How To Lose Weight | WEIGHT LOSS | 1 year ago
Menguak Rahasia Diet: Kenapa Dapurmu Tidak Boleh Berantakan
KESALAHAN YANG KAMU LAKUKAN DI DAPUR TERNYATA BISA MENYEBABKAN BERAT BADANMU BERTAMBAH.
19 October 2017 15:05
Text by Webmaster

Mungkin kamu sudah pernah dengar kalau rumah yang berantakan (bukan hanya sekedar pakaian yang berserakan di lantai) sama dengan hidup yang berantakan. Karena hal itu dapat membatasi produktifitas dan menguras energimu.

TAPI ADA SATU RUANGAN YANG PERLU SERING DIRAPIKAN DAN DIBERSIHKAN, YAITU DAPUR.

Sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Environment and Behavior mengungkapkan bahwa lingkungan yang berantakan dan kacau dapat memicu stress yang pada akhirnya akan menimbulkan keinginan untuk makan cemilan dan kalori yang lebih banyak. Sebaliknya, dapur yang rapi bisa membantumu lebih pintar dalam memilih cemilan dan mengurangi asupan kalori. Cerdas.

Beberapa peneliti mengambil sampel sebanyak 98 wanita dan menyuruh mereka untuk duduk di dapur yang berantakan dengan tumpukan kertas yang berserakan dan alat makan yang kotor bertebaran sedangkan separuhnya lagi diminta duduk di dapur yang bersih dan rapi.

Ada dua mangkuk kue kering, krakers dan wortel di kedua dapur tersebut. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang duduk di dapur yang berantakan makan kue kering dua kali lebih banyak daripada kelompok yang lainnya.

Menariknya lagi sebagian dari mereka diminta untuk menulis mengenai saat-saat dimana mereka merasa stress dan tidak terkendali sedangkan sebagian lagi diminta menulis saat-saat mereka merasa tenang dan terkendali. Kelompok kedua tersebut kemudian masuk ke dalam dapur yang berantakan dan mereka makan 100 kalori lebih rendah daripada kelompok yang merasa stress sebelum masuk ke dalam dapur tersebut.

Menurut penulis utama penelitian tersebut, Lenny Vartanian, berada di ruangan yang berantakan dan merasa stress dapat memberikan dampak buruk pada diet. Kondisi tersebut cenderung membuat mereka berpikir, kalau ruangannya saja berantakan, kenapa aku harus tenang? Dia pun menambahkan hal yang sama juga bisa terjadi pada pria.

Intinya, pulang ke rumah dalam keadaan rumah bersih dan rapi setiap hari itu memang sulit, dan Kita mengakui bahwa rumah yang agak berantakan bukanlah suatu hal yang memalukan. Tapi kalau Kamu perlu mengurangi kebiasaan ngemilmu dan juga ukuran pinggulmu, membersihkan dapur setiap kali selesai makan penting dilakukan.