Tips For Men | MEN | 1 year ago
Panduan Perawatan Kulit Untuk Pria
Jika Anda berpikir Anda merawat kulit Anda dengan bercukur dan kemudian menggunakan aftershave, pikirkan lagi. Pelajari dasar-dasar tentang perawatan kulit untuk pria.
20 October 2017 17:25
Text by Astri Suciati

Pria tidak menghabiskan banyak waktu untuk mengkhawatirkan perawatan kulit. Faktanya, menurut sebuah studi baru oleh NPD Group, sebuah perusahaan riset pasar konsumen, hanya seperempat pria yang saat ini menggunakan pembersih wajah, pelembab, atau produk kulit lainnya. Sebagian besar hanya membasuh wajah mereka dengan air, bercukur, dan melakukan kegiatan mereka.

Tapi mungkin Anda harus berpikir dua kali tentang apa yang Anda lakukan terhadap wajah Anda. Sementara pria tidak menjalani ritual perawatan kulit yang rumit seperti yang dilakukan wanita, ada beberapa produk yang dapat Anda gunakan dan langkah-langkah yang dapat Anda lakukan yang akan melindungi dan memberi nutrisi pada kulit Anda, membuatnya terlihat lebih muda lebih lama.


Produk Perawatan Kulit Terbaik yang Dibutuhkan Setiap Pria

Ada beberapa produk perawatan kulit yang harus ada di tangan pria untuk perawatan kulit sehari-hari:

  • Pembersih muka. Anda harus mencuci muka dua kali sehari dengan pembersih yang baik. Jika memungkinkan, itu harus mengandung alpha hydroxy acid untuk membantu membersihkan sel kulit mati, menjaga agar pori-pori tetap bersih, dan memunculkan kulit baru.


  • Krim cukur. Anda pasti ingin membeli produk yang akan melumasi kulit dengan benar sehingga pisau cukur akan meluncur di atasnya, mencegah luka akibat pisau cukur. Anda bisa memilih krim cukur atau gel dalam kaleng bertekanan, atau Anda bisa membeli sabun cukur yang ada dalam tub kecil dan dioleskan dengan sikat. Beberapa pria percaya sikat membuat rambut berdiri tegak agar bercukur lebih mudah.


  • Lotion aftershave. Banyak pria menggunakan lotion aftershave untuk menenangkan kulit setelah bercukur. Lotion mungkin mengandung antiseptik untuk mencegah infeksi, pelembab, atau pewangi.


  • Pelembab. Kulit cenderung mengering karena minyak esensialnya berkurang seiring bertambahnya usia, namun pelembab yang baik bisa membantu. Anda mungkin ingin memilih pelembab yang mengandung antioksidan seperti vitamin A, C, dan E, yang bisa melindungi sel kulit dari penuaan. Hindari krim atau lotion dengan sodium lauryl sulfate, yang cenderung menghilangkan minyak alami dari kulit.


  • Tabir surya. Tabir surya adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penuaan pada kulit Anda, dan itu harus diterapkan kapan pun Anda berkeinginan untuk menghabiskan waktu di luar rumah. Beberapa ahli bahkan merekomendasikan untuk menerapkan tabir surya tepat setelah bercukur. Pastikan memiliki SPF factor minimal 15.


Mencukur untuk Perawatan Kulit

Mencukur memiliki keuntungan tersembunyi - pengelupasan kulit yang terjadi setiap kali bercukur bisa membuat kulit wajah Anda terlihat muda dan sehat. Tapi jika Anda mencukurnya dengan tidak semestinya, Anda bisa menyebabkan luka akibat pisau cukur atau silet, yang terbentuk saat rambut wajah dipotong terlalu pendek sehingga menjadi keriting dan kembali ke dalam kulit. Untuk mencukur dengan benar, ikuti langkah-langkah ini:

  • Lembutkan jenggot Anda. Basahi seluruh wajah Anda dengan air hangat. Sebelum membasahi jenggot, Anda bahkan mungkin ingin mengusapkan lap hangat untuk lebih melembutkannya.


  • Oleskan krim cukur. Tutupi seluruh jenggot dengan krim cukur. Lakukanlah dengan baik untuk membuat rambut berdiri dan melumasi kulit.


  • Mencukur. Gunakan pisau cukur yang tajam, dan cukur ke arah bulu-bulu itu tumbuh. Hindari mengulangi gerakan menggores, dan jaga agar kulit Anda rileks.


  • Bilas. Bilas sisa krim cukur dari wajah Anda. Gunakan air dingin atau hangat, karena air panas akan mengeringkan kulit Anda.


Lindungi Wajah dengan Perawatan Anti Penuaan

Produk anti penuaan terbaik yang dapat Anda gunakan adalah tabir surya, yang melembabkan kulit Anda dan mencegah kerusakan akibat sinar matahari. Namun, untuk merawat kulit yang mulai menunjukkan tanda-tanda usia, seperti garis-garis halus dan kusam, pertimbangkan gel tretinoin atau emolien (Retin-A Micro, Renova). Topikal turunan vitamin-A ini meningkatkan produksi alami kolagen dan serat elastis di kulit karena mereka merawat perubahan warna, keriput, dan degenerasi jaringan elastis. Produk tersebut hanya tersedia dengan resep dokter, jadi bicarakan dengan dokter Anda.