How To Beauty | BEAUTY | 4 days ago
Modelling Dan Kesibukan Firrina Sinatrya Sebagai Ibu Baru
Wajah cantik Firrina Sinatrya alias Aquila Firrina tentu sudah tak asing lagi karena kerap wara-wiri di panggung hiburan tanah air sebagai model dan aktris layar kaca, juga layar lebar. Setelah menikah, apa saja ya kesibukan baru istri Petra Sihombing ini?
14 August 2019 20:10
Text by Astri Suciati


Lima belas tahun berkarir di dunia showbiz tentunya bukan waktu yang singkat bagi Firrina Sinatrya untuk bisa dikenal publik lewat beragam karya pertunjukan yang dilakoninya dan raihan berbagai penghargaan di bidang modelling. Berawal dari finalis pemilihan model salah satu majalah remaja Kawanku pada 2004, terbukalah gerbang kesempatan untuk menjajaki industri hiburan tanah air. Tak butuh waktu lama bagi hot mama kelahiran 31 tahun lalu ini untuk mendapatkan peran sebagai model di banyak iklan dan video klip musik band-band papan atas seperti Ungu, ADA Band, Peterpan, Padi, Andra and the Backbone, Radja, Dewa 19, Gigi dan lain-lain.

Wajah Firrina pun kian dikenal masyarakat luas setelah membintangi berbagai judul sinetron, FTV, hingga film layar lebar. Belum lagi wajah cantik kebulean membuatnya banyak menghiasi berbagai majalah mode dan kecantikan serta panggung fashion show. Selain hobi masak dan menggambar, pemilik tinggi 174 cm ini juga punya talenta lain yaitu fotografi. Hasil jepretannya bisa dinikmati di akun Instagram @firrinasinatrya yang dibuatnya khusus untuk mengabadikan koleksi fotografinya.

Kini setelah diperistri oleh penyanyi Petra Sihombing, kesibukannya pun berubah dengan hadirnya si kecil yang lucu. Lulusan S1 Pendidikan Tata Boga dari Universitas Negeri Jakarta ini mengungkapkan kesibukan barunya yang berhubungan dengan dunia parenting sebagaimana perannya yang kini bertambah sebagai ibu baru. Simak yuk obrolan kami dengan mommy kece yang humble dan friendly berikut ini.




Bicara flashback, apa atau siapa yang menginspirasi kamu untuk terjun ke dunia hiburan pada awalnya?

Aku kecil gak pernah terbayang kalau ingin terjun di dunia hiburan. Dulu bahkan cita-cita aku ingin jadi arkeolog. Tapi waktu SMP mama kasih ide aku untuk ikutan lomba model majalah Kawanku. Waktu itu aku mau ikut semata-mata karena hadiahnya banyak dan karantinanya seru. Ternyata keterusan sampai sekarang.


Apa pekerjaan favorit kamu di industri ini sejauh ini (model, film, sinetron dll) dan kenapa?

Semuanya punya serunya masing-masing. Susah kalau disuruh pilih paling seru yang mana. Tapi pada akhirnya aku memang lebih lama di modeling karena dari sisi waktu kerjanya lebih fleksibel dan aku masih tetap bisa melakukan hal-hal lain di luar pekerjaan aku.


Ada cerita lucu atau pengalaman paling menarik yang tak terlupakan selama kamu menjadi model dan aktris?

Setiap aku dapat kesempatan kerja di luar Jakarta aku selalu senang sekali dan gak terlupakan. Tahun 2013 aku pernah photoshoot untuk majalah Dewi di Labuan Bajo dan salah satu fotonya ada yang berdiri di atas rumah panggung yang di bawahnya ada banyak komodo besar menunggu. Haha…Serem tapi seru!




Seandainya jalan hidup tidak membawamu menjadi seorang model atau aktris, apa yang ingin kamu lakukan?

Mungkin aku akan jadi chef, fotografer, atau seniman.


Kamu juga gemar fotografi sampai punya akun khusus hasil jepretan kamu sendiri. Tidak ingin merambah bisnis fotografi atau bikin pameran barangkali? 

Wah mau banget kalau bisa bikin pameran. Tapi sepertinya untuk sampai situ aku masih jauh. Semoga suatu saat nanti bisa sampai di situ. Kalau untuk dijadikan bisnis aku gak kebayang mau seperti apa. 


Biasanya model atau artis identik dengan barang-barang branded dan gaya hidup glamor. Bagaimana dengan seorang Firrina?

Dibilang identik sebenarnya gak juga. Pekerjaan modeling memang kalau di majalah dan di runway yang memberi kesan selalu glamour dan branded. Padahal pekerjaan dan kehidupan pribadi belum tentu sejalan lurus. Kalau menurut aku sah-sah aja punya barang branded kalau memang kita mampu. Tapi kalau aku pribadi gak harus semuanya serba branded. Aku hobby banget hunting barang vintage dan belanja di pasar. Dan gak jarang aku dapat barang branded vintage dengan harga super-duper miring.




Setelah menikah dan punya anak, bagaimana cara kamu mengatur antara keluarga dan pekerjaan?

Aku belum kembali bekerja modeling sampai saat ini. Sementara ini aku menerima hanya pekerjaan sebagai influencer karena waktu dan kerjanya lebih singkat dari modeling, dan aku bisa bawa anakku juga. Selain itu berat badan aku juga belum balik seperti dulu waktu masih modeling.


Ceritakan dong apa itu Three Mumsketeers. Apa saja aktivitas yang kamu lakukan bersama Annisa Pagih dan Shahnaz Soehartono?

Oh iya aku juga sedang meniti channel YouTube Three Mumsketeers bersama 2 orang teman aku Shahnaz Soehartono dan Ann Pagih yang juga ibu baru. Channel ini kita buat untuk sharing tentang parenting dan pengalaman kita masing-masing. Jadi sebagai wadah berbagi pengalaman sebagai ibu baru, yang dimana kita sebenarnya banyak bingung dan masih sama-sama belajar juga. Pengen saling bantu antar sesama ibu baru dengan ceritain pengalaman kita, atau sekedar menumpahkan keresahan hati aja. Haha…

Kalau lagi shooting bikin episode baru, aku selalu ajak mama aku supaya bisa bantu pegang anakku. Itu juga shooting gak pernah lebih dari 4 jam karena semuanya masih punya anak bayi.


Ngomong-ngomong tentang si kecil, kamu melahirkan dengan metode natural home birth. Kenapa memilih menggunakan cara ini dan bisa diceritakan seperti apa prosesnya?

Waktu itu akhirnya yakin memutuskan home birth waktu aku hamil 5 bulan. Basically itu berdasarkan instinct aku. Dan karena research yang aku lakukan dan juga banyak bertanya pada yang sudah ahli yang membuat aku semakin yakin. Prosesnya waktu itu aku mulai mules tanggal 24 jam 12 malam, lalu tim bidan datang jam 5 pagi, lalu anak aku lahir tanggal 25 jam 2 siang.