Wellbeing | WELLBEING | 8 months ago
Kelebihan Dan Kekurangan Dari Wisata Medis
Sebelum memutuskan ingin melakukan wisata medis, sebaiknya hal-hal berikut perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu.
23 February 2018 18:06
Text by Astri Suciati

Apa itu wisata medis?

Wisata medis adalah proses mencari dan menerima perawatan medis Anda di luar negeri, daripada menggunakan layanan lokal di negara Anda. Selalu, alasan untuk membuat keputusan seperti ini adalah biaya, kejelasan dan kemudahan. Beberapa prosedur medis di tanah air Anda mungkin sangat mahal, jadi diperlukan rencana alternatif. Namun, apakah perbandingan untuk keamanan yang ditawarkan negara Anda terhadap selisih harga sepadan dengan perjalanan tersebut? Mari kita lihat.

 

Kelebihan wisata medis

Telah terbukti bahwa prosedur medis tertentu lebih ekonomis di beberapa negara - yaitu Thailand, India, Singapura - daripada yang lain. Sebenarnya, perbedaan bersihnya terkadang bisa mengejutkan. New England Journal of Medicine baru-baru ini melaporkan tentang seorang pebisnis Amerika, yang menderita mitral-valve prolapse akut yang membutuhkan operasi segera. Dia dikenakan biaya $ 200.000 oleh sebuah rumah sakit di wilayahnya, yang sangat jauh dari anggarannya. Rumah sakit lain di AS mengenakan biaya $ 40.000, sebelum akhirnya dia menemukan rumah sakit di New Delhi, India yang siap untuk melakukannya seharga $ 7.000. Singkatnya, dengan biaya penerbangan pulang pergi, beberapa malam akomodasi di sebuah hotel lokal untuk memulihkan diri, dia melihat potongan 95 persen dari biaya awal rumah sakit di AS. Tapi yang lebih penting, biaya tersebut bisa diatur dan dia bisa menyelesaikan prosedurnya.

 

Kekurangan wisata medis

Biaya biasanya merupakan alasan utama untuk memilih perawatan di luar negeri, jadi apa yang Anda korbankan untuk menghemat beberapa dolar? Berapa banyak yang Anda bersedia berikan untuk mendapatkan perawatan yang mampu Anda jangkau?

Apakah Anda akan bepergian sendiri atau membawa beberapa anggota keluarga atau teman dengan Anda? Tentu ini akan menambah biaya Anda, tapi apakah Anda ingin memulihkan diri di negara asing sendirian? Apakah keluarga Anda akan siap untuk membiarkan Anda sendiri? Kemungkinan Anda akan disarankan untuk tidak segera terbang setelah prosedur tersebut, jadi bersiaplah untuk menghabiskan banyak hari untuk terikat selama perawatan.

Mendapatkan perawatan di luar negeri - tidak peduli reputasi rumah sakit – selalu memerlukan terbang ke tempat yang mungkin tidak dikenal. Anda mungkin berbicara dengan dokter yang tidak dapat menjelaskan dengan lancar rincian prosedur sesuai pengertian atau pemahaman Anda. Anda mungkin bertanya-tanya apakah rumah sakit ini diatur dan dikelola dengan standar dan praktik yang sama dengan rumah sakit setempat Anda. Apakah ada alasan mengapa rumah sakit setempat di negara Anda mengenakan harga yang luar biasa tinggi jika dibandingkan dengan rumah sakit di negara tujuan Anda? Mungkin prosedurnya memang rumit?

Apakah Anda akan dilindungi oleh perusahaan asuransi Anda? Bisa jadi ada kemungkinan kecil bahwa premi Anda mungkin tidak mencakup prosedur yang dilakukan di luar negeri, jadi jelas, ini harus diperiksa terlebih dahulu. Anda barangkali membayangkan mereka akan mempertimbangkan jenis efektivitas biaya ini, tetapi mereka juga harus mempertimbangkan kemungkinan malpraktek atau kesalahan atas nama rumah sakit yang terlibat. Beberapa rumah sakit mungkin memiliki reputasi lemah dalam hal klaim malpraktek.

 

Jadi, sebelum memutuskan ingin melakukan perawatan di mana, sebaiknya hal-hal di atas perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu.