Nutrition Tips | NUTRITION | 1 year ago
Makanan Segar Vs Makanan Beku: Mana Yang Terbaik?
PENELITIAN BARU MENYEBUTKAN MAKANAN BEKU SAMA BERNUTRISINYA DENGAN MAKANAN SEGAR.
20 October 2017 21:51
Text by Webmaster

Apakah Anda penyuka makanan beku? Apakah Anda melewati lorong freezer di supermarket karena Anda berpikir buah dan sayuran beku kurang segar?

Penelitian baru dari Inggris telah menemukan bahwa, dalam banyak kasus, makanan beku sama bernutrisinya dengan makanan segar, dan dalam beberapa kasus bahkan dapat berisi lebih banyak nutrisi.

Dua studi dari University of Chester and Leatherhead Food Research menemukan bahwa 66% kasus, buah dan sayuran beku mengandung lebih banyak antioksidan seperti vitamin C, polifenol, beta karoten dan lutein dibandingkan dengan buah dan sayur segar yang sudah disimpan di lemari es selama tiga hari. Antioksidan tidak hanya membantu menjaga sistem kekebalan tubuh kita, tetapi juga membantu melawan penyakit seperti penyakit jantung dan kanker.

Dr. Rachel Burch dari Leatherhead Food Research mengatakan bahwa ini membuktikan bahwa makanan beku dapat dibandingkan nutrisinya dengan makanan segar. “Kita harus mengabaikan opini yang keliru bahwa makanan segar selalu lebih baik bagi kita daripada makanan beku,” tambahnya.

Natasha Murray of the Dietitians Association of Australia menyetujuinya. “ Beberapa buah dan sayuran segar membutuhkan beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu untuk dikirim dari perkebunan ke pasar, di mana mereka bisa didiamkan berhari-hari. Selama didiamkan, banyak nutrisi yang terbuang. Buah dan sayuran beku langsung dibekukan setelah dipanen, di mana nutrisinya terkunci.”

Sementara buah dan sayur musiman yang dipetik dari kebun dan dekat dengan pasar di mana sayur dan buah akan dijual akan memiliki tingkat nutrisi paling tinggi. Murray berkata bahwa ini bukan pilihan bagi semua orang. Maka dari itu makanan beku merupakan alternatif terbaik.

“Banyak orang Australia berjuang untuk memenuhi saran dengan mengkonsumsi dua buah dan lima sayuran perhari, dan pilihan makanan beku dapat membantu meningkatkan asupan itu,” katanya. “Buah dan sayuran beku juga bisa menjadi menguntungkan ketika Anda ingin membuat sesuatu yang menggunakan bahan musiman, misalnya berry sorbet di musim dingin.”

Apakah makanan Anda segar atau beku, Murray mengatakan bahwa bagaimana Anda memasak sangat penting untuk mempertahankan nutrisi. “Beberapa vitamin sensitif terhadap panas atau air. Mengolah sayur dengan dimasukkan dalam microwave berarti air yang digunakan harus sedikit dan makananya dimasak dengan waktu yang sebentar. Dengan begitu sayurannya mempertahankan lebih banyak nutrisi dibandingkan dengan direbus dalam waktu yang lama.”


BUAH ATAU SAYUR BEKU MANA YANG PALING BAIK UNTUK DIKONSUMSI?

  • BROKOLI

Brokoli beku mengandung vitamin C dan lutein yang tinggi dan empat kali lebih banyak betakarotin.

  • WORTEL

Wortel beku mengandung tiga kali lebih banyak lutein, dua kali lebih banyak betakarotin, dan lebih banyak vitamin C dibanding wortel segar.

  • BLUEBERRY

Blueberry beku mengandung lebih banyak vitamin C, polifenolm dan antokianin.

  • KACANG POLONG DAN JAGUNG MANIS

Tidak ada perbedaan yang signifikan antara yang beku dan segar.