How To Beauty | BEAUTY | 1 year ago
Penyebab Rambut Rontok
ADA BEBERAPA PENYEBAB TERJADINYA RAMBUT RONTOK.
30 October 2017 13:51
Text by Webmaster

Rambut rontok permanen adalah saat kerusakan terjadi pada bagian rambut yang hidup- folikelrambut atau akar. Memiliki riwayat anggota keluarga yang mengalami kebotakan merupakan faktor paling utama munculnya rambut rontok.


PENYEBAB RAMBUT RONTOK DIANTARANYA:

Alopecia areata: merupakan penyakit autoimun (sistem imun secara tidak sengaja menyerang sel-sel dalam tubuh) dimana inflamasi pada folikelrambut menyebabkan bercak kebotakan. Jumlah rambut yang rontok bervariasi dan bisa terjadi sementara atau permanen. Biasanya kerontokan terjadi di area kulit kepala tapi juga bisa mempengaruhi area lain pada tubuh.

Androgenetic alopecia (pola kebotakan) : merupakan penyebab rambut rontok yang paling banyak terjadi pada pria dan biasanya diakibatkan oleh kecenderungan genetik. Kebotakan terjadi saat testosteron menyerang folikel rambut dan menyebabkan kerusakan pada folikel seiring berjalannya waktu. Rambut rontok biasanya menyebabkan surutnya garis rambut dan kebotakan di kepala bagian atas. Androgenetic alopecia (pola kebotakan wanita): rambut rontok yang kebanyakan muncul dengan adanya penipisan rambut di bagian depan, samping atau atas. Biasanya disebabkan oleh kecenderungan genetik, penuaan dan peningkatakan level hormon kelenjar endoktrin.

Perubahan hormone: kemungkinan terjadinya karena kelenjar tiroid yang berlebihan- atau kurang aktif

Pengobatan : obat-obatan tertentu bisa memicu rambut rontok sementara.

Perawatan medis : misalnya kemoterapi atau terapi radiasi. Rambut biasanya tumbuh lagi setelah perawatan berakhir.

Infeksi kulit kepala : infeksi jamur seperti kurap bisa menyebabkan rambut rontok.

Perawatan rambut : bahan kimia keras dapat merusak batang rambut.

Penyakit berkepanjangan : bisa menyebabkan rambut rontok.