How To Beauty | BEAUTY | 1 year ago
Jerawat Dapat Mengungkapkan Tentang Kondisi Kesehatan Anda
Seringkali kita mencoba mengobati jerawat kita dengan menggunakan perawatan topikal spot, namun produk ini hanya memberikan bantuan sementara. Terkadang apa yang dikatakan jerawat kita adalah bahwa hal itu disebabkan oleh masalah kesehatan internal yang perlu kita hadapi.
20 October 2017 12:39
Text by Webmaster

Jerawat adalah infeksi di bawah kulit kita yang meradang oleh sistem kekebalan tubuh kita. Mengetahui alasan mengapa kita mendapatkan jerawat di bagian luar bisa membantu kita memperbaiki apa yang sedang terjadi di dalam tubuh kita.

Pemetaan wajah atau "membaca wajah" menggabungkan teknik lama dari pengobatan Ayurvedic dan China serta teknik dermatologis baru untuk menjelaskan penyebab jerawat yang mendasarinya. Di Cina disebut "Mien Shaing" yang diterjemahkan menjadi "membaca wajah". Karena beberapa area di wajah dan tubuh kita tidak memiliki korelasi bukti medis untuk menunjukkan hubungan dengan pemetaan wajah berjerawat dari Cina, beberapa informasi dari pemetaan ini telah ditinggalkan. Jika kita mengalami masalah internal di dalam organ tubuh kita, mereka sering muncul sebagai pembengkakan dalam bentuk masalah kulit pada wajah dan tubuh kita. Peradangan ini bisa berupa jerawat, kulit kering, perubahan warna, dan berbagai ruam yang berbeda. Pemetaan wajah untuk jerawat bisa bermanfaat bagi pria dan wanita.


Zona 1 & 2: Dahi Atas dan Bawah

Terkait dengan: Gaya hidup

Kebanyakan jerawat di dahi dan pelipis mungkin karena bakteri dan mungkin mengindikasikan bahwa kita sedang makan makanan yang tidak sehat, tidak cukup tidur, atau memiliki kebersihan yang buruk. Beberapa pemetaan wajah berjerawat menunjukkan korelasi antara dahi dan fungsi hati, namun karena tidak ada bukti ilmiah untuk benar-benar menghubungkan bagian zona T ini, maka belum ditambahkan ke pemetaan wajah. Perilaku kita, khususnya bagaimana orang cenderung menyentuh zona T mereka, adalah penyebab yang lebih mungkin dari jerawat ini.

Bagaimana kita bisa mencegah jerawat di dahi?

Minumlah banyak air untuk detoksifikasi dan mencegah toksin dan limbah tersimpan di tubuh kita.

Kurangi asupan soda, gula, dan karbohidrat glikemik tinggi.

Mandi segera setelah latihan olahraga.

Cuci rambut, topi, bandana, ikat kepala, dan semua jenis benda yang digunakan di kepala.


Zona 3: Antara Alis

Terkait dengan: Hati

Daerah ini bisa menunjukkan bahwa kita minum terlalu banyak alkohol, mengonsumsi makanan yang terlalu tinggi lemak trans, atau kita memiliki alergi makanan.

Banyak orang mengalami jerawat di tempat ini karena makanan tertentu yang mereka makan. Beberapa dokter akan berpendapat bahwa diet memiliki sedikit efek pada jerawat, namun ada penelitian yang menunjukkan adanya korelasi antara jerawat dan diet. Beberapa lemak trans misalnya memiliki efek negatif yang mengurangi jumlah lemak esensial dalam tubuh kita yang melukai kesehatan kita secara keseluruhan yang muncul pada kulit kita.

Contoh yang menunjukkan korelasi antara hati dan daerah tubuh ini adalah bahwa efek samping dari masalah hati ditunjukkan melalui menguningnya mata yang biasa disebut penyakit kuning.

Antara mata juga merupakan bagian dari T-Zone Anda yang merupakan pusat wajah Anda termasuk dahi, hidung, dan dagu Anda. Daerah ini biasanya cenderung lebih berminyak daripada bagian wajah lainnya. Seperti halnya jerawat dahi, antara alis kita adalah area yang rawan terhadap keputusan gaya hidup saat kita tidak membersihkan kulit kita dengan benar atau memiliki rambut berkeringat di wajah kita.


Zona 4: Di Bawah dan di Sekitar Mata

Terkait dengan: Ginjal dan hati

Benjolan kecil yang terlihat seperti jerawat biasa terjadi di sekitar mata termasuk milia, xanthelasma, syringoma yang terjadi akibat pori-pori tersumbat, kadar lemak tinggi di aliran darah, dan kelebihan pertumbuhan kelenjar keringat.

Pasien lupus dengan fungsi ginjal yang berkurang misalnya lebih cenderung memiliki jerawat ini seperti formasi yang disebut milia di bawah mata mereka. Milia sering keliru dianggap jerawat dari penampilan mereka yang serupa. Milia berbeda karena mereka memiliki penampilan putih kecil yang tidak bisa muncul seperti jerawat.

Jika Anda memiliki lingkaran hitam di bawah mata Anda, ini bisa menunjukkan bahwa Anda mengalami dehidrasi. Cara untuk menghindari dehidrasi termasuk menghindari minuman diuretik yang menguras air dari sistem tubuh kita, minum terlalu banyak air yang menurunkan kadar sodium, dan memastikan untuk minum cukup air pada umumnya.


Zona 5: Hidung

Terkait dengan: Jantung

Hidung mungkin terkait dengan masalah yang menyangkut jantung, khususnya tekanan darah tinggi. Bukti dari hal ini mungkin benar ditunjukkan dalam satu penelitian yang menunjukkan korelasi antara pendarahan hidung dan serangan jantung.

Folat, Vitamin B6, dan B12 adalah tiga dari vitamin B yang harus kita sertakan dalam makanan kita karena diketahui memiliki efek positif pada kesehatan jantung kita seperti mengurangi penyakit jantung dan stroke. Vitamin ini membantu mengurangi kadar homosistein yang merupakan sejenis asam amino dalam darah kita.

Folat dari sumber makanan alami seperti bayam, brokoli, dan kembang kol juga sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan jantung dan juga kesehatan kulit karena makanan ini membantu melawan jerawat dengan menghilangkan racun dari tubuh kita.

Hidung bisa menjadi sangat berminyak dan rentan terhadap jerawat. Banyak dari kita juga memiliki kebiasaan menyentuh hidung kita dengan tangan kita yang bisa menyebarkan minyak dan bakteri yang bisa menyumbat pori-pori kita.


Zona 6: Telinga

Terkait dengan: Ginjal

Telinga kita juga berbagi koneksi ke ginjal kita yang ditunjukkan dengan rasa berdenging di telinga yang disebut Tinnitus yang disebabkan oleh melemahnya ginjal. Tekanan darah tinggi jangka panjang adalah penyebab umum disfungsi ginjal. Tekanan darah tinggi berdampak negatif pada fungsi ginjal karena memperlemah mekanisme penyaringan ginjal.

Telinga juga bisa menunjukkan bahwa kita tidak cukup minum air putih. Dehidrasi dapat disebabkan oleh minuman diuretik seperti kopi, alkohol, dan obat resep seperti water pill (diuretic). Kurangnya hidrasi memiliki efek samping lain di dalam tubuh selain efek pada kulit kita termasuk tekanan darah tinggi, kelelahan, kolesterol tinggi, gangguan pencernaan, dan alergi.


Zona 7: Pipi

Terkait dengan: Sistem pernapasan

Jika Anda seorang perokok Anda mungkin mengalami jerawat karena merokok bisa menghilangkan asupan oksigen ke kulit. Ini tidak terjadi pada semua perokok, namun penelitian telah menunjukkan bahwa merokok dapat menyebabkan jerawat.

Pipi juga bisa terkena jerawat rosacea yang disebabkan oleh pembuluh darah melebar di kulit yang memberi kesan merah dan menyebar. Merokok, makanan pedas, dan cuaca ekstrem bisa membuat rosacea menjadi lebih buruk. Rosacea juga bisa dicirikan oleh bintik-bintik kecil yang terlihat seperti jerawat di pipi yang tidak mau hilang. Sayangnya rosacea tidak bisa hilang, tapi ada cara alami dan resep untuk menekan pertumbuhannya.

Pipi kita juga dipengaruhi oleh jerawat karena ini adalah tempat dimana make up, krim berminyak, dan kosmetik digunakan. Banyak kasus jerawat pipi yang disebabkan oleh tidak menghapus make up atau tidak mengganti sarung bantal yang mengandung kuman dan bakteri, yang merupakan beberapa cara bagaimana menghilangkan jerawat di pipi.


Zona 8: Samping Dagu

Terkait dengan: Organ reproduksi

Jerawat di samping dagu menunjukkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh kita. Perubahan hormonal ini bisa disebabkan oleh pubertas, siklus haid, menopause, dan kadang-kadang PCOS (Polycystic Ovary Syndrome). Obat yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon meliputi obat yang melibatkan hormonal seperti pengendalian kehamilan untuk wanita dan suntikan testosteron untuk pria.

Fluktuasi hormon juga bisa disebabkan oleh diet (khususnya gula dan asupan karbohidrat glikemik tinggi) serta kurang tidur dan stres. Hal ini menyebabkan peningkatan produksi minyak (sebum) dari kulit kita yang dapat menyebabkan infeksi folikel rambut di bawah kulit kita.

Jika Anda ingin tahu bagaimana menyingkirkan jerawat dagu, beberapa cara mudah untuk memulainya adalah dengan mengurangi asupan karbohidrat dan gula Anda, mempraktekkan kebersihan yang baik, dan mendapatkan cukup tidur.


Zona 9: Bagian Bawah Dagu

Terkait dengan: Perut

Jerawat di rahang dan bawah dagu kita bisa menunjukkan bahwa kita mengalami masalah dengan sistem pencernaan kita seperti gas konstan, kembung, dan buang air besar tidak teratur (kedengarannya jorok tapi sering terjadi!). Banyak kondisi pencernaan yang diketahui memberi masalah di dalam dan di dekat area wajah ini.

Untuk mengurangi gejala ini, sebagai perawatan jerawat dagu, sangat membantu untuk mengonsumsi suplemen serat setelah makan baik dalam bentuk kapsul atau bubuk untuk memperbaiki pencernaan. Serat juga bisa membantu menurunkan berat badan karena membantu menstabilkan kadar gula darah kita dan juga menjaga agar tetap kenyang setelah makan sehingga kita tidak terlalu banyak makan.