Training Tips | FITNESS | 1 year ago
Penting! Fakta Tentang Asam Laktat Ketika Berolahraga
Pelajari cara berolahraga lebih lama dan lebih keras tanpa harus merasakan efek-efek asam laktat di ototmu.
08 September 2017 11:05
Text by Astri Suciati

Kristy Welsh, seorang pelatih pribadi, menjelaskan beberapa penyebab asam laktat dan cara mengatasinya.

Apa Itu Asam Laktat?

Saat otot terasa terbakar pada saat dan setelah berolahraga yang cukup keras, otot menghasilkan asam laktat. Asam laktat sendiri merupakan hasil tambahan dari sistem energi. Zat ini digunakan untuk menyalurkan energi ke tubuh tanpa perlu menggunakan oksigen- prosesnya dinamakan glikolisis anaerobik.

Akumulasi asam laktit mengurangi fungsi kalsium dalam kontraksi otot dan itulah juga alasan kenapa Kamu cenderung merasakan kaki terasa berat dan sangat lelah.


Perlukah hal ini dikhawatirkan?

Meskipun hal ini dapat menganggu performa saat berolahrga, asam laktit tidak perlu dikhawatirkan. Dengan berolahraga secara teratur dalam intensitas yang tinggi, tubuh pun akan lebih terbiasa melakukan banyak gerakan sehingga bisa menjadi lebih efisien dalam membersihkan asam laktat. Dengan begitu Kamu bisa berolahraga lebih keras dan lebih lama.


Bagaimana Cara Mengatasinya?

Asam laktat yang berlebihan umumnya bisa hilang dengan sendirinya dari otot dalam waktu satu jam setelah berolahraga dan sebenarnya asam laktat pun dapat digunakan untuk membentuk energy guna mendukung kerja otot.

Coba gunakan tips dari para atlit professional yaitu dengan melakukan massage, peregangan ringan dan mandi air panas untuk melancarkan sirkulasi darah dan membantu mengeluarkan asam laktit dari totot setelah berolahraga secara intens.