Professional Athletes | INTERVIEWS | 3 weeks ago
Nazhif Gifari: Dosen Ilmu Gizi Dan Founder Gizi Kebugaran Indonesia
Nazhif Gifari adalah seorang ahli gizi dan dosen sekaligus peneliti di bidang gizi olahraga, yang kali ini membagikan berbagai hal seputar nutrisi dan profesi yang dijalaninya.
28 August 2019 18:44
Text by Astri Suciati


Profil ahli gizi yang kali ini kami tampilkan adalah Nazhif Gifari. Selain menjadi dosen program studi ilmu gizi di Universitas Esa Unggul, ia juga seorang nutrisionis olahraga yang merupakan pendiri Gizi Kebugaran Indonesia, sebuah komunitas yang fokus pada gizi, kesehatan dan kebugaran. Lulusan pendidikan Master ilmu gizi dari Institut Pertanian Bogor ini menceritakan pengalaman sebagai sport nutritionist dan hal-hal yang berkaitan seputar gizi, kebugaran dan gaya hidup sehat aktif.




Bisa diceritakan bagaimana minat Anda di bidang ini dimulai, yang membuat Anda memilih profesi ahli gizi? 

Belajar ilmu gizi merupakan ilmu aplikatif yang bisa kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tertarik saat ada kerabat yang dirawat yang memberikan konsultasi gizi dan meal plan bagi recovery setelah sakit.

 

Apa yang sebenarnya dicari orang ketika berkonsultasi dengan ahli gizi atau ahli diet? Selain berhubungan dengan penyakit, masalah apa yang biasanya membutuhkan bantuan para ahli ini?

Sebagian masyarakat khususnya yang ingin menurunkan berat badan yaitu pengaturan pola makan meliputi makanan apa yang boleh dan makanan yang harus dibatasi serta biasanya ada beberapa yang bertanya tentang tips berolahraganya.

 

Anda juga ahli gizi olahraga. Seperti apa pekerjaan ahli gizi olahraga?

Sebetulnya ahli gizi olahraga itu sudah lama ada namun belum tersosialisasi secara luas. Berawal dari saya yang juga suka olahraga sebetulnya kemudian berlanjut ke arah penelitian studi waktu itu di bidang gizi olaharaga. Tentunya ahli gizi olahraga lebih dekat dengan atlet, pelatih dan tim medis, misalnya pengaturan pola makan untuk menjelang kompetisi, penilaian status gizi, dan masalah-masalah gizi lainnya. Nah, jika Anda ingin menjadi ahli gizi olahraga tentunya juga harus mempraktikkan juga sehingga tidak hanya di teori aja.

 

Bisakah Anda memberikan gambaran singkat tentang penelitian / jenis studi yang sudah Anda lakukan sehubungan dengan gizi olahraga?

Sebetulnya berbicara tentang gizi olahraga itu ada 2 arah, ke rekreasi atau prestasi. Untuk rekreasi sebagian besar kita di wellness bagi para pekerja, semisal memberikan edukasi gizi dan program latihan bagi para pekerja sehingga mendapatkan status gizi optimal agar mampu meningkatkan produktivitas kerja. Untuk bidang prestasi, saat ini kami di bagian divisi gizi olahraga fokus pada atlet muda dari atlet futsal, renang, taekwondo, sampai e-sport yang lagi naik daun.