Nutrition Tips | NUTRITION | 4 months ago
Mengenal Camilan Sehat Dari Seluruh Dunia Untuk Dinikmati Sambil Menonton Piala Dunia 2018
Kami telah mengumpulkan camilan sehat terbaik yang terinspirasi dari setiap negara yang bermain di Piala Dunia.
22 June 2018 17:34
Text by Astri Suciati

Piala Dunia di Rusia sudah dimulai dan sebagai pengetahuan Anda, di sini kita akan melihat beberapa makanan ringan yang sehat dari seluruh dunia yang biasa dinikmati oleh masyarakatnya sambil menonton semua pertandingan.

Kami telah mengumpulkan camilan sehat terbaik yang terinspirasi dari setiap negara yang bermain di Piala Dunia.

 

Grup A

 

Mesir

Taameyya

Image result for taameyya


Taameyya adalah falafel Mesir dan dikenal sebagai falafel asli karena kepercayaan banyak orang bahwa itu berasal dari Mesir di zaman Firaun sekitar 1.000 tahun yang lalu.

Camilan ini telah menjadi sangat populer dan perbedaan utama antara Taameyya dan seluruh falafel lainnya di dunia adalah kacang polong yang digunakan. Sebagian besar resep falavel di dunia menggunakan chickpea kering, tetapi di Mesir mereka menyukai kacang fava yang sederhana.

Noha, seorang food blogger yang berbagi pandangannya tentang masakan melalui blog Matters of the Belly-nya, mengatakan, “Saya mungkin hanya berprasangka, tapi saya pribadi percaya bahwa biji kacang fava kering yang dibelah menghasilkan falavel yang lebih pulen, lebih renyah, lembab dan umumnya lebih baik.”

 

Rusia

Salad Bit Rusia

Image result for Russian Beet Salad


Salad bit Rusia adalah hidangan yang direkomendasikan oleh Food Perestroika karena mudah dibuat, sehat dan sangat lezat. Buah bit memiliki hubungan panjang dengan masakan Eropa Timur dan merupakan makanan yang lezat untuk dinikmati selama Piala Dunia.

Pembawa acara Food Network, James Briscione mengungkapkan beberapa makanan favoritnya sebagai pasangan untuk salad khusus ini dalam wawancara baru-baru ini.

“Meskipun ada beberapa potongan sayuran tradisional seperti tomat, mentimun dan kemangi, koneksi antara bit, plum dan acar sangat tidak terduga. Bersama keseimbangan rasa manis, asam dan berbau tanah membuat setiap gigitan lebih menarik hingga akhir.”

 

Arab Saudi

Mutabaq

Image result for mutabaq


Arab Saudi dikenal karena menawarkan beberapa makanan kaki lima yang enak dan jika Anda ingin mencoba salah satu hidangan lezatnya, Anda harus makan Mutabaq yang menggugah selera.

Sekarang mutabaq adalah salah satu hidangan pembuka yang paling populer di Kerajaan Saudi dan makanan serupa pancake dengan isian ini dapat ditemukan di seluruh negeri.

Kudapan ini terbuat dari lapisan pastry tipis yang dibungkus dan dilipat dengan isian campuran daging cincang, telur, peterseli, tomat, bawang, dan cabai jalapeno. Mirip dengan martabak.

 

Uruguay

Torta Frita

Image result for Torta Frita


Di Uruguay, Torta Frita, yang merupakan roti goreng gembung, adalah makanan yang dibuat oleh banyak orang Uruguay saat hujan, tetapi jika Anda pernah ke negara ini Anda akan tahu bahwa makanan ringan ini adalah makanan kaki lima yang populer di kalangan penduduk setempat.

Torta Frita umumnya disajikan bersama yerba mate, sejenis teh yang diminum di mana-mana di negara ini, dan umumnya dianggap bahwa camilan ini bahkan lebih lezat ketika disajikan dengan olesan dulce de leche atau mermelada (selai stroberi) atau selai jeruk tradisional Inggris.

Kudapan ini mudah dibuat dan jika Anda membuat sejumlah Torta Frita, Anda dapat mengundang teman-teman di sekitar Anda untuk menonton pertandingan dan menikmati makanan ini.

 

Grup B

 

Iran

Bademjan

Image result for Bademjan


Masakan Iran telah dipengaruhi oleh sejumlah budaya yang berbeda selama bertahun-tahun dan ini tercermin dalam makanannya, menjadikannya tujuan yang bagus untuk pecinta kuliner.

Camilan sehat yang harus Anda coba adalah terong dan tomat rebus Bademjan. Rebusan ini adalah masakan klasik khas Persia dan selalu disajikan dengan nasi dan roti Persia yang disebut Lavash, tetapi dapat juga disajikan dengan roti pitta atau biskuit crackers.

Sebenarnya ada dua versi berbeda dari rebusan ini yang dapat Anda coba dan ini termasuk Ghoore Bademjan, rebusan terong dan anggur asam, dan Gheymeh Bademjan, rebusan terong dan kacang polong yang dibelah. Ghoore Bademjan dibuat dengan anggur asam segar atau verjuice dan memiliki kaldu yang lebih ringan dan aromatik, sedangkan Gheymeh Bademjan adalah variasi lain yang dibuat dengan penambahan terong goreng.

 

Maroko

Amlou

Image result for Amlou


Nargisse Benkkabou berbagi hasratnya tentang makanan dari negara asalnya melalui blog My Moroccan Food-nya dan dia merekomendasikan penggemar sepakbola untuk mencoba Amlou selama pertandingan Maroko.

Blogger populer, yang telah menulis buku Casablanca: My Moroccan Food yang diterbitkan oleh Mitchell Beazley, menambahkan, “Amlou adalah pasta coklat yang diperoleh dengan menggiling almond panggang yang dicampur dengan madu dan minyak argan. Pasta lezat ini adalah ciri khas dari wilayah Souss di Selatan Maroko dan biasanya digunakan sebagai saus cocolan atau olesan yang sehat karena bahan utamanya adalah minyak argan. Dalam buku masak debut saya ada panduan yang sangat mudah untuk membuat amlou Anda sendiri di rumah.

“Amlou sangat sehat karena tiga bahan utamanya - madu, almond, dan minyak argan - memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa dan mengesankan. Sudah bukan rahasia lagi bahwa madu dan almond adalah makanan super yang luar biasa tetapi manfaat kesehatan minyak argan dalam rutinitas kita termasuk dalam kuliner masih relatif baru. Sebenarnya, banyak pernyataan telah dibuat mengenai dampak positif pada kesehatan yang dihasilkan oleh konsumsi minyak argan. Para peneliti telah menetapkan bahwa konsumsi harian minyak argan "sangat mungkin" menjadi salah satu faktor yang membantu mencegah berbagai penyakit.”

 

Portugal

Tremoços

Image result for Tremoços


Sementara mengagumi keterampilan Cristiano Ronaldo selama pertandingan Portugal, Anita Breland, yang mengelola blog perjalanan, makanan dan budaya Anita's Feast mengatakan Anda harus makan Tremoços (juga dikenal sebagai acar kacang lupin).

“Acar kacang lupini - disebut tremoços di Portugal adalah makanan favorit yang lezat di bar-bar di seluruh Portugal. Biji kacang polong ini bergizi dan rendah kalori dan juga penguat imunitas. Mereka memiliki lebih banyak protein dan fosfor daripada susu sapi, serta kalsium, vitamin E dan B, kalium, asam lemak omega 3 dan 6, zat besi, dan serat.

“Sifat emolien, diuretik dan penyembuhan dari si mungil berwarna kuning ini juga berkontribusi pada pembaharuan sel. Jadi, dalam kegembiraan menonton pertandingan olahraga, ceriakan tim Anda dengan sepiring tremoços. Untuk menikmati sepenuhnya dengan cara Portugal, nikmati bersama dengan keju domba Azeitão yang lembut, zaitun berbumbu, dan daging asap.”

 

Salad Ikan Cod Asin dan Chick Pea

Image result for Salt Cod and Chick Pea Salad


Salah satu hidangan paling populer di Portugal adalah salad ikan cod asin dan chick pea karena sehat, mudah dibuat dan dapat dijadikan makan siang, kudapan, lauk pendamping atau hidangan utama.

Tia Maria membantu orang belajar memasak hidangan tradisional Portugis melalui blognya Portuguese Diner dan di sini dia menjelaskan mengapa Anda harus mencoba salad ikan cod asin dan chick pea selama turnamen.

“Portugal dikenal sebagai peringkat 3 teratas untuk konsumsi ikan dan makanan laut terbanyak di dunia dan memiliki diet gaya Mediterania yang sehat. Ikan yang paling banyak dikonsumsi adalah ikan cod asin yang tinggi vitamin B6, B12 dan memiliki banyak protein. Chick pea juga penuh protein, serat, dan karbohidrat kompleks tinggi dan sering digunakan dalam banyak hidangan dan sup.

"Kombinasi bahan-bahan ini membuat hidangan ini tidak hanya menjadi camilan yang sempurna, tetapi juga makan siang, hidangan pembuka atau makan malam yang sehat bagi mereka yang memilih diet tanpa daging."

 

Spanyol

Zaitun

Image result for Olives


Buah zaitun kecil ini berada di pusat dunia kuliner Spanyol dan ini adalah camilan sempurna untuk dimakan selama pertandingan. Anda bisa makan buah zaitun mentah atau menambahkan minyak zaitun extra virgin dan beberapa roti dengan sayuran jika Anda merasa sangat lapar.

Zaitun ini super sehat dengan lemak tak jenuh tunggal yang menurunkan risiko penyakit jantung dan meningkatkan kolesterol baik HDL. Zaitun juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan, yang berarti mereka dapat mencegah beberapa penyakit.

 

Grup C

 

Australia

Smashed Avocado

Image result for Smashed Avocado


Orang Australia adalah yang pertama memulai tren alpukat dengan roti bakar dan menciptakan kudapan lezat “smashed avo”. Jika Anda sudah pernah berlibur ke Australia, Anda hampir pasti akan melihat ini di menu-menu di kios makanan, kafe, dan restoran.

Sangat mudah untuk membuatnya dan sempurna jika Anda membutuhkan sarapan atau kudapan cepat dan bergizi. Medical New Today mengungkapkan bahwa alpukat memiliki banyak manfaat kesehatan, menjadikan smashed avocado sebagai camilan yang sempurna.

Dalam sebuah artikel di situs web mereka, mereka mengatakan, “Banyak penelitian telah menemukan bahwa pola makan nabati yang didominasi mencakup makanan seperti alpukat dapat membantu mengurangi risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kematian secara keseluruhan sambil mendukung kulit dan rambut yang sehat, meningkatkan energi, dan berat badan yang lebih rendah secara keseluruhan.”

 

Denmark

Nordic Stone Age Bread

Related image


Di Denmark roti gandum hitam pada dasarnya adalah hidangan nasional karena popularitasnya yang besar di daerah ini, tetapi Nordic Stone Age Bread adalah salah satu yang semakin meningkat popularitasnya.

Kim Nielsen menjalankan blog makanan khas Nordic Food & Living, yang berfokus pada makanan Denmark, dan dia merekomendasikan Nordic Stone Age Bread sebagai camilan untuk dicoba selama Piala Dunia.

“Salah satu resep saya yang paling populer adalah Nordic Stone Age Bread saya. Itu dikemas dengan enam jenis kacang-kacangan dan biji-bijian yang berbeda dan sangat mudah dibuat. Karena tingginya kandungan serat makanan dan minyak yang sehat, ini adalah alternatif yang sempurna untuk roti panggang putih biasa. Ini bisa dipotong menjadi camilan berukuran kecil dan diberi irisan keju, ham atau mungkin pesto buatan sendiri.”

 

Perancis

Ratatouille

Image result for Ratatouille


Benar, hidangan yang dibuat dalam film animasi dengan tikus kecil itu tidak diragukan lagi merupakan masakan pokok Perancis yang bonafide.

Ini adalah salah satu cara paling memuaskan untuk mendapatkan asupan sayuran harian yang Anda butuhkan dalam satu kali makan karena Ratatouille meliputi terong, bawang merah, bawang putih, lada, zucchini, labu, tomat, dan sejumlah rempah-rempah.

Tidaklah mengherankan dengan semua bahan-bahan sehat ini, hidangan tersebut telah dikenal untuk membantu menurunkan tekanan darah dan bahkan mengurangi kolesterol.

 

Peru

Quinoa

Image result for Quinoa


Masakan Peru sekarang sangat populer di seluruh dunia dan umumnya dianggap sangat sehat juga. Keith dari Eat Peru merekomendasikan Quinoa, yang diucapkan Keen-wah, karena itu adalah makanan super dari Peru yang telah dimakan selama ribuan tahun oleh suku Inca kuno.

“Dengan Quinoa (makanan super berprotein tinggi) Anda dapat membuat makanan ringan yang sehat tetapi sedikit nendang. Bola-bola quinoa dark chocolate sangat cocok untuk ngemil selama pertandingan.

Bahan-bahannya adalah: Quinoa, kakao mentah, madu, dark chocolate, kurma, dan kacang kenari. Bahan-bahan tersebut (kecuali cokelat) dicampur bersama dalam food processor dan dibentuk menjadi bola-bola. Kemudian tuangkan cokelat yang sudah dilelehkan ke atas bola-bola tersebut dan biarkan di dalam kulkas.”

 

Sacha inchi

Related imageImage result for Sacha inchi


Camilan enak lain yang dapat Anda coba dari Peru adalah Sacha inchi, sejenis kacang yang mirip dengan kacang tanah, dan karena penuh dengan omega 3, protein dan lemak sehat, makanan ini dianggap sebagai salah satu makanan super paling kuat di dunia.

Ditemukan di hutan Amazon, kacang ini dipercaya dapat menurunkan tekanan darah dan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan sejumlah besar vitamin A dan E.

Peru Delights merekomendasikan untuk menambahkannya ke salad atau shake, “Menambahkannya ke salad atau shake adalah ide yang bagus, hanya saja berhati-hatilah karena makanan ini memiliki rasa kacang tanah yang sangat kuat yang kadang-kadang terlalu kuat, dan beberapa bahkan digambarkan seperti rasa ikan. Cobalah dalam jumlah kecil dalam cake, brownies, dan cookies, untuk memberikan sentuhan yang manis dan sehat, atau memakannya dengan balutan cokelat sebagai camilan siap makan di sore hari.”

 

Grup D

 

Argentina

Asado

Related image


Hampir merupakan sebuah kejahatan untuk meninggalkan negara ini tanpa mencoba Asado, yang juga dikenal sebagai parrillada.

Barbekyu berbahan dasar daging, yang mencakup steak, sosis, burger dan iga, sangat cocok untuk dimasak selama Piala Dunia, sementara sebelum pertandingan Anda bisa ke luar dan memanggang daging di atas api membara atau BBQ sebelum berkerumun di dekat TV.

Asado adalah hidangan nasional dan umumnya Anda akan dapat menikmati daging sapi, iga babi, sosis, atau roti manis. Setelah menghabiskan beberapa waktu memasak daging Anda dapat menyaksikan keajaiban Messi beraksi.

Jika Anda seorang vegetarian, Anda mungkin ingin mencoba Bakso Kedelai, yang populer di Argentina. Camilan sehat ini terbuat dari daun bawang, bawang, mentimun, wortel, seledri, kedelai bertekstur dan pala.

 

Kroasia

Buah ara kering

Image result for Dried Figs


Buah ara kering atau 'suhe smokve' dalam bahasa Kroasia adalah salah satu camilan sehat yang dapat Anda makan selama pertandingan Kroasia, menurut Sarah-Jane Begonja dari blog perjalanan Kroasia, Chasing the Donkey.

“Ini adalah buah! Semuanya alami, dan hanya memiliki jenis gula yang sehat! Buah ara kering sendiri sangat lezat, tetapi mereka berpadu sangat baik dengan keju - dan siapa yang tidak suka sepiring keju saat Anda menonton pertandingan?

“Buah ara dapat dimakan sepanjang tahun di Kroasia - terima kasih karena mereka bisa dikeringkan ketika mereka berlimpah di musim panas. Dimakan segar dari pepohonan di musim panas, mereka memang lezat, tetapi dengan sedikit perubahan - yah, maksudnya dalam keadaan kering, kita bisa makan buah ara di musim gugur, musim dingin dan musim semi.”

 

Islandia

Skyr

Image result for SkyrImage result for Skyr


Santapan dari susu yang lezat ini unik bagi orang Islandia dan juga selain lezat, ia hampir tanpa lemak dan penuh protein.

Kudapan ini mirip dengan Greek yoghurt, tetapi sebenarnya terkait lebih dekat dengan keju dalam hal caranya diproses, yang membuatnya sedikit lebih kental dari yoghurt standar.

Skyr tidak hanya tersedia dalam rasa plain namun juga tersedia dalam sejumlah rasa lainnya, dari kelapa hingga cake lemon. Namun, di Islandia, versi tanpa pemanis sangat populer dan biasanya disertai dengan buah beri dan stroberi.

 

Nigeria

Kuli-kuli

Related image


Camilan ini sangat populer di Nigeria utara dan terbuat dari kacang tanah panggang yang digiling menjadi pasta dan dicampur dengan garam dan bumbu rempah sebelum digoreng dengan minyak kacang.

Ini menciptakan makanan ringan yang renyah, bergizi dan penuh protein yang sangat populer di bagian negara ini. Kudapan ini juga populer di sebagian Ghana dan Kamerun dan sering dimakan sendirian tanpa tambahan makanan lainnya.