Training Tips | FITNESS | 10 months ago
Lakukan 4 Pose Yoga Ini Saat Anda Tidak Bisa Tidur
Bagaimana Anda bisa menutup mata dengan baik saat pikiran Anda tidak ingin beristirahat?
08 January 2018 15:14
Text by Astri Suciati

Tidur itu baik secara obyektif. Jadi mengapa banyak orang tidak mendapatkan cukup tidur? Sisa cemas dan stres di hari ini (atau ketakutan yang akan datang besok) dapat membuat kita tetap terjaga dan merenungkannya hingga larut malam. Dan keesokan paginya, kita menjadi kurang produktif, lebih mudah tersinggung, dan lebih stres. Dengan cepat ini bisa menjadi lingkaran setan, yang berdampak pada kesehatan fisik dan mental kita.

Jadi bagaimana Anda bisa menutup mata dengan baik saat pikiran Anda tidak ingin beristirahat?

Bagi pendiri Strala Yoga, Tara Stiles, bergerak melalui beberapa pose sederhana yang lambat membantunya melepaskan diri dari kekacauan aktivitas sehari-hari dan fokus pada tubuh dan napas. "Kita sibuk sepanjang hari dengan komputer dan layar, hingga menit terakhir, jadi ini cara yang bagus untuk kembali ke napas dan tubuh Anda."

Urutan yoga sebelum tidur yang dilakukannya ini, mencakup empat pose mudah yang dapat Anda lakukan dari tempat tidur Anda. Dirancang untuk membantu menurunkan ketegangan di punggung bawah dan pinggul. Dan sementara kelas studio mingguan Anda mungkin mendorong Anda untuk berfokus pada bentuk tubuh, gerakan Stiles ini adalah tentang membawa tubuh Anda ke tingkat yang terasa paling nyaman bagi Anda.

Nyamankan diri Anda. Semakin Anda menikmati gerakan Anda, semakin besar kemungkinan Anda mempertahankan gerakannya. Lakukan pose ini secara berurutan, tahan pose di setiap sisinya selama 30 detik, atau berapapun lamanya yang terasa pas untuk tubuh Anda.

 

Seated Meditation

Sukhasana

Duduklah dengan punggung lurus dan kaki bersila. Duduk dengan tegak untuk memanjangkan tubuh Anda, letakkan tangan di atas lutut dengan telapak tangan menghadap ke bawah. Tutup mata Anda dan hirup napas ke dalam perut Anda.

 

Seated Side Stretch

Parsva Sukhasana

Rentangkan kedua kaki di depan Anda dengan lebar. Lipat kaki kanan Anda hingga menyentuh pangkal paha. Letakkan lengan kiri Anda menyentuh tempat tidur, sehingga sejajar dengan kaki kiri Anda, dengan telapak tangan menghadap ke atas. Angkat lengan kanan Anda untuk meregangkan sisi kanan tubuh Anda. Ulangi di sisi kiri.

 

Pigeon

Kapotasana

Mulailah dengan posisi tabletop, letakkan tangan dan lutut di tempat tidur, selebar pinggul. Letakkan lutut kanan Anda di antara tangan Anda, dan geser kaki kanan Anda lebih dekat ke tangan kiri Anda. Lebarkan kaki kiri Anda sepenuhnya di belakang Anda sehingga lutut dan kaki kiri Anda menyentuh tempat tidur. Cobalah untuk mensejajarkan pinggul Anda, dan tariklah tubuh Anda dengan tegak untuk memanjangkan dan meregangkan.

 

Lying Down Twist

Natrajasana

Berbaringlah telentang dengan lengan terentang. Tekuk lutut dan angkat kaki ke pinggul. Perlahan-lahan putar kaki dan pinggul ke sisi kanan, sehingga lutut kanan menyentuh tempat tidur. Letakkan tangan kanan Anda di lutut kiri untuk meregangkan sisi kiri tubuh Anda. Ulangi di sisi sebaliknya.