Nutrition Tips | NUTRITION | 1 year ago
Makanan Mentah Dapat Membuat Anda Lebih Cantik
DARI JUS SAYURAN HINGGA ASINAN KUBIS, MERUBAH POLA MAKAN DAPAT MERUBAH PENAMPILAN ANDA.
25 October 2017 18:34
Text by Webmaster

Mineral adalah salah satu kunci untuk kecantikan dan secara luar biasa 95 persen dari kegiatan tubuh kita melibatkan mineral. Biokimia kita bergantung pada sumber-sumber mineral dan jika kita makan dengan benar, sangatlah mudah untuk memberikan tubuh asupan mineral yang dibutuhkan.


MINERAL KECANTIKAN YANG PALING PENTING ADALAH:

Silicon, yang memperkuat rambut, kuku dan kulit.

Seng, yang membantu membangun kembali kolagen dalam tubuh.

Besi, untuk meningkatkan sirkulasi, yang membantu warna kulit.

Magnesium dan kalsium, yang mendetoksifikasi dan membersihkan.

Tumbuh-tumbuhan hijau menyediakan semua mineral yang kita butuhkan untuk nutrisi dan untuk menggapai kecantikan yang luar biasa, dan selain itu juga memberikan vitamin dan asam amino  yang kita butuhkan untuk membangun protein.

Jika kita memasukan sayuran dalam jumlah banyak dan bervariasi pada pola makan, kita akan mendapatkan spektrum mineral yang dibutuhkan tubuh. Cara terbaik untuk menikmati sayuran adalah dengan dimakan mentah-mentah. Dimakan mentah-mentah karena beberapa cara memasak, seperti merebus, mengurangi kadar mineral dan vitamin dalam sayur. Bukan berarti kita harus 100%  memakannya mentah-mentah melainkan kita harus meningkatkan persentase konsumsi sayuran hijau mentah.

Tumbuh-tumbuhan hijau yang paling kaya akan kandungan mineral kecantikan adalah: arugula, mentimun, radicchio, bok choy, dandelion, selada romaine, brokoli, seledri, swiss chard, kale, selada air, sawi dan rumput gandum. Untuk tambahan, makanlah sayuran organik, karena mineral yang masuk ke tumbuhan melalui tanah organik memiliki kandungan mineral lebih tinggi dibanding tanah pertanian tradisional.


TIP 1: MINUMLAH MINUMAN SAYURAN SETIAP HARI

Cara paling ampuh untuk meningkatkan konsumsi mineral adalah dengan mengkonsumsi minuman yang mengandung sayuran setiap hari, dengan membuat jus buah yang dicampur sayuran misalnya. Minuman ini membuat Anda merasa ringan dan berenergi, dan yang pastinya meningkatkan penampilan dan membantu menurunkan kalori! Bahan pokok untuk membuat minuman ini adalah daun bayam, mentimun, seledri dan apel, tetapi cobalah untuk tetap menggunakan sayuran lokal dan yang sedang musim.


RESEP GLOWING GREEN SMOOTHIE

Bahan

1 ½ gelas air

1 kepala selada romaine organik, dipotong-potong

½ kepala bayam organic berukuran besar atau ¾ jika ukurannya kecil

3-4 tangkai seledri organik

1 buah apel organik, buang biji dan potong

1 buah pir organik, buang biji dan potong

1 buah pisang organik

Jus lemon organik ½

Opsional:

1/3 ikat ketumbar organik

1/3 ikat peterseli organik

Cara membuat

Masukkan air, selada romaine, dan bayam ke blender. Gunakan kecepatan rendah diawal dan tunggu hingga lembut.

Secara bertahap naikkan kecepatan, tambahkan seledri, apel, dan pir. Tambahkan ketumbar dan peterseli jika ingin. Tambahkan pisan dan jus lemon terakhir.


TIP 2: KONSUMSILAH SAYURAN MENTAH SEBELUM MAKAN.

Makanlah salad atau beberapa batang seledri sebelum Anda makan. Memulai makan dengan sayuran mentah akan meningkatkan asupan enzim kita. Enzim membantu kita mencerna makanan dan membuat kita merasa kenyang lebih cepat karena mereka mengandung banyak serat. Kita dapat memakannya dengan kuantitas yang banyak tanpa mencerna banyak kalori.


TIP 3: COBALAH MEMAKAN ASINAN KUBIS MENTAH

Hidangan ini menggunakan kubis mentah yang telah dipotong-potong dan didiamkan dalam wadah kaca kedap udara dengan temperatur ruangan yang pas selama beberapa hari. Hal ini membuat sajian tersebut kaya akan probiotik, enzim, dan mineral. Asinan kubis bermerek biasanya mengandung garam dan telah dipasteurisasi di temperature yang sangat tinggi hingga membuat manfaatnya hilang. Anda dapat membeli asinan kubis tradisional di toko makanan sehat namun juga Anda dapat membuatnya di rumah dengan mudah.


Resep asinan kubis mentah

Bahan

1 kubis hijau berukuran sedang, yang telah diiris

6 daun bagian luar yang besar ditarik ke samping, utuh

Bahan campuran cair air asin

4 gelas air

4 inci jahe, kupas dan parut

1 Tbs. pasta miso yang tidak dipasteurisasi

Cara membuat

Simpan kubis yang telah diiris dalam mangkuk berukuran besar. Campurkan cairan air asin ke dalam blender hingga lembut, dan tuangkan di atas kubis. Aduk dengan baik. Setelah selesai, masukkan ke dalam wadah kaca yang steril. Gunakan sendok kayu untuk memasukkannya. Sisakan ruangan kosong sekitar 2 inci agar saladnya memiliki ruangan untuk mengembang.

Lipat beberapa daun bagian luar tadi hingga padat, dan tempatkan mereka di atas campuran tadi untuk mengisi ruang yang 2 inci. Tutup wadah rapat-rapat. Simpan wadah di lemari dapur selama 5 hari.

Setelah 5 hari, buang daun penutup tadi. Pindahkan wadah ke kulkas (yang akan memperlambat proses fermentasi). Jika ada gelembung maka itu adalah hal baik karena probiotik sehat muncul.

Penyajian harian yang disarankan: setidaknya ½ gelas di malam hari, dan juga saat makan siang, jika memungkinkan.