Wellbeing | WELLBEING | 1 year ago
Mengapa 10 Menit Pertama Dari Hari Anda Sangat Penting
HARUSKAH ANDA LANGSUNG MEMERIKSA SMARTPHONE SAAT BANGUN TIDUR?
21 October 2017 12:03
Text by Webmaster

Jika Anda membaca ini dari smartphone dan baru terbangun 10 menit yang lalu, maka Anda melakukan kesalahan.

Namun, jika Anda membaca ini setelah merapihkan tempat tidur atau setelah memberikan pelukan pada pasangan Anda, maka Anda melakukan hal yang benar.

Menghindari membuka smartphone saat bangun tidur mungkin merupakan konsep yang asing bagi beberapa dari kita, tapi menurut penganalisa bisnis dan tren, Michael McQueen, itu adalah kebiasaan yang harus dihilangkan.

McQueen berkata bahwa memeriksa email atau media sosial bukan merupakan hal yang bagus untuk memulai hari karena akan membuat kita reaktif, bukan proaktif.


WokeupCheckHape


Akan lebih baik jika kita memulai hari dengan sesuatu yang membuat kita merasa terkendali.

Penulis buku “Momentum: How to Build it, Keep it, or Get it Back” menganggap 10 menit pertama saat bangun tidur sebagai hal paling penting dan membuat permulaan yang tepat dapat membuat pekan kita menjadi lebih baik.

“Banyak orang langsung memeriksa smartphone mereka saat bangun tidur,” kata McQueen.

“Tapi ini berarti mereka mulai menghabiskan hari dengan sikap reaktif dan mereka tidak dapat mengontrol diri sendiri.”

Dan meski membuka Facebook atau Twitter tidak terlihat berbahaya, ini memberikan dampak yang kurang baik.

“Dengan kata lain, hari Anda telah diarahkan oleh orang lain,” kata McQueen.

Dia menyarankan untuk melakukan kebiasaan yang lebih produktif saat 10 menit pertama terbangun dari tidur.

Mungkin terdengar aneh pada awalnya namun perubahan sederhana akan membuat kebiasaan yang lebih baik dengan cepat.

“Sesuatu yang sederhana seperti membereskan tempat tidur atau mengucap syukur atas apa yang telah Anda raih dapat membuat perubahan,” katanya.

“Gagasannya adalah Anda melakukan sesuatu dengan sengaja daripada tidak disengaja.”

Penelitian menunjukkan bahwa memulai hari dengan kebiasaan positif akan menghasilkan pergerakan sepanjang hari yang positif pula.

“Tidak benar-benar diketahui mengapa merapihkan tempat tidur dapat bermanfaat, yang pasti itu adalah hal positif,” katanya.

McQueen mengatakan bahwa memeriksa email atau media sosial saat memulai hari berdampak negatif bagi hari Anda dengan menstimulasi stress dan kecemasan.

“Saran saya adalah bangun, berkomunikasi dengan orang yang Anda cintai, bersyukur dan bercermin atas apa yang telah Anda raih di hari sebelumnya bukan fokus pada apa yang akan Anda lakukan hari ini,” katanya.

“Berolahraga dan jernihkan pikiran Anda.”

Orang yang mulai melakukan ini akan merasa tidak hanya lebih produktif tapi juga mengurangi stress dan lebih mungkin untuk membuat kebiasaan yang baik.

“Kebiasaan buruk sulit dihilangkan namun membuat kebiasaan baik bukanlah hal yang sulit, hanya memakan sedikit waktu,” katanya.

“Orang dengan kapasitas tinggi menyelesaikan tugasnya dan cenderung untuk bertindak secara sengaja dan tidak reaktif.”