Health Advice | HEALTH | 1 year ago
Lelah? 10 Cara Mencegah Kelelahan
Mencegah gejala gampang lelah, ini caranya.
07 September 2017 17:09
Text by Astri Suciati

Merasa lelah, letih, dan tertekan? Mungkin itu adalah kelelahan adrenal. Simtom ini biasanya muncul ketika fungsi kelenjar adrenal berada di tingkat bawah, dan umumnya terasosiasi dengan depresi berkepanjangan atau dapat meningkat setelah infeksi akut atau kronis, seperti flu, bronhitis, dan radang paru-paru.


Ketika Anda merasa ada gejala seperti itu, beberapa cara ini dapat dilakukan untuk menghentikannya.

Luangkan Waktu Untuk R&R

Luangkan waktu dari kesibukan Anda untuk bersantai. Ini sangat penting bagi kesehatan kelenjar adrenal. Meditasi dan yoga merupakan pilihan tepat yang mana telah dibuktikan dalam penelitian. Latihlah juga untuk mengontrol makanan.


Tidur Sedikit Lebih Lama

Pastikan bahwa Anda mendapat kualitas tidur yang cukup. Saat tertidurlah tubuh kita memperbaiki dan meremajakan. Tidur sebelum tengah malam sangat penting untuk kesehatan adrenal.


Magnesium adalah Teman Anda

Magnesium adalah salah satu nutrisi penting bagi adrenal. Magnesium membantu menenangkan dan mendukung sistem saraf, meningkatkan tidur, mengurangi tingkat sress, dan meningkatkan produksi enegi. Sumber makanan terbaik yang mengandung magnesium adalah kacang-kacangan, tahu, kacang-kacangan, biji-bijian, dedak gandum, dan sayuran berdaun hijau.


Maca Meningkatkan Energi

Maca adalah akar sayuran dari Peru yang telah digunakan selama ribuan tahun sebagai makanan bernutrisi. Makanan Peru ini dianggap sebagai ‘adaptogen’, karena ia meningkatkan energi dan membantu Anda menghadapi tuntutan tekanan dari hari ke hari. Maca mengandung vitamin B dan magnesium yang tinggi yang sangat penting dalam memproduksi energi. Bubuk Maca dapat ditambahkan ke smoothies, bola protein, atau ditaburkan di atas sereal.


Tingkatkan Vitamin C

Kelenjar adrenal menggunakan vitamin C untuk memproduksi hormon stress seperti cortisol. Ketika Anda stress, kelenjar adrenal mengkonsumsi lebih banyak vitamin C. Tingkatkan konsumsi vitamin C dengan memakan jeruk, kiwi, brokoli, tanaman berdaun hijau, tomat, dan papaya.


Perhatikan Asupan Kafein Anda

Berhati-hatilah pada sumber kafein lain seperti teh hitam, minuman bersoda, coklat, dan minuman berenergi. Teh hijau memiliki tingkatan kafein yang lebih rendah, tapi juga mengandung antioksidan yang menguntungkan bagi kesehatan.

Kafein menstimulus respon perlawanan dan penerbangan Anda, menstimulus produksi hormon stress bernama cortisol yang memberikan Anda dorongan sementara pada energy, namun juga dapat berkontribusi untuk tingkat kegelisahan dan insomnia bagi beberapa orang, dan lebih jauh lagi membuat adrenal lelah. Ganti kopi di pagi hari dengan teh herbal tanpa kafein. Licorice dan kemangi adalah the herbal yang baik untuk mendukung kesehatan adrenal.


Herbal Ayuverdic

Withania (Withania somnifera), juga dikenal sebagai Ashwagandha, merupakan herbal ayuverdic yang terkenal memiliki adaptogen yang efektif. Withania digunakan secara luas untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap tekanan dan menguatkan sistem imun. Withania membantu kesehatan adrenal dan menenangkan sistem saraf, membuatnya sangat bermanfaat untuk mengurangi kegelisahan pada orang yang mengalami stress, tegang, dan lelah. Ini juga membuat tidur Anda lebih berkualitas.


Cobalah Obat China

Ginseng Siberian sudah digunakan secara tradisional dalam obat China sebagai herbal adaptogenic untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari tekanan, bermanfaat saat sedang dalam tekanan fisik dan mental. Biasanya digunakan oleh ahli herbal untuk mengobati kelelahan adrenal, dan meningkatkan fungsi imun dan vitalitas.


Rhodiola Rosea untuk Mood

Rhodiola Rosea telah digunakan berabad-abad di Eropa sebagai herbal adaptogenic untuk mengurangi rasa lelah yang diakibatkan stress berkepanjangan. Rhodiola juga dapat membantu meningkatkan mood dan mengurangi tingkat stress. Para pakar menemukan bahwa Rhodiola memiliki efek antidepresan yang meningkatkan tingkat serotonin dan dopamin.


Pertimbangkan Vitamin B

Vitamin B sangat penting untuk menjaga kesehatan dan fungsi adrenal. Vitamin B adalah vitamin anti-stress Anda. Vitamin B membantu Anda mengatasi tekanan dengan cara yang lebih sehat, dan dibutuhkan untuk mendukung energi kesehatan. Makanan yang mengandung vitamin B adalah kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran berdaun hijau (folat), ayam, daging merah, ikan dan susu.