How To Lose Weight | WEIGHT LOSS | 1 year ago
Mengejutkan! Berolahraga Tidak Membuat Anda Menurunkan Berat Badan. Ini Faktanya!
MENURUT SEORANG AHLI, OLAHRAGA TIDAK MEMBANTU MENGECILKAN LINGKAR PINGGANG.
23 October 2017 16:54
Text by Webmaster

Berolahraga untuk menurunkan berat badan sangat buang-buang waktu dan satu-satunya cara untuk membuang lemak yang tidak diinginkan adalah untuk tidak makan terlalu banyak. Setelah bertahun-tahun mempelajari tabel kilojoule, Sydney spesialis olahraga John Glynn mengatakan berjalan tujuh jam setiap hari selama seminggu hanya dapat menurunkan 1 kilogram dan hanya jika orang tersebut tidak makan “buruk” selama tujuh hari.

Berita ini sangat menyedihkan bagi orang yang sering pergi ke gym. Penemuannya didukung oleh risetnya, namun yang menjadi perhatian adalah bahwa orang akan menganggap temuannya sebagai lampu hijau untuk berhenti berolahraga.

Glynn menegaskan bahwa kita hanya harus melakukan 15 menit berolahraga 2 atau 3 kali seminggu. Glynn mengatakan bahwa ada banyak jenis aktifitas fisik yang penting untuk kebugaran kardiovaskular, kekuatan otot, metabolisme, stabilitas inti, postur dan bentuk tubuh, namun itu tidak berguna untuk menurunkan berat badan.

Menurut pedoman yang diterbitkan oleh National Health and Medical Research Council tentang kelebihan berat badan dan obesitas,penelitian menunjukkan bahwa dengan aktifitas fisik yang dilakukan lebih dari setahun dengan tiga sampai lima jam berolahraga hanya menurunkan berat badan 1,8 kg.


OLAHRAGA VS DIET

Namun ketika olahraga dikombinasikan dengan mengurangi makan, berat akan turun hingga 7,5 kg hanya dalam 12 minggu. Sementara diet itu lebih efektif untuk menurunkan berat badan jangka pendek, bukti menunjukkan bahwa diimbangi dengan olahraga berat badan akan turun lebih konsisten selama 2 tahun atau lebih.

“Dalam satu atau dua detik kita bisa dengan mudah memakan banyak makanan – yang orang kelebihan berat badan lakukan – dan butuh waktu lama untuk menghilangkannya,” kata Glynn.” Pilihan makanan yang tepat bisa mengurangi asupan kalori kita dalam jumlah ribuan setiap hari. Ini akan memakan waktu lima atau enam jam olahraga agar mendapatkan manfaat yang sama. “Setiap orang memiliki sudut pandang mereka sendiri yang unik tentang makanan, mana makanan yang bisa dimakan dalam sehari dan masih bisa menurunkan berat badan tanpa perlu melakukan aktivitas fisik ekstra.”

Glynn berkata bahwa mereka yang berolahraga untuk menurunkan berat badan cenderung tidak memperhatikan pola makan mereka yang malah membuatnya makin sulit menurunkan berat badan. Dia juga mengatakan olahraga untuk menurunkan berat badan mengakibatkan risiko kesehatan jangka panjang yang serius karena beban ditambahkan pada organ-organ tubuh, dan orang kurus yang perlu olahraga lebih dari mereka. Dia berpendapat bahwa selama bertahun-tahun ahli kesehatan telah menyesatkan orang-orang tentang nilai olahraga karena mereka tidak memahami fakta ilmu olahraga. “Kita sudah disesatkan dan saatnya untuk menghentikan itu,” katanya.


TIDAK PERLU BERKERINGAT

Sejumlah ahli setuju bahwa olahraga saja hanya berpengaruh sedikit pada ukuran lingkar pinggang, tapi mereka masih menyarankan untuk melakukan aktifitas fisik dan diet. “Saya berpikiran sama dengan Glynn, tapi Anda tidak bisa menyuruh orang berhenti berolahraga,” kata Dr. Steve Hambleton, wakil presiden Australian Medical Association. “Mungkin benar adanya bahwa berolahraga sangat sulit bagi mereka yang kelebihan berat badan. Seseorang yang memiliki pedometer akan kecewa setelah menyelesaikan soal matematika,” sambungnya.

“Berolahraga tentu sebuah mekanisme penurunan berat badan yang sangat penting, tapi jauh lebih mudah untuk menurunkan berat badan jika Anda makan makanan yang tepat dan tidak makan makanan yang salah.” Glynn juga mengklaim bahwa orang yang kelebihan berat badan memiliki risiko cedera lebih besar dan lebih mungkin untuk meninggal lebih muda jika mereka berolahraga karena tubuh mereka lebih cepat haus. Namun Dr Hambleton mengatakan bahwa sementara orang kelebihan berat badan mungkin berisiko lebih besar dari cedera akibat berolahraga, “risiko dan manfaat seimbang di sisi manfaat”.

Profesor Stephen Colagiuri, professor kesehatan metabolisme di Boden Institute of Obesity, Nutrition, and Exercise di University of Sydnet, setuju bahwa menurunkan berat badan hanya dengan berolahraga tidak terlalu berpengaruh namun tetap merupakan komponen penting. “Jika Anda hanya berolahraga tanpa memikirkan apa yang Anda makan, sangat besar kemungkinan berat badan Anda tidak akan turun,” katanya. Mencegah lebih baik daripada menyembuhkan dan itu termasuk memperhatikan apa yang kita makan, lebih aktif, dan tidak terlalu banyak duduk. “Sangatlah sulit untuk menurunkan berat badan tanpa melakukan sesuatu yang drastis seperti operasi bakteri jika Anda kelebihan berat badan sejak lama,” lanjut Colagiuri.


SARAN YANG CEROBOH

Susan Anderson, direktur nasional bagian berat badan di Heart Foundation, mengatakan bahwa adalah ceroboh untuk menyarankan menurunkan berat badan lewat berolahraga tidak berguna. “Ini tidak bertanggung jawab karena gerakan merupakan dasar untuk kesehatan dan karena itu diperlukan untuk seorang individu mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat ideal,” kata Anderson. “Semua orang kelebihan berat badan, dan orang dewasa yang memulai atau memulai kembali aktivitas fisik dan olahraga, harus berkonsultasi dengan dokter mereka sebelum memulai olahraga rutin dan secara bertahap meningkatkan intensitas dan durasi aktivitas mereka. Ada banyak bukti bahwa mengadopsi pola makan yang sehat dan aktif secara fisik dapat mengontrol berat badan. ”

Julie Gilbert, juru bicara Dietitian Association of Australia, mengatakan penurunan berat badan berasal dari kombinasi diet dan olahraga. “Kita tahu bahwa 70% dari penurunan berat badan berasal dari pengurangan porsi makan Anda dan 30% berasal dari olahraga,” katanya. “Olahraga memainkan peran terbesar, tidak begitu banyak dalam hal penurunan berat badan, tetapi dalam hal membantu orang untuk mempertahankan berat badan mereka.”


SARAN DAN PESAN

Gilbert mengatakan diet adalah aspek yang paling penting dari penurunan berat badan, tetapi jika seseorang hanya kehilangan seperempat hingga setengah kilo seminggu saat diet, dia harus memperhatikan tingkat aktivitas fisik mereka. “Bagian terbaik tentang olahraga ketika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan adalah itu membuat Anda merasa baik dan ketika Anda merasa baik, Anda sering tidak makan banyak makanan jelek.” Rekomendasi 30 menit latihan sehari tidak akan berdampak pada penurunan berat badan dan mereka yang mencoba menjadi ramping harus berolahraga antara 60 sampai 90 menit aktivitas fisik sehari, katanya.

Profesor Jonathan Shaw, direktur asosiasi pelayanan kesehatan di Baker IDI Heart and Diabetes Institute, mengatakan dia khawatir bahwa pesan Glynn bisa disalahartikan menjadi bahwa semua latihan adalah sia-sia. “Latihan pasti memiliki manfaat kesehatan bahkan jika itu tidak menyebabkan penurunan berat badan,” katanya. “Memulai untuk menurunkan berat badan biasanya sangat mudah. Kebanyakan orang bisa menurunkan tiga atau empat kilo tanpa banyak usaha. Salah satu alasan itu menjadi tantangan untuk kehilangan lebih banyak lemak lagi dan tubuh akan sering mencoba dan menanggapi penurunan berat badan dengan mencoba untuk menghemat energi … sehingga Anda perlu memotivasi diri Anda sendiri untuk menjaga berat badan.”

Profesor Shaw mengatakan bahwa penting untuk mengenali manfaat kesehatan olahraga bagi orang-orang yang kelebihan berat badan yang beresiko lebih besar terkena penyakit jantung, diabetes dan kanker. Menurunkan berat badan atau tidak, olahraga pasti bisa membantu mengurangi risiko cedera. Dia mengatakan: “Berolahraga untuk menurunkan berat badan sangat tidak efektif dan buang-buang waktu. Dalam satu atau dua detik kita bisa dengan mudah makan ratusan kalori dan akan memakan banyak waktu untuk berolahraga.” John Glynn, ahli olahraga. Mereka mengatakan: “Tiga puluh menit sehari berolahraga tidak akan menurunkan berat badan. Ini akan membuat Anda merasa baik dan itu akan membuat Anda sehat tetapi untuk menurunkan berat badan Anda perlu melakukan satu jam hingga 90 menit sehari..” Julie Gilbert, Dietitians Association of Australia.