Nutrition Tips | NUTRITION | 10 months ago
Manfaat Makan Mentimun Tanpa Dikupas Yang Tidak Anda Sadari
Saat Anda mengupas kulit mentimun dan membuangnya, maka Anda juga membuang banyak nutrisi penting.
19 December 2017 17:03
Text by Astri Suciati

Bagi banyak orang, adalah hal yang biasa untuk makan mentimun setelah mengupasnya. Wajar, mengingat banyak tempat yang dilalui sayuran ini sebelum mencapai toko swalayan atau pasar. Apalagi, mencuci sayuran seperti biasa sebelum dikonsumsi tidak menjamin keamanan. Tapi, saat Anda dengan senang hati mengupas kulit mentimun dan membuangnya, maka Anda juga membuang banyak nutrisi penting.

 

Sumber serat yang sangat bagus

Kulit mentimun kaya akan serat yang tidak larut, sejenis serat yang membersihkan seluruh saluran pencernaan dan menghasilkan feses dalam jumlah besar. Ini juga membantu mengurangi sembelit dan merupakan faktor penting dalam menjaga sistem pencernaan seseorang tetap teratur. Diet sehat terdiri dari 25 g serat total setiap hari, dan pria membutuhkan sekitar 38 g serat. Bagian lunak di dalam mentimun mengandung serat larut, yang merupakan jenis serat lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh, yang membantu dalam pelunakan tinja.

 

Banyak vitamin K

Vitamin K membantu dalam pembentukan gumpalan darah dan kandungan utama vitamin K dalam mentimun ada di kulitnya. Hanya secangkir mentimun dengan kulitnya memiliki sekitar 49 mikrogram vitamin K, sementara mentimun yang dikupas memiliki sekitar 9 mikrogram vitamin K.

 

Rendah kalori

Mentimun dapat dikonsumsi sebagai camilan tanpa Anda merasa bersalah karena secara alami mereka rendah kalori. Setiap irisan mentimun memiliki sekitar 1 sampai 2 kalori. Anda dapat menikmati beberapa irisan mentimun segar yang tidak dikupas di sore hari sehingga Anda dapat mengisi bahan bakar untuk tubuh tanpa benar-benar merusak diet Anda.

 

Bagus untuk penglihatan

Kulit mentimun merupakan sumber tersembunyi beta karoten, yang merupakan jenis vitamin A. Nutrisi ini dikenal dengan efek yang bermanfaat untuk mata. Vitamin A hadir dalam berbagai senyawa dan beta karoten ditemukan dalam konsentrasi tertinggi pada kulit mentimun. Menurut Office of Dietary Supplements, Wanita perlu mengonsumsi sekitar 2.310 IU vitamin A dan pria membutuhkan sekitar 3.000 IU. 1,2 cangkir sajian irisan mentimun dengan kulitnya bisa menyediakan sekitar 55 IU vitamin A total, yang setengahnya adalah beta karoten.

 

Jadi, mulai hari ini, pastikan Anda tidak mengupas mentimun sebelum memakannya. Tapi, jangan lupa untuk mencucinya dengan saksama.