How To Beauty | BEAUTY | 8 months ago
Kesalahan Umum Yang Mungkin Anda Buat Saat Menggunakan Blow Dryer
Tujuh kesalahan penggunaan blow dryer yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada rambut Anda. 
23 February 2018 16:35
Text by Astri Suciati

Blow dryer adalah salah satu alat penata rambut yang sering kita gunakan secara teratur. Alat perawatan ini banyak digunakan oleh wanita dari berbagai kelompok umur di seluruh dunia.

Sering disebut sebagai alat styling utama, blow dryer tidak hanya bisa mengeringkan rambut Anda tapi juga membuatnya halus dan mudah diatur. Namun, seperti alat styling rambut lainnya, pengering rambut juga bisa menimbulkan malapetaka pada kesehatan dan penampilan rambut Anda jika tidak digunakan dengan cara yang benar.

Pakar perawatan rambut telah menemukan bahwa membuat kesalahan tertentu saat menggunakan blow dryer dapat merusak rambut Anda dan menyebabkan masalah seperti rapuh, bercabang dan penipisan rambut.

Jika Anda bertanya-tanya apa saja kesalahan tersebut, maka berikut tujuh kesalahan penggunaan blow dryer yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada rambut Anda. Untuk mendapatkan hasil pengeringan terbaik, sangat penting bahwa Anda tidak melakukan kebiasaan berikut ini.

 

Rambut Anda terlalu basah

Pakar perawatan rambut di seluruh dunia mendorong wanita untuk mengeringkan rambut mereka dengan sendirinya di udara terbuka sebelum menggunakan pengering rambut. Sebenarnya, dikatakan bahwa rambut Anda seharusnya sudah kering 80% sebelum Anda mengeringkannya dengan blow dryer. Hal ini akan menyebabkan berkurangnya paparan panas dan menjaga rambut dari kerontokan.

 

Anda melewatkan penggunaan heat protectant

Ini adalah kesalahan penggunaan blow dryer yang umum terjadi dimana mayoritas wanita melakukannya. Melewatkan pemakaian produk perlindungan terhadap panas sebelum mem-blow dry rambut Anda dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kulit kepala dan helaian rambut Anda. Untuk mencegah kerusakan, penting untuk menggunakan produk pelindung rambut yang sesuai dengan jenis rambut Anda.

 

Anda melakukannya ke arah yang salah

Mem-blow dry rambut ke arah yang salah adalah kesalahan lain yang dibuat kebanyakan wanita. Akibatnya, rambut mereka menjadi keriting mengembang dan tampak kasar. Untuk memastikan kehalusan maksimal, Anda harus mem-blow dry ujung rambut Anda ke arah bawah. Untuk mengeringkan akar rambut Anda, cobalah melakukannya ke arah yang berlawanan dengan arah biasanya rambut Anda jatuh.

 

Anda menggunakan pengaturan suhu yang salah

Semua pengering rambut dilengkapi dengan 3 pengaturan suhu yang berbeda yaitu dingin, rendah dan tinggi. Wanita dengan rambut tipis sebaiknya menggunakan pengaturan rendah. Di sisi lain, yang memiliki helai rambut tebal harus menggunakan pengaturan suhu tinggi. Jika tidak mengikuti aturan ini maka dapat menyebabkan tingkat paparan panas yang tinggi, sehingga menyebabkan kerusakan pada folikel rambut.

 

Anda tidak membagi rambut Anda

Satu lagi kesalahan umum yang dilakukan kebanyakan wanita saat mem-blow dry rambut mereka adalah bahwa mereka tidak membaginya. Tidak melakukannya, bisa menyebabkan rambut melayang dan membuat rambut Anda tampak kasar dan tidak dapat diatur. Bagilah rambut Anda menjadi beberapa bagian dan lakukan blow dry satu demi satu bagian untuk kehalusan maksimal.

 

Anda tidak menggunakan sisir

Hal ini dianggap sebagai kebiasaan yang baik untuk menyisir rambut Anda saat Anda mem-blow dry. Ini mungkin sedikit memakan waktu, namun ini akan membantu Anda mendapatkan rambut yang halus dan mudah diatur. Jadi, berhentilah membuat kesalahan saat menggunakan blow dryer ini agar rambut Anda tidak berubah menjadi rambut yang keriting mengembang dan berantakan.

 

Tidak menerapkan serum setelah melakukan blow dry

Terakhir, tidak menerapkan serum setelah mem-blow dry rambut adalah kesalahan umum lainnya yang dilakukan kebanyakan wanita. Hal ini sering menyebabkan helaian rambut melayang tak sedap dipandang yang bisa membuat rambut Anda tampak kasar dan tidak dapat diatur.