Nutrition Tips | NUTRITION | 4 weeks ago
Menyemai Benih Kehidupan Melalui Raw Vegan Food Di The Seeds Of Life Café And Tonic Bar
The Seeds of Life adalah salah satu raw food café dan tonic bar di Ubud Bali yang tidak hanya menyediakan makanan alami dan menyehatkan namun juga menyelenggarakan pelatihan raw food tersertifikasi, yoga retreat dan holistic healing. Jadi selain mendapatkan kesehatan dan kesegaran dari makanan, Anda juga dapat merasakan “reawakening” atas jiwa dan pikiran.
12 November 2018 20:08
Text by Astri Suciati

Satu lagi raw food café dan tonic bar di Ubud yang menyajikan makanan organik, alami, sehat dan dengan pemrosesan seminimal mungkin untuk menjaga khasiat makanan semaksimal mungkin agar memberikan kebaikan untuk tubuh dan pikiran sepenuhnya. The Seeds of Life menargetkan makanan untuk kaum vegan, dimana sebagian besar bahan makanan yang mereka olah dan hidangkan terdiri dari sayuran dan buah-buahan murni dan segar, disertai berbagai minuman berbahan dasar herbal yang mendukung kesehatan secara optimal. Dengan menggabungkan unsur-unsur kesenangan, rasa, semangat dan integritas melalui gerakan Raw Living Foods, The Seeds of Life fokus untuk mendukung kebangkitan kembali jati diri kita melalui gaya hidup sehat kekinian.

Selain raw food café dan tonic bar, The Seeds of Life juga memiliki program workshop dan event seperti Raw Food Chef Certification untuk orang-orang yang tertarik mendalami bidang raw food, juga ada yoga retreat, healing session dan banyak lagi. Dengan demikian, The Seeds of Life merupakan sebuah tempat terpadu untuk Anda yang mencari penyegaran tubuh, pikiran dan jiwa. FabFit by (X)S.M.L mewawancarai pemilik dan pendiri sekaligus Head Chef The Seeds of Life Café and Taoist Tonic Bar, Ben Richards, untuk menceritakan kisahnya.


Ben Richards, pemilik The Seeds of Life Café and Taoist Tonic Bar


Dari mana Anda berasal dan bagaimana Anda menjadi raw food chef dan herbalis?

Saya dari daerah Byron Bay di Australia. Sejak saya berumur 17 saya telah mempelajari berbagai modalitas penyembuhan yang berbeda mulai dari pijat fisik, teknik emosional / spiritual, nutrisi dan detoksifikasi. Sistem herbal yang saya minati didasarkan pada budaya pengetahuan berusia 5.000-10.000 tahun dan bagaimana menerapkan herbal untuk memperbaiki penyakit tertentu yang saya alami. Dan setelah melihat hasilnya saya ingin memasukkan itu ke dalam hidangan, teh yang diminum setiap hari, pencuci mulut dan sebagainya.

 

Bagaimana Anda bisa mempunyai ide untuk mendirikan raw food cafe & tonic bar dan apa yang menginspirasi Anda?

Pada suatu malam 11 tahun yang lalu saya sedang mencari modalitas berikutnya untuk dipelajari di internet dan ketika saya merasa saya telah cukup mempelajari kerja tubuh dan teknik spiritual, saya berpikir tentang nutrisi. Saya menemukan raw living foods dan itu benar-benar masuk akal bagi saya. Hubungan dengan alam melalui enzim yang hidup, biophotons dan air terstruktur yang hidup melekat pada buah-buahan dan sayuran organik segar memang masuk akal. Maksud saya setiap hewan lain hanya makan makanan secara mentah dan tidak diproses dan kecuali mereka dipelihara atau diternakkan mereka tidak sakit. Saya ingin tahu lebih banyak pada saat itu dan melanjutkan untuk mempelajarinya lebih dalam.

 

Bagaimana Anda mendapatkan bahan-bahan untuk café Anda? Apakah sulit mendapatkan sumber bahan organik?

Di Bali saya mencari sumber bahan organik yang tumbuh di atas pematang sawah. Ada bahan kimia mengerikan seperti glifosat yang disemprotkan ke tanaman yang memiliki efek yang sangat merugikan pada tubuh manusia, terutama pencernaan. Benih transgenik Monsanto juga seperti racun dan bertindak demikian dalam tubuh manusia. Tubuh kita tidak seharusnya beradaptasi dan bekerja dengan organisme yang dimodifikasi secara genetika.

 

Kesan pertama seseorang tentang raw food mungkin mirip dengan anggapan banyak orang, yaitu bayangan terhadap makan banyak salad dan tidak banyak makan makanan lain lagi. Bagaimana Anda melihatnya?

Ya itulah maksudnya, coba cek Instagram saya @seedsoflifebali dan beri tahu saya apa yang Anda lihat. Saya sudah membawanya ke tingkat kreativitas yang sama sekali baru yang saya harap dapat membuat living foods menjadi makanan yang 'normal'. Makanan normal yang baru. Jadi Anda akan melihat lasagna, gnocchi, pizza, pasta, burger, wraps, sup, makanan pencuci mulut yang luar biasa, semua bebas gluten, glisemik rendah, tanpa pengawet, tidak ada yang dimasak sama sekali, tanpa gula, organik. Luar biasa apa yang bisa kita lakukan dengan sedikit inspirasi. Makan bersih dan sehat tidak harus menjadi seperti terkekang dalam penjara, kita dapat membuat hidup sehat jadi menyenangkan, penuh warna dan baik untuk lingkungan. Maksud saya, memang sudah seharusnya kan? Peternakan hewan berkontribusi hingga 55-60% dari masalah ekologis bumi. Tidak ada yang lebih efektif yang dapat dilakukan manusia untuk lingkungan saat ini yaitu berhenti makan daging atau secara drastis membatasi jumlah yang mereka makan. Dan manusia saat ini adalah spesies paling sakit di muka bumi. Saya ingin menjalani kehidupan yang sehat dan membuat tahun-tahun terakhir kehidupan saya berkesan, bukan pengalaman menyakitkan yang mengerikan di rumah sakit.

 

Apa resep / menu favorit Anda dari café Anda dan apa keistimewaannya?

Saya akan mengatakan SOLBowl (Seed of Life Bowl) atau gnocchi. SOLBowl adalah perpaduan dari semua rasa yang sangat enak di menu kami. Dan gnocchi benar-benar merupakan pengalaman bagaimana kita dapat membuat tampilan dan rasa raw food seperti makanan yang dimasak. Ini sangat menakjubkan. Kami memiliki saus pesto walnut dan rasa blue cheese 'gorgonzola' yang menarik yang saya buat dari fermentasi kacang mete untuk kejunya, jadi ini baik untuk bakteri usus Anda, dan kemudian saya menemukan buah noni liar yang merupakan makanan terbaik untuk sistem kekebalan tubuh Anda dan baunya seperti blue cheese! Kemudian saya menggunakan spirulina segar yang ditanam di Bali untuk warna biru / hijau dan merupakan protein lengkap. Hidangan yang luar biasa sehat penuh nutrisi. Juga terdapat psyllium husk di dalam gnocchi sehingga dapat membersihkan usus besar Anda. Ini benar-benar epik. Dan Anda mendapatkan sepotong roti raw almond dan kelapa dari kami yang mungkin Anda pikir dimasak.