Wellbeing | WELLBEING | 6 months ago
Marie Kondo: Obsesi Dan Fantasi Tentang Kerapian
Marie Kondo tidak hanya menjual tips merapikan barang-barang. Dia menjual fantasi sempurna atas kontrol terhadap isi rumah. Dengan bukunya yang laris dan serial Netflix barunya yang sedang hits, Kondo berbicara tentang mengapa 2019 adalah tahun untuk beres-beres. Siapa sesungguhnya Marie Kondo ini?
25 January 2019 19:02
Text by Astri Suciati


Januari biasanya adalah waktu untuk beberes, mengatur segala hal yang berantakan di dalam rumah, seiring dengan resolusi Tahun Baru. Namun kegiatan membereskan dan merapikan barang-barang di rumah seringkali menjadi sesuatu yang berat dan melelahkan karena menghabiskan waktu yang tidak sebentar. Kemudian muncullah sosok wanita asal Jepang bernama Marie Kondo yang saat ini sedang begitu populer terutama di Amerika Serikat dan Eropa. Bahkan selebriti seperti Jennifer Garner pun menginginkan Kondo untuk mengatur rumahnya. Jadi siapa dia? Marie Kondo adalah konsultan beres-beres rumah. Yah, agak mirip salah satu layanan bersih-bersih rumah dari aplikasi online hanya saja lebih berkelas dan eksklusif, dengan metode yang ia perkenalkan yaitu KonMari.

Jika suatu barang itu tidak memicu kegembiraan, maka singkirkanlah. Itulah metode Marie Kondo - teknik yang sekarang universal di mana pakar beres-beres Jepang mengajarkan orang-orang di seluruh dunia untuk membersihkan rumah mereka dari kekacauan dan dengan demikian, membebaskan diri dari beban akibat kelebihan barang-barang. Buku terlaris Kondo, The Life-Changing Magic of Tidying Up (diterbitkan pada tahun 2014), memotivasi orang di seluruh dunia untuk menjalani kehidupan yang lebih bijaksana dan penuh perhatian dengan cara membersihkan rumah mereka dari hal-hal yang tidak memicu kebahagiaan. Inilah metode KonMari, yang berfokus pada pengaturan rumah Anda berdasarkan kategori barang bukan berdasarkan ruang khusus. Kategori-kategori tersebut adalah: pakaian, buku, dokumen kertas, barang-barang sentimental, dan “Komono” (beraneka macam jenis barang lainnya yang tidak termasuk kategori). Kondo mungkin menjadi selebritas pertama di bidang pengorganisasian isi rumah, dan dia telah menularkan metodenya lebih jauh dengan serial Netflix barunya, Tidying Up with Marie Kondo yang mengudara sejak 1 Januari 2019.

"I'm so excited because I love mess."

Marie Kondo mulai bekerja sebagai tukang beres-beres profesional di Jepang pada usia 19, ketika dia mulai merapikan rumah teman-temannya untuk mendapatkan uang saku tambahan. “Merapikan adalah bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan saya sehari-hari,” tulisnya dalam buku pertamanya, The Life-Changing Magic of Tidying Up, “sehingga baru pada hari saya memulai bisnis sendiri saya menyadari bahwa itu bisa menjadi profesi saya.” Dia sangat sukses hingga pada akhirnya daftar tunggunya berisi cukup banyak nama untuk mengisi enam bulan kerja, dan dalam beberapa tahun, ia menjadi selebriti di Jepang. Setelah dia menulis The Life-Changing Magic, dia melanjutkan dengan menulis buku pendamping, Spark Joy, plus diikuti adaptasi manga dan sebuah jurnal.




Metode KonMari pada dasarnya memiliki dua bagian: membuang dan menyortir.

Pertama yang dibuang. Anda mengumpulkan semua milik Anda dalam kategori tertentu - pakaian, buku, kertas, dan sebagainya - dan Anda menumpuknya di tumpukan besar di lantai. Anda menatap segunung barang tersebut dan Anda merasa, jauh di dalam jiwa Anda, betapa banyak barang yang Anda miliki dan betapa tidak perlunya sebagian besar barang-barang itu.

Anda mengambil setiap barang dan Anda bertanya pada diri sendiri: Apakah ini memicu kegembiraan dalam hidup saya? Jika ya, kata Kondo, Anda akan tahu. Akan ada reaksi fisik di tubuh Anda, sebuah perasaan yang dijelaskan Kondo di acaranya dengan mengarahkan satu jari ke udara, mengangkat satu kaki ke belakang, dan berseru, "Ting!"

Jika item tersebut memicu kegembiraan, Anda dapat menyimpannya. Jika tidak, Anda diinstruksikan untuk berterima kasih atas semua yang telah dibawanya ke dalam hidup Anda - bahkan jika itu hanya mengajarkan Anda bahwa Anda tidak benar-benar menyukai barang-barang seperti itu - dan kemudian Anda membuangnya.

Setelah Anda menyingkirkan semua kelebihan barang-barang, Anda dapat menyimpan apa yang tersisa. Kondo merekomendasikan untuk melakukannya dengan penuh keseriusan, dengan memperhatikan apa yang cocok dengan barang-barang Anda dan apa yang cocok dengan rumah Anda.

Cara kerja wanita mungil yang murah senyum ini yaitu memasuki rumah keluarga yang penuh sesak dan berantakan di seluruh penjuru negeri, membawa kepekaan positif dan pendekatan spiritualnya untuk mengatasi masalah kekacauan tersebut. Tidak ada sikap mempermalukan, tidak ada keterkejutan berlebihan, tidak ada reaksi seperti "bagaimana bisa Anda hidup seperti ini" dari Kondo – ia datang dengan penuh kasih sayang dan pengertian, sebuah pertanda yang baik untuk metode uniknya. 

Dia mulai dengan meminta klien untuk “menyapa rumah” bersama dia – Kondo, duduk di lantai, mata terpejam dalam keheningan, untuk merasakan kehadirannya saat dia membersihkan rumah. Kemudian, ia mulai menangani setiap kategori kekacauan, membuat klien benar-benar mengangkut semuanya dari masing-masing ruangan, memisahkan barang-barang yang akan disimpan klien (barang-barang yang memicu kegembiraan), dan yang akan mereka singkirkan. Ketika seseorang memutuskan untuk melepaskan suatu barang, Kondo mendorong pemiliknya untuk berterima kasih atas jasa barang tersebut sebelum memberikan atau menyumbangkannya. Marie Kondo dapat menginspirasi bahkan pemilik rumah paling rapi sekalipun untuk menilai kembali barang-barang pribadi mereka dan berusaha menuju kehidupan dan pikiran yang lebih bermakna, bersih, dan terorganisir.




Ia bahkan memiliki lini peralatan rumah tangga sendiri berupa kotak penyimpanan dengan harga mulai $89 untuk satu set yang laris terjual. Sementara dalam The Life-Changing Magic menyatakan bahwa para pengikut KonMari tidak harus membeli kontainer baru untuk penyimpanan tetapi cukup menggunakan apa pun yang mereka miliki di rumah, Kondo mengatakan dia kemudian menyadari bahwa bahan kemasan buatan AS tidak pada tingkat yang sama dengan kemasan buatan Jepang, itulah sebabnya dia memulai lini produknya sendiri. Kotak seharga $89-nya secara estetis menyenangkan karena kotak sepatu dengan ukuran dan bahan yang sama tidak terlihat menyenangkan seperti itu, yang berarti bahwa produknya itu dapat memicu lebih banyak kegembiraan daripada kotak sepatu. Mungkin itulah sebabnya mereka terjual habis.

Untuk keperluan mereknya, yang penting adalah sedikit keberhasilan dari metodenya dan lebih banyak fantasi yang dia jual: fantasi tentang laci yang sempurna, dengan barisan kemeja dalam urutan yang teratur dan indah. Sebuah kehidupan yang rapi, dan sebuah dunia di bawah kendali yang sempurna.