Nutrition Tips | NUTRITION | 8 months ago
Mengenal Makanan Yang Biasa Disajikan Di Tahun Baru Imlek
Perayaan apapun pastinya tidak lepas dari makanan. Begitu pun dalam perayaan Tahun Baru Imlek. Makanan yang dinikmati selama Tahun Baru ini memiliki penekanan khusus untuk membawa keberuntungan dan nasib baik di tahun yang akan datang. 
15 February 2018 14:40
Text by Astri Suciati

Tahun Baru Imlek, yang juga disebut Lunar New Year atau Festival Musim Semi, adalah festival tradisional China yang paling penting dan dirayakan oleh setiap komunitas China di seluruh dunia. Ini adalah saat untuk reuni keluarga dan saling berharap kebahagiaan, kesehatan, kedamaian dan kemakmuran.

Perayaan apapun pastinya tidak lepas dari makanan. Begitu pun dalam perayaan Tahun Baru Imlek. Makanan yang dinikmati selama Tahun Baru ini memiliki penekanan khusus untuk membawa keberuntungan dan nasib baik di tahun yang akan datang. Nama-nama hidangan yang disajikan dan / atau bahan-bahannya sering terdengar mirip dengan kata-kata dan ungkapan yang mengacu pada keinginan yang dinyatakan atau mengandung makna simbolis.

 

Ikan

Mengapa makan ikan?

Pengucapan 'ikan' mirip dengan 'kelimpahan' dalam bahasa China. Oleh karena itu, memakan ikan terlihat membawa kelimpahan di tahun yang akan datang. Penting agar ikan disajikan utuh dengan kepala dan ekor utuh, untuk memastikan awal dan akhir yang baik dan untuk menghindari nasib buruk sepanjang tahun. Penting juga untuk meninggalkan sisanya untuk keesokan harinya karena ini menandakan bahwa kemakmuran akan melimpah.

Informasi nutrisi:

Ikan merupakan sumber protein dan mineral yang baik seperti fosfor, potasium, yodium dan selenium. Ikan yang berminyak juga merupakan sumber asam lemak omega 3 rantai panjang dan vitamin D. Kita semua harus mengusahakan untuk makan dua porsi ikan per minggu, salah satunya harus yang mengandung minyak.

 

Buah sitrus

Mengapa makan buah sitrus?

Tangerine atau jeruk mandarin terdengar seperti kata dalam bahasa China untuk 'keberuntungan' dan jeruk terdengar seperti kata dalam bahasa China untuk 'kekayaan' sehingga ini sering dimakan atau disajikan selama perayaan Tahun Baru Imlek untuk membawa kebahagiaan dan kemakmuran.

Kata dalam bahasa Kanton untuk pomelo atau jeruk bali terdengar sama dengan kata-kata untuk 'kemakmuran' dan 'status'. Buah pomelo juga merupakan simbol kesatuan keluarga.

Informasi nutrisi:

Buah sitrus terhitung dalam anjuran 5 porsi buah setiap hari dan merupakan sumber vitamin C, folat dan tiamin yang baik.

 

Sayuran hijau

Mengapa makan sayuran hijau?

Daun menandakan umur panjang. Sayuran hijau berdaun panjang seperti pak choi disajikan utuh agar bisa memberi umur panjang bagi para orang tua.

Informasi nutrisi:

Sayuran berdaun hijau memberi kita vitamin A, vitamin K, folat, vitamin C, mangan dan serat.



Ayam

Mengapa makan ayam?

Ayam juga populer di Tahun Baru Imlek, yang melambangkan berkumpulnya keluarga dan pernikahan yang baik. Menghidangkan ayam secara utuh menekankan kesatuan keluarga.

Informasi nutrisi:

Ayam adalah sumber protein yang sangat baik. Hindari kulitnya untuk mengurangi kandungan lemaknya.

 

Mie panjang

Mengapa makan mie yang panjang?

Mie yang disajikan tak terputus (tidak dipotong) dan disajikan sepanjang mungkin adalah untuk melambangkan umur yang lebih panjang.

Informasi nutrisi:

Coba gunakan mie dari gandum utuh untuk tambahan serat.

 

Dumpling

Mengapa makan dumpling?

Dumpling khas China ini bisa dibuat seperti menyerupai bentuk kapal, oval atau bola-bola. Legenda mengatakan bahwa semakin banyak dumpling yang Anda makan selama perayaan Tahun Baru, semakin banyak uang yang dapat Anda hasilkan di Tahun Baru.

Banyak variasi jenis dumpling yang kita kenal seperti dim sum, pangsit, siomay dll. Dumpling umumnya terdiri dari daging, ikan atau sayuran cincang halus yang dibungkus adonan tipis. Sambil membuatnya, keluarga terkadang menambahkan makanan keberuntungan seperti kacang (untuk membawa umur panjang) yang diselipkan ke dalam beberapa dumpling.

Informasi nutrisi:

Dumpling bisa dikukus bukan digoreng untuk mengurangi kandungan lemaknya.