Training Tips | FITNESS | 10 months ago
Makanan Dan Waktu Makan Yang Tepat Untuk Membangun Otot
Jadwal latihan yang sempurna, bila dikombinasikan dengan nutrisi dan perubahan perilaku bisa membuat Anda mendapatkan hasil yang selalu Anda impikan.
14 December 2017 15:40
Text by Astri Suciati

Setiap orang yang ingin memiliki bentuk tubuh yang sempurna ingin mengetahui rahasia di balik memaksimalkan latihan untuk mendapatkan berat badan yang sehat secepat mungkin. Dan jika Anda adalah salah satu dari mereka, mari kita ungkap rahasianya.

Sementara diet Anda bisa sangat membantu dalam membangun kekuatan dan massa otot, beberapa penelitian percaya bahwa melakukan beberapa latihan dapat memberi dampak besar pada hasilnya.

 

Latihannya

Apa yang Anda makan sangat penting untuk membangun otot tapi kualitas latihan kekuatan memainkan peran kunci dalam membangun massa otot. Seperti yang direkomendasikan oleh The American College of Sports and Medicine, orang yang ingin membangun otot harus melakukan latihan kekuatan untuk semua kelompok otot utama setidaknya dua kali seminggu. Melakukan latihan kekuatan sangat penting karena membantu tubuh Anda terlihat lebih kencang setelah Anda kehilangan lemak berlebih. Yoga yang intensif, pilates atau berenang akan membantu Anda memiliki tubuh yang kencang dan lebih sehat.

 

Manfaat memiliki otot tanpa lemak

Memiliki otot yang ramping memiliki berbagai manfaat. Semakin banyak otot ramping yang Anda miliki, semakin mudah tubuh Anda akan membakar kalori. Memiliki massa otot yang lebih banyak meningkatkan metabolisme tubuh Anda, itulah sebabnya seorang pria yang memiliki berat badan sama seperti wanita akan makan lebih banyak daripada si wanita tersebut. Dia memiliki otot yang relatif lebih banyak, dia membakar lebih banyak kalori, bahkan saat berada pada posisi istirahat.

 

Protein

Mengonsumsi protein yang cukup adalah penting karena itu penting untuk hidup yang sehat. Protein merupakan salah satu nutrisi terpenting bagi tubuh manusia, setelah air. Jika tubuh Anda tidak menerima cukup protein, kesehatan tulang, fungsi otot, sistem kekebalan tubuh, semua akan berada dalam bahaya.

Dalam sebuah penelitian baru-baru ini, ditemukan bahwa memakan protein dalam jumlah yang tepat pada waktu yang tepat sangat penting tidak hanya untuk kesehatan secara umum tetapi juga untuk penambahan otot dan penurunan berat badan yang efektif. Asupan protein yang cukup saat menurunkan berat badan kemungkinan besar akan meminimalkan kehilangan otot dan memaksimalkan hilangnya lemak.

 

Berapa banyak protein?

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa sekitar 1,2 gram sampai 1,6 gram protein per kilogram berat badan akan membantu seseorang untuk mengurangi hilangnya otot dan tulang yang terkait dengan usia.

 

Sumber protein

Protein adalah nutrisi penting yang dapat ditemukan dalam berbagai macam makanan. Makanan laut, produk susu, daging, unggas dan telur merupakan sumber makanan yang kaya akan protein hewani. Untuk vegetarian bisa mendapatkan protein dari kacang-kacangan jenis polong, kedelai, sayuran dan biji-bijian.

 

Kapan harus makan

Konsumsilah makanan atau minuman yang sarat dengan protein sekitar 20 menit sebelum dan segera setelah olahraga latihan kekuatan Anda. Selain itu, Anda bisa mengulanginya setelah latihan kardiovaskular yang intens seperti bermain tenis atau kayak, atau bahkan setelah berjalan kaki yang lama.

Jika Anda mengonsumsi makanan kaya protein dengan karbohidrat dan nutrisi lainnya, Anda akan membangun massa otot dan memperkuatnya dengan efektif saat menggunakannya dalam olahraga.