Health Advice | HEALTH | 2 weeks ago
Menggabungkan Diet Untuk Kesehatan Jantung Dan Ginjal
Baru-baru ini berita duka datang dari ibunda artis Roger Danuarta yang meninggal karena menderita penyakit komplikasi yang disebabkan sakit jantung hingga menyerang ginjal. Di sini kami akan membahas diet untuk menjaga kesehatan jantung dan ginjal karena ketika kita mulai membuat perubahan untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung kita, kita juga membantu ginjal kita untuk tetap sehat.
27 November 2018 16:13
Text by Astri Suciati

Baru-baru ini berita duka datang dari ibunda artis Roger Danuarta yang meninggal karena menderita penyakit komplikasi yang disebabkan sakit jantung hingga menyerang ginjal. Di sini kami akan membahas diet untuk menjaga kesehatan jantung dan ginjal karena ketika kita mulai membuat perubahan untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung kita, kita juga membantu ginjal kita untuk tetap sehat.

Dalam kebanyakan kasus, orang dengan penyakit ginjal kronis (PGK) sudah memiliki diagnosis penyakit jantung atau arteriosklerosis. Bekerja sama dengan tim perawatan Anda untuk membantu Anda mengelola kondisi ini sangat penting, dan bagian dari perencanaan itu adalah mengonsumsi diet jantung sehat bersama dengan diet yang ramah ginjal.

Tapi bagaimana Anda membuat "hubungan cinta" antara kedua diet ini? Pelajari lebih lanjut tentang diet ginjal dan diet jantung sehat untuk menemukan bagaimana menggabungkan keduanya dapat membantu Anda mengembangkan dan melanjutkan kualitas hidup yang lebih baik.

 

Faktor utama diet ginjal

Protein: Konsumsi jumlah yang dibutuhkan tubuh Anda (sebagian orang perlu membatasi protein sementara yang lain perlu meningkatkannya).

Sodium: Hindari menambahkan garam dan batasi makanan olahan untuk membantu mengontrol tekanan darah dan keseimbangan cairan.

Cairan: Ikuti saran dari dokter dan ahli diet Anda. Beberapa orang dengan PGK tahap awal tidak perlu membatasi cairan, tetapi pada tahap selanjutnya, batasi hanya jika Anda memiliki masalah dengan pembengkakan atau penambahan berat badan karena kelebihan cairan.

Fosfor: Kurangi untuk menjaga tulang tetap sehat dan mencegah kalsifikasi (pengapuran) organ dan jaringan.

Kalium: Ikuti nasehat ahli diet Anda untuk tetap menjaga kalium pada tingkat yang aman dalam darah Anda (beberapa orang tidak perlu membatasi kalium dan beberapa diresepkan diet tinggi kalium, sedangkan yang lain harus mengurangi atau menghindari makanan tinggi kalium).

Kalsium: Ikuti saran dari dokter dan ahli diet Anda untuk mencegah kadar kalsium dalam darah menjadi tinggi atau rendah.

 

Faktor utama dari diet jantung sehat

Kolesterol: Turunkan asupannya untuk mengurangi kadar kolesterol dan meningkatkan efek obat penurun kolesterol.

Lemak trans dan lemak jenuh: Hindari makanan terhidrogenasi seperti mentega dan margarin. Pilihlah produk daging tanpa lemak, ikan, unggas, dan produk susu bebas lemak atau rendah lemak di dalam pedoman diet ginjal Anda.

Asam lemak Omega-3: Masukkan ikan dalam diet Anda setidaknya dua kali seminggu dengan mengonsumsi tuna albakora, herring, mackerel, trout pelangi atau salmon.

Lemak: Asupan sedang untuk lemak sehat seperti minyak zaitun atau minyak canola, kacang-kacangan dan alpukat.

Buah dan sayuran: Tambahkan lebih banyak ke menu harian Anda untuk meningkatkan asupan antioksidan. Jika Anda sedang membatasi kalium, pilih buah dan sayuran rendah kalium, dan tanyakan kepada ahli diet Anda tentang berapa banyak porsi yang harus Anda sertakan setiap hari.

Makanan berserat tinggi: Pilih makanan kaya serat di dalam pedoman diet Anda.

 

Cara membangun hubungan antara diet jantung dan ginjal

Seperti yang Anda lihat, diet ini memiliki tujuan yang berbeda dan beberapa komponen yang bertentangan, jadi penting untuk mengetahui mana yang lebih baik untuk situasi Anda sendiri. Juga, ketika fungsi ginjal menurun maka lakukan diet dan kebutuhan nutrisi. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat menggabungkan diet jantung sehat dan ginjal Anda:

Konsumsi protein untuk orang-orang yang tidak menjalani dialisis biasanya disarankan untuk mengurangi asupan protein mereka untuk mencegah penumpukan produk limbah dalam darah mereka. Mengurangi protein hewani juga dapat menurunkan lemak jenuh, yang sehat bagi jantung Anda. Orang yang menjalani dialisis membutuhkan jumlah protein yang lebih tinggi dan dapat memilih sumber protein dari ikan, unggas tanpa kulit dan potongan daging yang sangat sedikit lemak. Bicarakan dengan ahli diet Anda tentang memasukkan beberapa makanan tanpa daging dengan sumber protein non hewani seperti produk kedelai.

Pengurangan sodium baik untuk kesehatan ginjal dan jantung — lebih rendah lebih baik bagi kebanyakan orang. Umumnya orang harus membatasi sodium hingga 2.300 mg setiap hari. Untuk orang-orang yang berusia 51 tahun dan lebih tua, dan mereka yang memiliki hipertensi, diabetes atau penyakit ginjal, rekomendasinya adalah 1.500 mg sodium per hari. Untuk menjaga asupan sodium Anda dalam kisaran ini, hindari makanan yang diproses dan diawetkan, makanan cepat saji dan jangan tambahkan garam ke makanan Anda.

Diet rendah fosfor dan obat-obatan yang membantu mengontrol fosfor biasanya dibutuhkan oleh orang-orang yang menjalani dialisis. Aditif fosfat dalam suplai makanan kita adalah masalah yang berkembang, dan penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan tingkat fosfor tinggi memiliki risiko lebih besar untuk kasus kardiovaskular. Menghindari aditif fosfat baik untuk kedua diet ini. Jika diet rendah fosfor yang lebih ketat diperlukan, Anda mungkin perlu membatasi beberapa makanan jantung sehat yang secara alami tinggi fosfor seperti produk susu bebas lemak dan rendah lemak, kacang-kacangan, coklat dan kacang jenis polong-polongan.

Kalium berlimpah dalam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, susu dan yogurt — makanan yang sehat bagi jantung. Ini adalah salah satu area di mana diet ini bertentangan. Sementara asupan kalium tinggi baik untuk orang-orang dengan fungsi ginjal yang sehat, kebanyakan orang dengan penyakit ginjal harus membatasi jumlah kalium yang mereka makan sehingga tidak akan terakumulasi hingga tingkat yang berbahaya dalam darah mereka. Ketahui hasil lab kalium Anda dan diskusikan berapa banyak kalium yang perlu Anda konsumsi dengan ahli diet dan dokter Anda. Jika Anda sedang menjalani diet rendah kalium, sertakan porsi yang dianjurkan dari buah dan sayuran dengan kalium yang lebih rendah untuk mendapatkan manfaat antioksidan dan anti inflamasi.

Lemak dan gula dibatasi dalam diet jantung sehat, tetapi beberapa orang dengan PGK mengalami kesulitan mengonsumsi cukup kalori. Diet bebas dengan ekstra lemak dan makanan manis dapat diresepkan untuk membantu mencegah penurunan berat badan dan kekurangan gizi yang tidak diinginkan.

Kontrol kolesterol melalui diet adalah bagian dari diet jantung sehat, dan banyak pasien PGK menggunakan obat penurun kolesterol. Namun, menghindari lemak jenuh dan lemak trans lebih penting.

 

Bekerja sama dengan tim kesehatan Anda

Anda memiliki tim ahli kesehatan yang akan membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari diet yang ramah ginjal dan jantung sehat Anda. Bekerja samalah dengan mereka tidak hanya pada resep diet Anda, tetapi perbaikan gaya hidup secara keseluruhan termasuk berolahraga lebih banyak, mengelola stres dan berhenti merokok. Anda juga dapat berbagi dengan orang lain tentang diet ginjal dan jantung sehat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan kedua organ vital ini. Menunjukkan cinta terhadap seluruh tubuh Anda adalah sebuah langkah besar untuk merasa lebih baik.