Nutrition Tips | NUTRITION | 1 year ago
Makan Serat Dapat Mengurangi Lemak? Ini Faktanya!
 Kombinasikan beberapa jenis makanan yang mengandung serat larut dan tidak larut dan kamu akan dapatkan hasilnya
20 September 2017 18:14
Text by Webmaster

Perbanyak serat untuk mengurangi berat badan

Kamu bukan satu-satunya orang yang berusaha menurunkan berat badan. Menurut Charlene Grosse, juru bicara Asosisasi Ahli Gizi Australia, sekitar 63 persen dari masyarakat Australia mengalami kegemukan atau obesitas. Dominasi terjadinya kelebihan berat badan atau obesitas pada usia 18 tahun keatas terus meningkat. Untungnya, ada solusi yang bisa Kamu lakukan tanpa harus membatasi makanan atau berkutat dengan diet yang melelahkan. Cukup tingkatkan asupan serat dapat membuatmu merasa kenyang tanpa menambah berat badan.


Tips Memulainya

Kunci mengurangi berat badan dengan menkonsumsi serat adalah memilih jenis makanan yang tepat dibarengi dengan konsumsi air serta banyak bergerak. Konsumsi 30 gram serat setiap harinya dengan memilih makanan yang tinggi serat seperti buah, sayuran, roti gandum, sereal, pasta dan nasi. Kombinasikan beberapa jenis makanan yang mengandung serat larut dan tidak larut.


Apa Bedanya?

Apa sih pengaruhnya memilih serat dengan jenis yang berbeda? Mengkonsumsi serat larut terlalu banyak dapat menyebabkan sulit buang air besar sedangkan terlalu banyak asupan serat tidak larut dapat membuatmu terlalu sering buang air besar. Jadi penting sekali untuk tahu jenis serat apa yang Kamu konsumsi agar mendapat asupan yang seimbang.

Serat tidak larut memiliki efek pencahar yang membuatnya dapat menyerap air dan membantu melembutkan isi di dalam usus sehingga bagus untuk melancarkan pencernaan. Jenis makanan yang mengandung serat tidak larut adalah roti gndum, sereal, buah, sayur, kacang dan biji-bijian.

Serat larut dapat menstabilkan level gula darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Serat jenis ini juga membuat perut bekerja lebih lambat untuk mengosongkan isinya sehingga Kamu bisa merasa kenyang lebih lama setelah makan. Beberapa jenis makanan yang kaya akan serat larut adalah sayuran, buah, kacang kering, kacang-kacangan dan oats.


Serat yang Praktis Dibawa Kemanapun

Mengkonsumsi buah, satur dan gandum yang fresh memang lebih bagus, tapi bagaimana kalau Kamu tidak punya waktu bahkan untuk sekedar menggaruk kepalamu?


Bisakah Konsumsi Serat tanpa Memasaknya?

Kalau Kamu memang sangat sibuk, coba konsumsi beberapa jenis serat yang siap dikonsumsi seperti sayuran beku, suplemen serat seperti psyllium husk yang dapat ditambahkan ke dalam yogurt, dan kacang kaleng seperti buncis, kacang-kacangan dan kacang merah, yang bisa dicampurkan ke dalam kari atau saus bolonais.

Untuk hasil yang lebih maksimal, usahakan untuk selalu mengkonsumsi serat rendah kalori di setiap jam makanmu, misalnya kurangi makan daging dan perbanyak makan sayuran, atau tambahkan satu hingga dua sendok psyllium husk ke dalam smoothie atau jus buah sebelum berangkat kerja.