How To Beauty | BEAUTY | 11 months ago
Kebiasaan Tidur Yang Dapat Merusak Kulit Anda
Beberapa kesalahan tidur yang perlu Anda hentikan segera jika Anda ingin kulit yang sehat.
06 December 2017 16:22
Text by Astri Suciati

Bagi sebagian besar dari kita, mendapatkan kulit yang baik berarti lebih fokus pada pembersihan yang tepat, dan penggunaan pelembab. Tapi tahukah Anda, tidak peduli apapun rutinitas kecantikan yang Anda ikuti, Anda tidak bisa tampil cantik tanpa cukup tidur? Jadi, jika Anda bingung mengapa kulit Anda tidak terlihat sehat seperti yang Anda inginkan, padahal Anda telah mencoba produk kecantikan terbaik yang ada di pasaran dan menghabiskan banyak waktu di salon kecantikan, namun kulit Anda terlihat kusam dan jauh dari sempurna, maka salahkan kebiasaan tidur Anda yang dapat merusak kulit Anda.

Oh, jika Anda berpikir Anda tidak melakukan kesalahan dalam kebiasaan tidur karena Anda selalu membersihkan makeup sebelum naik ke tempat tidur, hmm.. itu tidak cukup. Dan, bagian yang menakutkan adalah Anda bahkan tidak menyadari bahwa kebiasaan tidur Anda mempengaruhi kulit Anda.

Berikut adalah beberapa kesalahan tidur yang perlu Anda hentikan segera jika Anda ingin kulit yang sehat.

 

Tidur telungkup

Akan terdengar lucu jika kami meminta Anda untuk menyimpan catatan posisi Anda yang Anda ubah saat tidur di malam hari, jadi kami tidak akan melakukannya, karena kami tahu itu tidak mungkin. Tapi yang harus Anda lakukan adalah saat Anda menghempaskan diri di tempat tidur, pastikan Anda berbaring lurus dan tidak berbaring dengan perut atau telungkup. Menurut sebuah laporan yang diterbitkan di majalah Self, tidur telungkup menyebabkan sakit punggung dan keriput. Alasan untuk ini, sesuai laporan tersebut, adalah karena gesekan pada kulit yang terjadi saat Anda meletakkan wajah langsung di atas bantal. Hal ini juga dapat menyebabkan jerawat pada hari berikutnya, apalagi jika Anda malas mengganti sarung bantal Anda.

 

Menggunakan sarung bantal yang kasar

Pernahkah Anda memperhatikan tekstur sarung bantal yang Anda gunakan? Jika belum, maka Anda harus melakukannya karena lapisan kasar sarung bantal Anda hanya akan memperburuk keadaan bagi Anda. Pilih sarung bantal yang lembut karena itu tidak hanya menjanjikan tidur yang tenang tapi juga memiliki pengaruh yang lebih baik dalam merawat kulit Anda. Bila Anda menggunakan sarung bantal yang kasar untuk jangka panjang, Anda cenderung dapat mengalami keriput, kerusakan kolagen dan jerawat. Oleh karena itu, sangat penting bahwa Anda menggunakan sarung bantal lembut dari sutra dan satin untuk meminimalkan kerutan dan tanda-tanda akibat tekanan permanen di wajah. Selain itu, jika Anda menggunakan sarung bantal sutra, ini akan membantu mempertahankan kelembaban.

 

Menggunakan ponsel Anda sebelum tidur

Ladies, jika Anda memiliki kebiasaan membawa telepon Anda ke tempat tidur, saatnya menghentikan kebiasaan ini untuk kebaikan karena cahaya yang dipancarkan oleh telepon Anda bukanlah teman bagi kulit Anda. Sesuai laporan yang dipublikasikan di majalah Prevention, memegang telepon Anda di dekat wajah saat di tempat tidur dan dalam kegelapan, yang membuat Anda menyipitkan mata untuk melihat layar, dapat menyebabkan keriput. Selain itu, cahaya biru yang terpancar juga tidak akan membiarkan Anda tidur nyenyak.

 

Tidur dengan rambut terurai

Kita tahu bahwa tidur dengan rambut diikat ekor kuda mungkin bukan pilihan yang nyaman untuk sebagian orang, tapi sebenarnya bagus untuk mengikat rambut Anda dalam bentuk top knot bun (cepol di atas) atau kuncir ekor kuda saat tidur karena tidur dengan rambut Anda yang terurai, maka rambut Anda mungkin akan bersentuhan dengan kulit wajah Anda. Begitu juga kemungkinan kulit wajah Anda akan bersentuhan dengan minyak alami atau produk lain yang telah Anda gunakan pada rambut Anda sebelumnya. Hal ini juga bisa menyebabkan iritasi dan menyumbat pori-pori. Jangan ikat rambut Anda terlalu kencang, atau jika Anda masih nyaman tidur dengan rambut terurai, singkirkan rambut Anda ke atas sehingga sedikit kemungkinan untuk bersentuhan dengan wajah Anda saat Anda tanpa sadar mengubah posisi tidur.