Training Tips | FITNESS | 1 year ago
Keuntungan Bersepeda: 10 Alasan Untuk Memulainya Sekarang
TERMOTIVASILAH DAN MULAI LIHAT KEUNTUNGAN DARI BERSEPEDA.
30 October 2017 14:41
Text by Webmaster

Sering bersepeda dapat mencegah penyakit apapun dari kanker payudara hingga pikun.


BERSEPEDA MEMBUAT ANDA AWET MUDA

Para peneliti dari King’s College London membandingkan lebih dari 2400 saudara kembar identik dan menemukan mereka yang bersepeda selama 45 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu terlihat sembilan tahun lebih muda secara biologis daripada saudaranya yang lebih banyak duduk. Ini terjadi bahkan setelah mengabaikan pengaruh lain seperti merokok dan indeks massa tubuh.


BERSEPEDA DAPAT MENURUNKAN ANGKA KEMATIAN

Kendarai sepeda Anda saat bekerja dan Anda dapat membantu diri sendiri untuk menambah umur beberapa tahun, menurut sebuah penelitian di University of Copenhagen. Terbukti bahwa mereka yang kerap menggunakan sepeda mengalami penurunan 28% dalam hal apapun yang menyebabkan kematian.

 

BERSEPEDA MENGURANGI RESIKO TERKENA DIABETES

Penelitian dari Finlandia menemukan, dengan menggunakan 14.000 orang sebagai data, bahwa mereka yang bersepeda lebih dari 30 menit perhari mengurangi resiko terkena penyakit diabetes tipe dua sebanyak 40%.

Bersepeda dapat menurunkan kemungkinan serangan jantung yang fatal. Hal ini secara yakin ditunjukkan dalam sebuah penelitian di Inggris, yang diikuti lebih dari 9000 pria berusia antara 45 dan 64 tahun, dan menemukan bahwa 474 pria mengalami serangan jantung selama masa studi, mereka yang bersepeda selama minimal satu jam seminggu lebih sedikit terkena penyakit koroner fatal dibandingkan yang tidak bersepeda.

Bersepeda telah terbukti dapat menstimulasi dan meningkatkan kesehatan jantung, paru-paru, dan pernafasan, yang dapat membantu menurunkan resiko terkena penyakit berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah.


BERSEPEDA DAPAT MENGURANGI TINGKAT STRES

Bersepeda (atau berjalan) jauh lebih baik bagi kesehatan mental Anda daripada berkendara menggunakan alat transportasi lainnya, menurut penelitian oleh ekonom kesehatan dari University of East Anglia’s Norwich Medical School. Setelah mengumpulkan data selama 18 tahun pada hampir 18.000 penumpang berusia 18 sampai 65, para peneliti menemukan, mereka yang berhenti menggunakan mobil untuk bekerja dan mulai bersepeda atau berjalan mengalami penurunan stres dan merasa lebih mudah untuk berkonsentrasi pada pekerjaan.


BERSEPEDA DAPAT MERUBAH PERASAAN TERHADAP DIRI SENDIRI

Peneliti di Inggris menggunakan orang yang tidak suka berolahraga untuk bersepeda empat hari dalam seminggu dan terkejut saat mengetahui bahwa mereka merasakan banyak manfaatnya. Bukan hanya menjadi lebih sehat dan langsing, tetapi para partisipan melaporkan beberapa perubahan sikap, termasuk peningkatan rasa percaya diri dan rasa sejahtera.


BERSEPEDA MENINGKATKAN INGATAN

Bersepeda setiap hari selama 30 menit dapat mempertajam kemampuan kognitif Anda, menurut sebuah penelitian di Journal of Clinical and Diagnostic Research. Para peneliti mengatakan bahwa melakukan aerobik dengan intensitas sedang tidak hanya membantu meningkatkan ingatan, tetapi juga meningkatkan kemampuan penalaran dan perencanaan. Setelah terbiasa melakukan aerobik, orang mampu menyelesaikan tes dengan waktu yang lebih cepat.


BERSEPEDA DAPAT MEMBANTU MELAWAN KANKER PAYUDARA

Peneliti dari Jerman yang mempelajari kaitan antara kanker payudara pada perempuan pre-menopause dan kegiatan fisik menemukan hubungan “respon dosis”, yang berarti bahwa jika perempuan meningkatkan kegiatan bersepeda, mereka mengurangi resiko terkena kanker payudara. Sebuah penelitian dari Kanada juga menemukan bukti bahwa aktifitas fisik mengurangi resiko terkena kanker payudara pada perempuan postmenepause.


BERSEPEDA DAPAT MELAWAN KANKER USUS BESAR

Masih membutuhkan alasan untuk bersepeda? Sebuah penelitian di Shanghai menemukan bahwa aktifitas fisik secara regular dan terus-menerus, seperti mengendarai sepeda untuk jangka waktu yang cukup lama, dapat membantu mencegah kanker usus besar.

Menurut para peneliti, orang yang melakukan aktifitas fisik selama perjalanan sehari-hari mengalami pengurangan resiko kanker usus hingga 61%, terlepas dari usia mereka.


BERSEPEDA BERARTI LEBIH SEDIKIT TERKENA POLUSI

Penelitian secara global menunjukkan bahwa orang yang bersepeda setidaknya dua atau tiga kali lebih tidak terpapar polusi daripada mereka yang bepergian menggunakan mobil atau bis. Dalam penelitian lokal, diterbitkan oleh Health Promotion Journal of Australia, peneliti melibatkan 44 orang pekerja di Sydney pusat selamat dua minggu dan menemukan tingkat polusi tertinggi didapat oleh mereka yang di dalam mobil daripada yang bersepeda di belakang mereka.