Nutrition Tips | NUTRITION | 1 year ago
Mengalahkan Stres Dengan Nutrisi
Dengan diet yang masuk akal, sangat mungkin untuk mengurangi efek stres, menghindari beberapa masalah umum, dan melindungi kesehatan Anda.
03 November 2017 13:52
Text by Astri Suciati

Bagi kebanyakan dari kita, stres dan makanan berjalan beriringan. Makanan bisa memberi kita perasaan akan kekuatan, kontrol dan kepuasan yang kita butuhkan dalam situasi stres. Tidak mengherankan bila saat tingkat stres kita meningkat, ketahanan kita terhadap makanan yang 'menyenangkan' menurun.

Ini bukan selalu hal yang buruk - makanan favorit kita sebenarnya bisa mengurangi tingkat stres kita. Tapi tidak berlebihan adalah kuncinya.

Memberi nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda adalah langkah positif yang dapat Anda lakukan setiap hari untuk mengatasi stres. Dengan nutrisi yang tepat, Anda lebih siap menghadapi tantangan hari ini.

Adrenalin diproduksi selama masa stres yang hebat. Itu memberi Anda banyak energi, tapi kadar gula darah Anda turun setelah krisis berlalu. Makanan yang mendukung dibutuhkan untuk mengisi kembali energi Anda. Makanan tertentu dapat meningkatkan tekanan fisik pada tubuh Anda dengan membuat pencernaan lebih sulit, atau dengan menolak nutrisi penting otak. Stres itu sendiri bisa menyebabkan pencernaan yang buruk. Minuman bisa sama hebatnya dengan efek stres - kafein dan alkohol membuat ketegangan pada tubuh.

Dengan diet yang masuk akal, sangat mungkin untuk mengurangi efek stres, menghindari beberapa masalah umum, dan melindungi kesehatan Anda.

 

Menghindari Masalah Umum

Gangguan pencernaan

Hal ini bisa berakibat dari makan di tengah situasi yang penuh tekanan, karena sistem pencernaan tidak rileks. Bisa juga karena makan dalam keadaan terburu-buru. Jadi selalu duduk saat makan dan makan lebih lambat, kunyah makanan dengan benar. Anda kemudian akan benar-benar merasakan dan menikmati makanan dan camilan Anda.

Kembung

Seperti yang kita semua tahu, kembung tidak menyenangkan, dan penuh tekanan dalam perut. Ini bisa dipicu oleh produk terigu atau gandum (roti, pasta, kue dan biskuit) dan produk susu (susu, keju, mentega dan krim), jadi coba kurangi setiap kelompok makanan tersebut selama beberapa minggu untuk melihat apakah masalahnya mereda.

Ketergantungan kafein

Mengandalkan kafein untuk membuat Anda tetap bertahan adalah ide yang buruk. Ini meningkatkan hormon stres dan bisa menyebabkan insomnia dan dehidrasi, yang mempengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk mengatasi stres. Ada banyak alternatif bebas kafein yang enak, seperti teh herbal.

Mabuk

Tidak ada yang berfungsi dengan baik saat seseorang mabuk, jadi minum terlalu banyak akan menimbulkan masalah keesokan harinya. Ini tidak berarti Anda harus menghindari alkohol sama sekali, hanya harus menyadari efeknya, dan menahan diri untuk mengonsumsinya secara teratur sebagai teknik penanggulangan.

Ngidam makanan

Ini sering terjadi saat pasca makan siang, dan meningkat pada masa hormonal dan di bawah tekanan. Untuk membatasi hasrat Anda, sertakan porsi kecil dari makanan yang diidamkan ke dalam makanan biasa Anda, daripada mencoba untuk menahan diri sepenuhnya. Atau mengalihkan perhatian Anda dengan terlibat dalam hal lain, dan keinginan itu mungkin berlalu. Simpan makanan sehat di dekat Anda, dan jangan menunggu terlalu lama di antara waktu makan dan ngemil.

Gula tinggi dan rendah

Meskipun otak membutuhkan glukosa agar bisa bekerja dengan efektif, makanan yang sangat manis menyebabkan kadar gula darah Anda melonjak dan kemudian anjlok, membuat Anda mengantuk dan lesu. Hal ini dapat menyebabkan keinginan untuk makan makanan manis lainnya, dan siklus ini akan terus berlanjut.

 

Beberapa tips untuk memperbaiki diet Anda

Sarapan

Selalu usahakan untuk sarapan pagi, meski Anda hanya bisa makan sepotong buah. Smoothie buah merupakan pilihan yang baik untuk sarapan. Bisa dibuat dengan berbagai kombinasi buah dan dengan atau tanpa yogurt. Jadilah petualang sehat dengan menambahkan sayuran atau rempah-rempah.

Makan siang dan makan malam

Pilihan yang sehat termasuk kentang panggang dengan kacang panggang atau tuna, sushi, sup sayuran, sandwich gandum utuh atau salad. Di restoran, ikan atau ayam panggang dengan sayuran merupakan pilihan yang baik. Atau pilihlah pasta dengan saus tomat.

Di antara waktu makan

Untuk menopang energi Anda, sediakan camilan makanan sehat untuk sepanjang hari. Ini membutuhkan sedikit perencanaan. Bawalah pisang, yogurt, kacang-kacangan dan kismis, beberapa oatcakes atau bagel ke tempat kerja agar berguna untuk camilan sehat.

Minuman

Kurangi stimulan seperti kopi, teh, dan soda sebanyak yang Anda bisa. Tukar mereka dengan teh atau kopi tanpa kafein, 100 persen jus buah dan teh herbal. Minum banyak air untuk menghindari dehidrasi dan melindungi ginjal Anda.

Alkohol

Alkohol tidak banyak memberi nutrisi. Wanita seharusnya tidak mengonsumsi lebih dari tujuh minuman beralkohol dalam seminggu, dan pria tidak lebih dari 14. Usahakan untuk memadukan setiap minuman beralkohol dengan segelas air putih atau jus.

Suplemen

Pertimbangkan suplemen vitamin dan mineral untuk menggantikan nutrisi yang terkuras akibat stres, terutama vitamin B, vitamin C, kalsium, magnesium dan seng. Suplemen herbal untuk membantu pencernaan meliputi akar manis, lidah buaya, sereh dan kava kava. Teh daun mint, dandelion, adas, jahe, slippery elm dan meadowsweet juga dapat membantu pencernaan.