Training Tips | FITNESS | 1 year ago
Mengejutkan! Inilah Cara Membakar Lemak Dalam 4 Menit
Berolahraga yang manfaatnya sama seperti satu jam berlari namun hanya dilakukan selama empat menit?
25 October 2017 17:07
Text by Webmaster

Ketika sesuatu terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, biasanya hal itu benar adanya. Tapi kami telah menemukan pengecualian: latihan sederhana yang memberi Anda manfaat kebugaran yang sama seperti satu jam berjalan, dalam empat menit. Ini disebut protokol Tabata dan ini adalah jenis pelatihan interval intensitas tinggi, diambil dari nama Dr Izumi Tabata, yang mengembangkan itu pada tahun 1996.


Latihan

Interval Tabata melibatkan latihan dengan intensitas tinggi selama 20 detik, diikuti dengan 10 detik istirahat. Ulangi kegiatan ini selama 4 sampai 10 menit.


Tantangan Pertama

Pilihlah satu latihan dari foto-foto ini dan lakukan secara berulang sebanyak mungkin dalam waktu 20 detik. Makin banyak pengulangan, makin baik pula hasilnya. Istirahat selama 10 detik sebelum melakukannya lagi. Lakukan sebanyak empat ronde dalam empat menit. Cobalah untuk konsisten dalam mengulangi latihan ini. Lakukan peregangan selama 5 menit sebelum melakukan ini dan pendinginan saat selesai.


Tantangan Kedua

Program Tabata ini menggunakan lebih dari 1 gerakan. Lakukan sebanyak mungkin pengulangan selama 20 detik. Istirahat 10 detik lalu lakukan gerakan berikutnya selama 20 detik. Lakukan empat gerakan ini dengan konsisten. Lakukan sebanyak lima ronde dengan total waktu 10 menit.


1. ROWING 

Kebanyakan mesin rowing akan membiarkan Anda untuk memasukkan interval ke komputer hingga membuat Anda tak perlu menghabiskan waktu. Untuk memulainya, geser kursi, condongkan tubuh kearah depan dan gunakan lengan Anda untuk menggapai ke depan. Dorong kebelakang menggunakan kaki Anda, sebelum tubuh kembali ke posisi awal lalu tarik menggunakan lengan Anda.

5661-1_asl

 

2. SIT-UPS

Berbaringlah dengan lutut menekuk 90 derajat dan kaki tetap menempel di lantai. Simpan jari di dekat kepala, lalu lakukan sit-up sambil mengatur nafas. Berhenti saat posisi sedikit tegak dan kemudian lebih rendah. Jangan beristirahat di lantai saat melakukan pengulangan. Punggung bawah Anda harus menyentuh sedikit sebelum Anda memulai tahap berikutnya up.

5663-1_asl


3. BURPEES

Jongkok di lantai dan tempatkan tangan Anda rata di tanah tepat di depan jari-jari kaki Anda. Bersandarlah di tangan Anda, lontarkan kaki Anda cukup jauh ke belakang Anda sehingga tubuh Anda dalam posisi push-up lurus sempurna. Jangan biarkan pinggul Anda jatuh ke tanah saat Anda mendarat. Untuk menyelesaikannya, lompatkan kaki Anda kembali ke tangan Anda dan berdiri

5665-1_asl


4. SQUATS

Berdirilah di depan kursi, dengan kaki melebar melebihi lebar bahu. Lekukkan lutur dan sentuhkan bagian belakang tubuh ke kursi dengan ritme yang mantap, tanpa jeda baik saat fase ke atas atau ke bawah. Pusatkan berat tubuh pada tumit dan biarkan pandangan menatap sebuah titik tepat di depan Anda.

5667-1_asl


5. SKIPPING

Saat Anda melakukan skipping, daratkan perlahan kaki Anda dan jangan biarkan tangan terlalu banyak bergerak. Anda bisa menggunakan tehnik skipping apapun yang Anda ingin asalkan dilakukan secara cepat dan mengulang sebanyak mungkin. 50 pengulangan merupakan jumlah yang ideal.

5669-1_asl