dan jika salah dipersepsikan, maka warna hijau akan dirasa terlalu membosankan.

 

Hitam

Hitam adalah kombinasi dari semua warna dan bisa menyerap semua energi yang datang ke arah kita. Sementara kebanyakan orang mendapatkan rasa keseriusan dan keanggunan dari warna hitam, ada pula yang takut warna hitam dalam gelap.

 

Abu-abu

Warna abu-abu murni hampir tidak memiliki efek psikologis secara langsung. Sementara jumlah warna abu-abu yang tepat bisa melawan efek negatif lainnya. Namun terlalu banyak warna abu-abu juga bisa menimbulkan rasa hibernasi atau tidak ingin melakukan apapun.

 

Oranye atau jingga

Menjadi kombinasi warna merah dan kuning, oranye juga merangsang dan mempengaruhi kita baik secara fisik maupun emosional. Warna ini dapat menunjang kenyamanan fisik dan sensualitas. Ini juga merupakan warna gembira yang bisa melawan emosi negatif dan membuat kita merasa ceria dan lebih bahagia.

Hampir setiap warna memiliki semacam efek terhadap diri kita. Bahkan warna putih sebagian besar mempengaruhi kita. Orang mendapatkan rasa damai dan kelancaran dalam berpikir dan hidup dengan melihat warna putih. Jadi, nikmati warna-warna ini sebagaimana Anda menjalani dan menikmati hidup Anda.