Health Advice | HEALTH | 1 year ago
Penting! Belajar Fakta Tentang Kadar Gula Darah Sebelum Telat !
APA YANG MEMPENGARUHI KADAR GULA DARAH HINGGA MENJADI TINGGI DAN APA PENGARUHNYA UNTUK KESEHATAN ANDA?
31 October 2017 13:21
Text by Webmaster

(Q) Dokter pribadiku mengatakan bahwa kadar gulaku 8.0. Bisakah Anda jelaskan padaku apakah kadar tersebut terlalu tinggi atau di atas normal?

(A) Biasanya, kadar gula darah dicek disaat Anda berpuasa – disaat Anda belum memakan apapun atau meminum apapun selama kurang lebih 8 jam. Kadar gula darah yang normal dikala Anda berpuasa adalah sekitar 3.0 sampai 5.5 mmol/L. Jika dalam keadaan tidak berpuasa, kadar normalnya adalah diantara 3.0 sampai 7.8 mmol/L. Tubuh manusia biasanya bisa menjaga kadar gula darah seperti yang sudah disebutkan sebelumnya walaupun asupan makanan ataupun pengeluaran energy berbeda-beda, namun jika pengecekan kadar gula darah dilakukan tepat sesudah Anda mengkonsumsi makanan, hal ini bisa mengakibatkan kadar yang jauh lebih tinggi dari normal.

Kondisi lainnya yang bisa mempengaruhi peningkatan dalam gula darah adalah infeksi akut, trauma dan juga stress, baik itu secara fisik ataupun psikologi. Dalam kondisi tersebut, peningkatan gula darah dalam tubuh tiba ditunjukan dengan penyakit diabetes dan pengecekan harus dilakukan secara berkala hingga hasilnya menunjukan kadar yang stabil.

Jika pengecekan gula darah Anda dilakukan tepat sesudah Anda memakan banyak karbohidrat atau kondisi tubuh Anda sedang terisi oleh banyak zat makanan, hasilnya akan menunjukan kadar yang sedikit di atas level glukosa dalam tubuh. Namun, jika hasilnya menunjukan 8.0 setelah Anda berpuasa makan selama kurang lebih 8 jam, hal ini bisa sangat berbahaya dan bias jadi Anda terkena penyakit diabetes.

Jika pada tes terakhir, walaupun Anda tidak berpuasa terlebih dahulu dan hasilnya tetap segitu, mungkin Anda harus akan direkomendasikan untuk mengulang tes tersebut. Hal ini dilakukan dengan tes lanjutan atau yang biasa dikenal dengan naman ‘Glucose Tolerance Test’ (GTT).

Dengan tes GTT tersebut, hasil yang ditunjukan akan berdasarkan seperti disaat Anda berpuasa terlebih dahulu sebelum melakukan tes, lalu Anda akan diberi dosis khusus, yang diukur dari kadar pengkonsumsian glukosa selama 5 menit. Gula darah Anda akak dites ulang lagi setelah 2 jam berlalu. Seharusnya, hasil dari tes tersebut menunjukan hasil kurang dari 7.8. Hasil yang menunjukan angka diantara 7.8 dan 11.1 adalah sebuah indikasi dari ‘Impaired Glucose Tolerance’ dan hasil di atas 11 adalah indikasi dari terjangkitnya diabetes dalam tubuh.

Beberapa orang yang didiagnosis oleh gangguan toleransi glukosa termasuk ke dalam ‘pre-diabetic’ atau masa sebelum terkena penyakit diabetes. Mereka memiliki insulin resistensi dan berada pada peningkatan risiko akan penyakit kardiovaskular. Mereka memiliki kemungkinan untuk terjangkit penyakit diabetes tipe 2 beberapa tahun ke depan. Namun, berita baiknya adalah hal tersebut bisa saja dihindari atau ditunda dengan olahraga secara teratur, mengurangi berat badan dan membatasi asupan dari karbohidrat, terlebih lagi gula dan juga karhobidrat yang diproses.

Konsultasikan dengan dokter Anda tentang hal apa saja yang seharusnya Anda lakukan dengan masalah tersebut dan ubahlah gaya hidup anda seperti melakukan diet, olahraga dan pengurangan berat badan apabila memang diperlukan.