Nutrition Tips | NUTRITION | 10 months ago
Jangan Konsumsi Terlalu Banyak Makanan Sehat Ini
Mengonsumsi makanan sehat sangat penting bagi kesehatan kita namun ada beberapa makanan sehat yang bisa menimbulkan lebih banyak kerugian daripada manfaatnya saat dimakan terlalu banyak.
19 December 2017 21:34
Text by Astri Suciati

Beberapa makanan baik untuk kesehatan Anda sementara beberapa tidak. Namun makan terlalu banyak makanan sehat bisa sama berbahayanya dengan makanan tak sehat lainnya. Makanan sehat ini harus dimakan secara teratur namun hanya dalam jumlah kecil.

Mengonsumsi makanan sehat sangat penting bagi kesehatan kita namun ada beberapa makanan sehat yang bisa menimbulkan lebih banyak kerugian daripada manfaatnya saat dimakan terlalu banyak. Anda harus membatasi asupan makanan sehat berikut ini.

 

Tuna kalengan

Mengonsumsi terlalu banyak tuna kalengan dapat menghasilkan kadar merkuri yang lebih tinggi yang dapat menyebabkan masalah penglihatan, gangguan bicara, kelemahan otot dan kurangnya koordinasi. Hindari mengonsumsi lebih dari tiga sampai lima kaleng tuna dalam seminggu. Anda bisa mencari ikan dengan merkuri rendah seperti salmon setelah mengonsumsi tiga kaleng tuna.

 

Jeruk dan tomat

Jeruk dan tomat bersifat sangat asam dan makan terlalu banyak bisa menyebabkan acid reflux atau asam lambung. Dianjurkan agar Anda tidak makan lebih dari dua porsi jeruk atau tomat per hari. Orang yang menderita acid reflux sebaiknya tidak memakannya sama sekali.

 

Protein hewani

Mengonsumsi terlalu banyak protein hewani bisa berbahaya bagi kesehatan Anda karena membuat tubuh Anda menghasilkan faktor pertumbuhan mirip hormon insulin, yang meningkatkan penuaan dan meningkatkan risiko kanker. Dapatkan sebagian besar protein Anda dari tumbuhan, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan gandum.

 

Bayam

Meskipun bayam yang direbus atau dimasak itu sehat untuk Anda, namun makan bayam mentah terlalu banyak bisa berujung pada pembentukan batu ginjal. Orang yang sudah memiliki batu ginjal harus benar-benar menghindari makan bayam.

 

Kedelai

Mengonsumsi kedelai membantu menurunkan kolesterol dan mengatasi masalah tekanan darah, namun bila dikonsumsi dalam jumlah banyak, hal itu dapat menyebabkan masalah seperti hiperplasia endometrium (penebalan dinding rahim) dan penyerapan zat besi yang buruk.

 

Bawang putih

Mengonsumsi terlalu banyak bawang putih dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan termasuk mengencerkan darah dan perdarahan hebat hingga masalah gastrointestinal, sakit kepala dan kelelahan. Meskipun Anda harus makan bawang putih untuk mendapatkan manfaat kesehatannya, hindari mengonsumsi hingga empat siung sehari.

 

Air

Minum banyak air baik untuk kesehatan Anda, namun jika Anda minum terlalu banyak air, ini bisa memberi efek negatif pada Anda. Terlalu banyak air dapat mengencerkan cairan perut Anda yang mempengaruhi pencernaan yang baik dan fungsi penting lainnya.

 

Hanya karena makanan sehat, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya sebanyak-banyaknya dan tidak memiliki efek negatif. Kuncinya adalah tidak berlebihan dan konsumsilah dalam porsi sedang atau yang dianjurkan.