Training Tips | FITNESS | 11 months ago
Lepaskan Sepatu Anda Untuk Hasil Latihan Yang Lebih Baik
Selama berolahraga, kita memperhatikan sebagian besar bagian tubuh kita. Tapi, satu bagian tubuh yang luput dari perhatian adalah kaki kita.
13 December 2017 19:08
Text by Astri Suciati

Alasan untuk berkeringat di gym bisa jadi berbeda untuk tiap orang. Bagi beberapa orang, itu berarti meluruhkan lemak perut, ada pula untuk membangun massa otot dan bagi yang lainnya berarti mulai mengembalikan bentuk tubuh seperti semula. Selama berolahraga, kita memperhatikan sebagian besar bagian tubuh kita. Tapi, satu bagian tubuh yang luput dari perhatian adalah kaki kita.

Pencipta Men’s Health StreaFIT, BJ Gaddour, C.S.C.S., mengatakan, "Saat Anda melakukan latihan dengan posisi berdiri dan kaki Anda adalah basis dukungan Anda, apa yang mereka lakukan mempengaruhi seluruh hidup Anda. Jika tidak stabil, Anda akan mengalami masa yang lebih sulit saat melakukan latihan."



 

Efek iradiasi otot

Bila otot-otot Anda yang tidak bekerja benar-benar memberi dukungan pada otot Anda yang bekerja saat angkat beban dengan menahan tegangan, efek ini dikenal sebagai iradiasi otot, kata Gaddour.

Untuk memahaminya dengan lebih baik, Anda bisa mengepalkan tinju Anda dengan sangat keras. Saat kontraksi otot terjadi di tangan Anda, beberapa ketegangan juga terasa di sepanjang lengan sampai ke bahu. Inilah yang terjadi dengan kaki Anda saat angkat beban. Saat Anda meletakkan kaki Anda untuk digunakan menciptakan tekanan dengan tanah, tekanan tersebut akan menjalar ke tubuh untuk membantu otot yang ditargetkan.

 

Menciptakan dukungan

Jika Anda ingin menciptakan tekanan dan dukungan yang solid, jejakkan kaki Anda ke lantai, kata Gaddour. Anda harus menekan kaki Anda rata ke tanah dan gunakan otot kaki Anda untuk mencoba dan memutar kaki Anda satu sama lain seperti Anda mencoba meregangkan atau merobek lantai di antara keduanya.

 

Cengkeraman

Gaddour mengatakan, "Melakukan ini paling mudah dan paling efektif bila Anda memiliki kontak penuh antara kaki Anda dan lantai. Jika Anda memakai sepatu yang sangat empuk, ada lebih banyak jarak di antara kaki Anda dan tanah saat Anda berdiri yang bisa mengganggu tekanan yang Anda coba buat."

Namun, melepaskan sepatu Anda tidak bisa selalu menjadi pilihan. Ada kebijakan di gym, lantai yang dipenuhi kuman, dan terlihat aneh oleh sesama pengunjung gym yang bisa membuat Anda tidak nyaman dengan melepas sepatu. Dengan demikian, pilihan terbaik adalah memakai sepasang alas kaki minimalis.

Gaddour menyarankan agar Anda harus mencari sepatu yang memiliki bantalan minimal dan lengkungan yang mendukung di solnya dan zero drop, yang merupakan selisih jarak antara tumit dan ujung jari kaki Anda. Jika Anda terbiasa memakai sepatu berbantalan empuk, berikan kaki Anda beberapa saat untuk menyesuaikan diri dengan sepatu yang memiliki sedikit dukungan.

Mungkin perlu waktu bagi kaki Anda untuk menyesuaikan diri dengan versi sepatu Anda yang kurang empuk. Tapi, akhirnya saat kaki Anda dapat menyesuaikan diri, maka itu akan menghasilkan latihan yang jauh lebih baik.