Nutrition Tips | NUTRITION | 1 year ago
Mitos Tentang Kolesterol Yang Perlu Dihilangkan
Apakah benar bahwa makanan seperti telur dan daging merah mengandung kolesterol yang tinggi ?
20 September 2017 18:12
Text by Webmaster

Memisahkan Fakta dari Fiksi

Kolesterol sering diasumsikan sebagai salah satu hal yang buruk untuk kesehatan tanpa mengetahui lebih jauh apa sebenarnya kolesterol itu dan apa perannya untuk tubuh. Inilah beberapa mitos yang paling banyak disalahpahami mengenai kolesterol.


Mitos: Kolesterol itu Buruk

Kolesterol sebenarnya merupakan zat yang alami karena tubuh Kita memproduksi kolesterol di dalam liver untuk membantu beragam proses yang terjadi di dalam tubuh. Johny Bowden dan Stephen Sinatra, pengarang dari The Great Cholesterol Myth menjelaskan bahwa kolesterol merupakan induk molekul pada semua hormone seks utama seperti oestrogen, progesterone dan testosterone. Kolesterol juga dibutuhkan oleh sistem imun dan otak. ada dua macam kolesterol yang bersemayam dalam aliran dara yaitu high-density lipoprotein atau HDL, kolesterol baik yang menghilangkan plak pada pembuluh darah dan mengalirkannya ke liver untuk dikeluarkan. Yang kedua adalah low-density lipoprotein atau LDL, kolesterol buruk yang memunculkan tumpukan plak pada dinding arteri.


Mitos: Telur dan Makanan Berkolesterol Tinggi Lainnya Harus Dihindari

Kebanyakan dari Kita menganggap bahwa makanan seperti telur dan daging merah mengandung kolesterol yang tinggi. Akan tetapi sebuah penelitian telah dengan tegas membuktikan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tidak mempengaruhi kadar kolesterol di dalam tubuh.


Mitos: Kolesterol Tinggi Tidak Bisa Diatasi

Kunci utama dalam menurunkan kolesterol adalah memilih makanan yang tepat. Yang paling penting tentu saja mengurangi konsumsi makanan berlemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh misalnya makanan yang digoreng dan makanan kemasan. Selanjutnya, perbanyak konsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik seperti oats, kacang-kacangan, buah dan sayur yang mengandung serat tinggi.


Mitos: Makanan Bebas Kolesterol Baik untuk Kesehatan

Cek labelnya! Makanan berlabel bebas kolesterol bisa saja masih mengandung kolesterol yang tinggi jika terdapat kandungan lemak trans yang juga salah satu pemicu meningkatnya kolesterol jahat di dalam tubuh. Kalau Kamu memang ingin menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, lebih baik fokus saja dalam mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kolesterol baik. Dibandingkan menurunkan kolesterol jahat, meningkatnya kolesterol baik lebih efektif dalam mencegah berbagai penyakit seperti stroke dan jantung.


Mitos: Anak-Anak Tidak Beresiko Kolesterol Tinggi

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pembuluh arteri dapat menyempit dimulai pada usia delapan tahun. Anak-anak yang keluarganya memiliki riwayat penyakit jantung atau darah tinggi harus memeriksa tingkat kolesterol mereka sejak dini dan menghindari makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat, sama seperti Kita.