Nutrition Tips | NUTRITION | 1 year ago
Makanan Untuk Mengatasi Kemarahan, Rasa Takut Dan Kecemasan
Pernah bertanya-tanya mana makanan yang terbaik untuk mengurangi kemarahan? Membebaskan rasa terkekang? Memerangi kegelisahan dan kesedihan?
03 November 2017 13:11
Text by Astri Suciati

Chef Prancis Joël Robuchon, yang terus memegang bintang Michelin paling banyak dari koki manapun di dunia, paling dikenal karena restoran fine dining-nya yang menyajikan masakan klasik mewah (dan banyak foie gras).

Bersama Dr. Nadia Volf, ahli neurofarmakologi dan ahli akupunktur, Robuchon telah merilis buku Food & Life, sebuah dedikasi terhadap makanan utuh dan kebaikan nutrisinya untuk kesehatan mental dan fisik. Robuchon menciptakan resep dalam buku ini, yang ditujukan untuk semua musim dan tahapan dalam hidup, sementara Dr. Volf menjelaskan manfaat kesehatannya.

Pernah bertanya-tanya mana makanan yang terbaik untuk mengurangi kemarahan? Membebaskan rasa terkekang? Memerangi kegelisahan dan kesedihan? Dirangkum dari buku Food & Life, Robuchon dan Dr. Volf mengatur hal-hal berikut.

 

Makanan yang membantu mengurangi kemarahan

  •         Hewan laut dari jenis moluska seperti tiram, kerang, remis, siput
  •         Biji-bijian, gandum, beras ketan
  •         Sayuran (adas, seledri - juga berguna untuk tekanan darah tinggi, kubis ungu)
  •         Buah berry seperti blackberry dan blueberry
  •         Kacang kedelai hitam, kacang hijau, kemiri, hazelnut dan kelapa
  •         Jenis ikan tertentu (ikan mas, gurame, tawes, belut air tawar, ikan sarden, herring, ikan teri)
  •         Putih telur (bisa ditambahkan ke dalam sup)
  •         Biji wijen hitam, biji bunga matahari dan biji rami (flaxseed)

 

Makanan untuk melawan kecemasan dan kesedihan

  •         Lobak, akar teratai, wortel
  •         Jenis buah-buahan tertentu (jeruk, pir - terutama buah pir Asia, kesemek)
  •         Kacang almond, kacang pinus, kacang putih, jewawut
  •         Ikan trout, ikan mas, gurame, tawes, ikan kakap putih

 

Makanan untuk melawan ketakutan

  •         Beberapa jenis sayuran (zucchini, andewi), jamur, rumput laut
  •         Jenis buah-buahan tertentu (chestnut, melon, semangka, buah-buahan tropis)
  •         Kacang polong, kacang hitam, kacang tolo
  •         Kerang, remis, jenis ikan tertentu (ikan lele, hiu, kerapu)
  •         Biji wijen

 

Makanan untuk melawan kedinginan, pilek, masuk angin atau mengatasi rasa sakit

Misalnya untuk mengatasi kram menstruasi:

  •         Sayuran beraroma kuat (bawang putih, bawang merah, bawang bombay, daun bawang)
  •         Ramuan herbal aromatik
  •         Peterseli, kucai
  • Jenis buah tertentu (plum, ceri)