How To Beauty | BEAUTY | 1 month ago
Mencuci Wajah Dengan Sparkling Water Ala Wanita Korea
Wanita Korea yakin bahwa mencuci wajah mereka dengan sparkling water memberi mereka kulit terbaik yang pernah ada.
03 October 2018 17:17
Text by Astri Suciati



Wanita Korea yakin bahwa mencuci wajah mereka dengan sparkling water memberi mereka kulit terbaik yang pernah ada.

Jika Anda sudah mencoba micellar water atau cleansing balm yang mahal namun tanpa hasil, tip perawatan kulit terbaru dari para blogger di media sosial ini mungkin adalah jawaban yang Anda cari.

Beberapa seleb media sosial saat ini yakin cara terbaik untuk mendapatkan kulit terbaik Anda adalah dengan menggunakan air biasa.

Tetapi jangan hanya menggunakan air biasa karena cara terbaik untuk mendapatkan wajah yang tampak luar biasa adalah dengan menggunakan sparkling water.

Wanita Jepang dan Korea terobsesi dengan cara praktis pembersihan wajah ini dan sekarang Anda dapat mencobanya juga.

Alicia Yoon dari situs kecantikan Korea Peach & Lily, menjelaskan: "Beberapa spa telah menggunakan air berkarbonasi untuk merawat kulit.”

Kadang-kadang caranya adalah dengan merendam wajah di air ini, atau ahli estetika mungkin merekomendasikan merendam kapas dengan air mineral berkarbonasi dan menyekanya ke kulit dengan menepuk-nepuk lembut (bukan menggosok) setelah pembersihan.


Image result for washing face with sparkling water


Maksudnya adalah bahwa alih-alih menggunakan hanya air mineral biasa, mereka juga menggunakan air berkarbonasi, menciptakan perawatan yang bahkan lebih bernutrisi dan bermanfaat.

Sparkling water tidak hanya "membantu menjaga sel-sel di antara serat kolagen yang kuat", tetapi juga membantu "kekencangan dan kekenyalan kulit secara keseluruhan," tambah Alicia.

Umumnya dikenal sebagai 'fizzy water facial' atau 'fizzy facial cleanse', sparkling water lebih baik untuk kulit karena memiliki pH yang lebih rendah dari air keran biasa.

Air ini juga membantu membersihkan pori-pori tanpa bersifat terlalu keras, dan meningkatkan manfaat produk perawatan kulit Anda yang lain.

Selain juga menyingkirkan kotoran dan debu dari kulit, gelembung-gelembung di dalam air ini memberikan oksigen ke lapisan pelindung kulit, yang dapat meredakan dan mengurangi area yang bengkak agar terlihat lebih halus dan lebih kenyal.

Dokter kulit yang berbasis di Miami, Roberta Del Campo, menjelaskan: "Saya adalah pendukung sejati tren baru ini, tidak hanya sebagai dermatolog tetapi juga sebagai seseorang yang telah menerapkan ini ke dalam rutinitas perawatan kulit saya. Air yang mengandung gelembung memiliki pH sedikit asam 5.5, yang secara kebetulan adalah pH yang sama dengan kulit kita. Di sisi lain, air keran memiliki pH 7, yang dapat mengganggu lapisan terluar kulit, yang menyebabkan kekeringan dan iritasi."

Sparkling water juga berfungsi sebagai vasodilator, yang dapat meningkatkan suplai darah ke kulit Anda dan menghasilkan kulit yang lebih sehat, lebih cerah, dan lebih merona.

Sebelum Anda menimbun persediaan sparkling water, dokter kulit kosmetik berbasis di NYC, Dendy Engelman, M.D. merekomendasikan untuk menggunakan mesin pembuat air soda.


Image result for sparkling water makerImage result for sparkling water maker


Dr. Engelman menjelaskan: "Ini adalah cara yang lebih ramah lingkungan untuk mendapatkan air berkarbonasi, karena Anda tidak harus terus membeli botol-botol minuman tersebut.

Dan CO2 yang ditambahkan ke dalam air langsung menurunkan tingkat pH-nya, membuatnya lebih ramah terhadap kulit."

Meskipun siapapun dapat mencuci muka dengan sparkling water, Del Campo mengatakan mungkin butuh waktu bagi mereka yang memiliki kulit sangat sensitif untuk menyesuaikan diri dengan cara ini.

Dia menjelaskan: "Untuk beberapa individu dengan kulit yang sangat sensitif, kulit akan perlu menyesuaikan dari waktu ke waktu dan oleh karena itu, mungkin ada iritasi awal jika digunakan setiap hari."

Bagi mereka yang ingin memulai, cukup beralih dari air keran biasa ke sparkling water - dan oleskan di wajah Anda dengan kapas atau cuci muka dengan air tersebut.