How To Beauty | BEAUTY | 2 months ago
Manfaat Dan Risiko Bedah Plastik
Bedah kosmetik, seperti semua jenis operasi, bukan tanpa risiko. Prosedur operasi plastik dapat mengakibatkan komplikasi mulai dari hasil akhir yang tidak menarik atau tidak alami hingga meninggalkan bekas luka atau bahkan kematian.
06 September 2018 17:46
Text by Astri Suciati

Akhir-akhir ini muncul challenge baru yang viral di dunia maya, yaitu mengedit foto di Instagram menyerupai wajah seorang seleb paranormal yang baru saja melakukan operasi plastik di mana ia mengubah bentuk wajah dan terutama dagunya menjadi lebih lancip, yang pada akhirnya mengubah tampilan keseluruhan wajahnya menjadi berbeda. Terlepas dari alasan mengapa ia melakukannya hingga menimbulkan challenge yang menggelikan tersebut, ada satu hal yang patut dicermati, yaitu mengenai operasi plastik itu sendiri.  

Bedah kosmetik, seperti semua jenis operasi, bukan tanpa risiko. Prosedur operasi plastik dapat mengakibatkan komplikasi mulai dari hasil akhir yang tidak menarik atau tidak alami hingga meninggalkan bekas luka atau bahkan kematian.

Banyak orang keliru menganggap prosedur elektif (opsional), seperti bedah kosmetik, tidak seserius jenis operasi lainnya. Tetapi semua operasi, bahkan prosedur gigi yang sederhana, dapat menghadirkan kemungkinan komplikasi serius. Selain risiko umum pembedahan, selalu ada kemungkinan timbulnya masalah karena anestesi.

Dalam beberapa hal, bedah kosmetik bisa lebih menantang daripada operasi standar lainnya jika pasien tidak mentoleransi operasi dengan baik. Banyak dari prosedur ini dilakukan di pusat-pusat operasi atau di ruang operasi di kantor dokter. Bagi kebanyakan pasien, ini bukan masalah serius. Untuk pasien yang menjadi sakit kritis selama operasi, berada di fasilitas dengan ICU dan peralatan yang banyak untuk pasien yang sangat sakit dapat membuat perbedaan yang luar biasa dalam hasilnya.

Jika Anda mempertimbangkan operasi plastik sebagai cara untuk meningkatkan penampilan Anda, penting untuk meneliti manfaat dan risiko dari prosedur yang Anda inginkan secara menyeluruh. Di sini, kami secara singkat menjelaskan beberapa aspek pembedahan yang lebih umum untuk membantu memberi Anda gambaran tentang apa yang diharapkan. Untuk rincian spesifik tentang prosedur pilihan Anda, cara yang paling dapat diandalkan untuk mendapatkan informasi yang dapat dipercaya adalah dengan menjadwalkan konsultasi dengan ahli bedah plastik yang terampil.


 

Manfaat dasar

Ada begitu banyak manfaat untuk menjalani operasi plastik, asalkan dilakukan oleh seorang ahli bedah yang sangat terampil. Operasi plastik dapat mengembalikan keseimbangan, meningkatkan proporsi, dan menciptakan simetri. Prosedur pembentukan tubuh seperti sedot lemak dan tummy tuck dapat membantu Anda mendapatkan kontur yang lebih muda. Meningkatkan penampilan wajah Anda melalui facelift atau eyelid lift dapat merevitalisasi tampilan Anda dan memberi Anda dorongan kepercayaan diri. Prosedur Med Spa seperti pelapisan ulang permukaan kulit dengan laser atau Restylane® dapat membantu mengatasi penuaan dan kerusakan wajah akibat sinar matahari.

Secara umum, hasil fisik dari operasi plastik dapat memiliki efek yang sangat positif pada citra diri Anda, yang dapat diterjemahkan menjadi manfaat seperti peningkatan energi, peningkatan keterampilan sosial, dan lebih banyak tersenyum! Operasi plastik juga merupakan sarana luar biasa yang dapat digunakan untuk membantu pasien dengan kelainan fisik. Dalam beberapa kasus, operasi plastik dapat memiliki manfaat kesehatan juga, misalnya ketika pengurangan ukuran payudara dilakukan untuk meminimalkan nyeri punggung.


 

Risiko yang perlu dipertimbangkan

The American Society for Aesthetic Plastic Surgery merilis statistik ini setelah survei ekstensif terhadap lebih dari 400.000 fasilitas terakreditasi:

Kurang dari setengah dari 1 persen pasien operasi plastik mengalami komplikasi serius.

Karena tubuh setiap orang berbeda, kebutuhan operasi plastik mereka juga bisa sangat bervariasi. Jika Anda memilih ahli bedah plastik yang selaras dengan tujuan perbaikan tubuh Anda, sangat berpengalaman, dan memberikan prosedur yang benar-benar sesuai kehendak, Anda meningkatkan kemungkinan mendapatkan hasil yang Anda inginkan dan meminimalkan risiko Anda. Ingatlah untuk memilih ahli bedah bersertifikat dan pastikan fasilitas tersebut terakreditasi penuh.

Seperti halnya jenis operasi apa pun, ada risiko yang harus Anda waspadai. Risiko operasi plastik termasuk nekrosis (kematian jaringan kulit), infeksi, hematoma (penumpukan darah di luar pembuluh darah), asimetri, penyembuhan yang lambat, mati rasa / kesemutan, lesung / kerutan pada kulit, pembekuan darah, komplikasi anestesi, seroma (penumpukan cairan limfatik di sekitar lokasi luka), dan kerusakan saraf. Dokter bedah Anda akan mendiskusikan semua risiko potensial dengan Anda selama kunjungan Anda dan memberi tahu Anda apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan hasil operasi Anda. Jika Anda memiliki kondisi tertentu yang dapat meningkatkan risiko Anda (seperti riwayat kanker, masalah jantung, atau berat badan berlebih), dokter bedah Anda mungkin menyarankan Anda memilih opsi kosmetik lain.

 

Mengurangi risiko bedah kosmetik

Seperti halnya operasi apa pun, pasien memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko komplikasi. Cara terbaik untuk mengurangi risiko terhadap hasil yang buruk adalah memilih ahli bedah yang melakukan prosedur dengan bijaksana. Perubahan gaya hidup, seperti berhenti merokok, sangat penting sebelum operasi, karena non perokok lebih cepat sembuh dan memiliki lebih sedikit bekas luka. Beberapa ahli bedah plastik tidak akan melakukan operasi pada pasien yang saat ini aktif merokok karena hasil akhirnya mungkin tidak sebaik pasien yang tidak merokok. Selain itu, makan makanan yang sehat sebelum dan sesudah prosedur dapat mempercepat penyembuhan dan memperbaiki penutupan luka, yang juga meminimalkan jaringan parut atau bekas luka.


Yang terpenting adalah, syukuri apa pun dan bagaimana pun bentuk wajah dan tubuh Anda, karena setiap manusia diciptakan berbeda dan itulah yang membuat kita semua unik. Kecuali Anda memiliki gangguan yang menyebabkan sakit atau rasa tidak nyaman yang membuat beberapa anggota tubuh atau wajah Anda harus dipermak, sebaiknya jangan pernah mengubah sesuatu apa pun dari fisik Anda hanya untuk tampil seperti orang lain atau terlihat lebih bagus versi superstar. Bagaimana pun Anda mengubah fisik Anda, gen di dalam diri Anda tetap sama, artinya keturunan Anda akan memiliki bentuk wajah dan tubuh yang sama seperti Anda yang asli, tak peduli berapa kali Anda melakukan operasi plastik.